5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 8 April 2020

Morning Briefing 8 April 2020
Foto: www.canva.com

Hello, kamu! Iya, kamu. Apa kabar kamu hari ini? Semoga sehat, baik fisik dan mental. Tetap positif dan berusahalah menikmati hari ini. Dan jika hari ini kamu kesulitan untuk produktif, don’t be too hard on yourself. Dan ini lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 8 April 2020.

Jakarta akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Jumat (10/4).

Setelah disetujui oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto demi mencegah penyebaran COVID-19, DKI Jakarta akan menerapkan PSBB mulai Jumat ini. Dalam periode ini, semua fasilitas umum tutup, baik fasilitas hiburan milik pemerintah maupun tempat hiburan milik swasta, termasuk taman, ruang RPTRA, gedung olahraga, museum. Di masa PSBB ini akan ada delapan sektor usaha yang akan tetap berkegiatan di ibukota, di antaranya sektor kesehatan, pangan, energi, komunikasi, keuangan dan perbankan. Meski mendapat pengecualian, delapan sektor ini harus tetap mengikuti aturan penanganan COVID-19 yang berlaku. Dengan penetapan ini, artinya semua kegiatan lain akan dianjurkan untuk dilakukan dari rumah, mulai dari belajar dan sekolah. Setiap warga Jakarta diharuskan melakukan physical distancing, menggunakan masker, dan melakukan cuci tangan yang rutin. Selama PSBB, ojek daring dilarang mengangkut penumpang dan hanya diperbolehkan mengantar barang. Saat ini, pemerintah daerah DKI Jakarta sedang merumuskan aturan teknis pembatasan sosial berskala besar agar memiliki kekuatan hukum. Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi pertama yang melakukan PSBB dan akan diterapkan selama 14 hari (meski bisa diperpanjang sesuai dengan situasi). Baca berita lengkapnya di Kompas.

Update COVID-19 dalam negeri: terdapat 2.738 kasus positif dan 221 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah kasus positif virus ini bertambah 247 orang pada Selasa (7/4/2020). Sementara jumlah pasien meninggal dunia pada hari ini bertambah 12 orang (total 221 orang) dan pasien sembuh bertambah 12 orang (204 orang). DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan kasus terbanyak yakni 1.369, diikuti Jawa Barat dengan 343 kasus. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Update COVID-19 global: terdapat 1.381.014 kasus di seluruh dunia, dengan 78.269 meninggal dan 292.973 sembuh.

Perdana Menteri Inggris masuk rumah sakit setelah minggu lalu diumumkan terinfeksi COVID-19, meski saat ini kondisinya sudah membaik. Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) khawatir dengan peningkatan jumlah kasus virus ini Afrika. Apalagi ditambah dengan fakta sistem kesehatan negara-negara tersebut sangat minim. Beberapa negara seperti Kenya, Uganda, Republik Kongo, sudah menerapkan karantina wilayah di seluruh penjuru negara. Sementara itu, hydroxychloroquine, obat antimalaria yang digadang-gadang oleh Donald Trump bisa menjadi penyembuh COVID-19, kemungkinan besar tidak efektif untuk mengobati kasus parah. Sementara sejumlah peneliti mengatakan bahwa melakukan transfer antibodi dari plasma orang yang telah pulih kepada pasien yang sekarat, bisa meningkatkan risiko kesembuhannya. Baca berita lengkapnya di Medical News Today.

WhatsApp memberlakukan pembatasan baru “forward” untuk memerangi berita palsu.

Dalam aturan baru ini, jika pengguna menerima sebuah pesan lanjutan—yang sudah dilanjutkan lebih dari lima kali, mereka hanya bisa mengirimkannya lagi satu kali dalam satu waktu. Jumlah ini merupakan seperlima dari pembatasan yang dilakukan pada 2019. Meski begitu, pembatasan ini tidak sepenuhnya mencegah pesan lanjutan menyebar, karena sebuah pesan bisa diteruskan sebanyak mungkin oleh penggunanya. Akan tetapi, WhatsApp berharap kebijakan baru ini akan memperlambat proses penyebaran berita palsu. Oleh karena sistem enkripsi yang digunakan oleh aplikasi ini, WhatsApp tidak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan melaluinya. Hal ini membuatnya tidak bisa menerapkan strategi moderasi seperti yang dilakukan Twitter dan Facebook yang bisa menurunkan konten yang berbahaya. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Hakim menolak permohonan bebas R. Kelly.

Dalam surat keputusannya, Hakim Ann M. Donnelly menuliskan bahwa penyanyi tersebut merupakan sebuah ancaman bagi masyarakat, terutama terhadap mereka yang akan bersaksi. Sebelumnya, penyanyi tersebut memohon untuk dikeluarkan sementara dari penjara atau dengan jaminan karena khawatir akan terinfeksi COVID-19. Penyanyi R&B berusia 53 tahun tersebut saat ini sedang mengendam di penjara federal di Chicago sejak Juli sembari menunggu pengadilan atas dakwaan pornografi anak-anak dan lainnya. Dia juga menghadapi dakwaan yang sama di New York. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Selesai membaca Morning Briefing 8 April 2020, pastikan kamu mengetahui cara rileks meski bekerja dari rumah dan periode home learning diperpanjang.

podcast button