5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 7 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Hai, kamu! Apa kabar? Semoga akhir pekanmu menyenangkan, ya? Sebelum memulai hari Senin ini dan mengecek email kantor, mari mengetahui kabar dunia.

Dari Hong Kong, aksi gerakan anti pemerintah berakhir rusuh.

Ribuan pemrotes turun ke jalan, memprotes aksi pelarangan penggunaan masker saat demo. Pelarangan yang kontroversial ini dikuatkan oleh Mahkamah Agung pada hari Minggu. Aksi protes berakhir dengan aksi perusakan terhadap kantor-kantor pemerintah, sebuah stasiun metro dan kantor-kantor bisnis yang memiliki hubungan dengan Tiongkok Daratan. Polisi menggunakan water cannon, gas air mata dan tongkat polisi dan dilaporkan melepaskan masker para demonstran yang ditangkap. Sejumlah orang dilaporkan terluka. Baca berita lengkapnya di sini.

Apa yang bisa terjual ludes dalam waktu 34 menit? Tiket Glastonbury Festival.

Dikabarkan semua tiket yang berjumlah 135.000 tiket untuk perhelatan 2020 habis terjual dalam waktu 34 menit. Akibatnya? Bisa dipastikan banyak yang merana dan berduka karena tidak berhasil mendapatkan tiket. Akan tetapi, pihak penyelenggara memberitahukan bahwa akan ticket resale bulan April mendatang. Festival yang akan diadakan di Worthy Farm, Somerset, Inggris ini, akan merayakan ulang tahun yang ke-50 dan para penggemarnya berspekulasi bahwa kemungkinan besar, Madonna, Taylor Swift dan Sir Paul McCartney akan menjadi headliners. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari Kalimantan Barat, dikabarkan tiga kapal asing ditenggelamkan.

Prosesi penenggelaman kapal dipimpin oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, di perairan Tanjung Datuk, Pontianak, Kalimantan Barat kemarin. Selain mencuri ikan, kapal-kapal asing ini ditengarai juga menyelundupkan obat-obatan terlarang, mencuri satwa langka dan dilindungi, serta menggunakan BBM bersubsidi dari pemerintah. Susi menjelaskan ada 21 kapal yang ditenggelamkan hari itu yang merupakan hasil tangkapan dari tahun 2016 sampai 2019. Penenggelaman kapal sudah melalui proses hukum, dilakukan dengan cara melubangi kapal dan diberi pemberat—bukan diledakkan, demi menjaga ekosistem laut. Baca berita lengkapnya di sini.

Masih berhubungan dengan laut dan ikan, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kerang hijau terutama dari Teluk Jakarta.

Hal ini sampaikan oleh Manager Konservasi Taman Impian Jaya Ancol, Yus Anggoro Saputra, kemarin. Menurut penelitian IPB, Teluk Jakarta telah tercemar 21 ton sampah yang mengalir dari 13 sungai setiap harinya sehingga airnya sangat kotor dan mengandung logam berat. Alhasil, tidak layak dikonsumi. Jika ingin mengonsumsi makanan laut, Yus menyarankan untuk produk yang tidak berasal dari Jakarta. Akan tetapi, meski berbahaya untuk dikonsumsi, kerang hijau harus tetap dibudidayakan karena sifatnya yang bisa menyerap limbah. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari dunia film, Helena Bonham Carter mengaku “mengobrol” dengan arwah Putri Margaret untuk mendapatkan restu.

Dalam sebuah wawancara, pemeran Bellatrix Lestrange dalam film Harry Potter ini membocorkan bahwa untuk mendalami perannya di serial The Crown itu, Helena menggunakan jasa cenayang untuk menghubungkannya dengan anggota keluarga tersebut. Dalam “obrolan” dua dunia tersebut, Helena mengatakan bahwa Margaret senang bahwa dialah yang memerankan dirinya. Tidak hanya itu, arwah Margaret juga memberikan saran akting: Helena harus tampak lebih rapi, dan perbaiki aktingnya saat merokok! Well, baca informasi lengkapnya di sini.

podcast button