5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 7 Oktober 2020

Morning Briefing 7 Oktober
Foto: www.unsplash.com

Hari Rabu, semoga harimu tidak kelabu. Tetap pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak saat berada di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 7 Oktober 2020.

Demo tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Menyusul pengesahan RUU Cipta Kerja pada Senin (5/9), buruh turun ke jalan dan melakukan mogok kerja nasional di sejumlah daerah. Aksi demo dan mogok ini akan dilakukan mulai tanggal 6 hingga 8 Oktober 2020. Setidaknya 32 federasi dan konfederasi serikat buruh akan bergabung dalam mogok nasional yang diikuti 2 juta buruh. Dalam demo ini, sejumlah serikat buruh mendesak Presiden Jokowi menerbitkan Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) sebagai pengganti omnibus law UU Cipta Kerja. (Detik)

BPOM setuju gunakan dua obat untuk kasus COVID-19 parah.

BPOM mengeluarkan otorisasi penggunaan gawat darurat untuk dua obat antiviral, yakni favipiravir dan remdesivir, untuk mengobati pasien COVID-19. Selain itu, badan ini juga mengijinkan sejumlah perusahan farmasi untuk memproduksi dua obat tersebut, di antaranya PT Kimia Farma diperbolehkan untuk memproduksi favipiravir generik. Sebelumnya, pemerintah mengijinkan kontraktor untuk mengimpor beberapa obat untuk menangani virus ini, seperti remdesivir, favipiravir, oseltamivir dan lopinavir-ritonavir. Menurut data, pemerintah mengharapkan 670.000 botol remdesivir hingga akhir 2020 dari negara asing. Disebutkan juga bahwa obat-obatan ini akan mulai diproduksi di dalam negeri mulai November 2020. (The Jakarta Post)

Update COVID-19: Singapura berikan bonus untuk warga yang ingin punya anak, dan vaksin di akhir tahun.

Pemerintah Singapura akan memberikan bonus uang tunai kepada warga yang ingin punya anak di tengah pandemi global. Hal ini dilakukan untuk mendorong angka kelahiran di negara dengan angka kelahiran terendah di dunia ini, dan semakin banyak yang menunda memiliki anak karena ekonomi yang melemah. Sementara itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan “ada harapan” bahwa vaksin akan tersedia pada akhir tahun ini. Dalam Covax, program vaksin yang dipimpin WHO, terdapat sembilan vaksin yang sedang dikembangkan. Covax berharap bisa mendistribusikan 2 miliar dosis vaksin hingga akhir 2021.

Dan International Monetary Fund (IMF) akan merevisi estimasi ekonomi global, karena dampak ekonomi akibat COVID-19 telah terbukti “kurang mengerikan” dibandingkan yang sebelumnya ditakutkan. Meski begitu, bukan berarti dunia akan bisa memulihkan diri dengan cepat dari kerusakan akibat COVID-19, dengan negara-negara miskin paling merasakan dampaknya. Sementara itu, laga French Open masih berlangsung di tengah restriksi yang berlaku di Paris. Semua bar di Paris dan sekitarnya ditutup selama dua minggu, sementara restoran tetap buka dengan protokol kesehatan yang ketat. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 adalah 35.567.574, dengan 1.045.563 kematian, dan 24.800.401 kesembuhan. (Washington Post)

Penemuan Black Hole menjadi pemenang Nobel Prize Fisika.

Ilmuwan Roger Penrose (Inggris), Reinhard Genzel (Jerman), dan Andrea Ghez (Amerika Serikat) memenangkan Nobel Prize Fisika atas penemuan black hole. Penrose, profesor di Universitas Oxford, memenangkan setengah dari hadiah sebesar $1.1 juta, berkat usahanya membuktikan bahwa black holes adalah konsekuensi langsung dari teori relativitas milik Albert Enstein. Genzel dan Ghez akan berbagi setengah hadiah sisanya. Ghez, ahli astronomi, merupakan perempuan keempat yang pernah dianugerahi Nobel Fisika setelah Marie Curie (1903), Maria Goeppert-Mayer (1963), dan Donna Strickland (2018). (Reuters)

iPhone terbaru dirilis minggu depan.

Apple mengirim undangan resmi ke acaranya yang diperkirakan akan menjadi perhelatan peluncuran iPhone terbaru pada 13 Oktober 2020 . Acara ini akan diadakan secara virtual, dan bisa ditonton oleh publik. Belum ada nama resmi produk terbaru ini, tapi diperkirakan akan disebut iPhone 12. Sebelumnya, bulan lalu, Apple meluncurkan dua jam tangan, yakni Apple Watch Series 6 dan Watch SE, dan sejumlah iPad. Rumor mengatakan bahwa iPhone terbaru ini akan dilengkapi dengan 3D sensing di bagian belakang dan layar ukuran terbaru, serta teknologi 5G. (Cnet)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 7 Oktober 2020, jangan lupa membaca apa yang sebaiknya yang bisa kamu lakukan saat teman curhat masalah cinta dan pernikahan.

podcast button