5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 7 Mei 2021

Morning Briefing 7 Mei 2021
Foto: www.rawpixel.com
Terakhir diperbarui:

T.G.I.F! Tetap patuhi protokol kesehatan di manapun kamu berada hari ini dan besok. Sebelum memulai aktivitas hari ini, mari membaca lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 7 Mei 2021.

Pertambahan kasus COVID-19 di Indonesia masih signifikan.

Angka kasus positif, sembuh, serta meninggal dunia yang diakibatkan coronavirus masih bertambah secara signifikan. Menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19, ada penambahan 5.647 kasus positif hari Kamis (6/5). Dengan begitu, terdapat total 1.697.305 orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus ini.

Sementara itu, sebanyak 5.440 orang sembuh kemarin. Secara total, sebanyak 1.552.532 orang sudah berhasil sembuh di Indonesia. Sementara terdapat penambahan kasus meninggal dunia, sebanyak 147 orang. Jadi, totalnya ada 46.596 pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19 di Indonesia. (Liputan6)

Menag terbitkan 7 aturan salat Idulfitri.

Di antaranya peniadaan takbir keliling dan salat di rumah saja bagi warga yang berada di daerah zona merah dan oranye. Aturan lainnya, seluruh jemaah agar tetap memakai masker selama pelaksanaan salat Idulfitri dan selama menyimak khutbah Idul Fitri di masjid dan lapangan. Aturan ini diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman dan membantu negara dalam pencegahan penyebaran COVID-19. (Tempo)

Update COVID-19 global: vaksin dan penambahan kasus.

India melaporkan jumlah kasus harian tambahan tertinggi dengan 412.262 kasus dan mencatat 3.980 kematian. Sementara itu, gubernur Tokyo dan Osaka meminta untuk status tanggap darurat diperpanjang, yang keputusannya akan diumumkan oleh Perdana Menteri Yoshihide Suga hari ini.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 21 Mei 2021

Sementara itu, Centres for Disease Control and Prevention Afrika melaporkan varian India telah terdeteksi di tiga negara Afrika, yakni Kenya, Uganda dan Moroko.

Di sisi lain, Pfizer Inc. dan BioNTech SE akan memproduksi sebanyak 3 miliar dosis vaksin tahun ini, dua kali lipat dari jumlah yang diprediksi. Dan atlet dan delegasi Olimpiade Tokyo akan bisa menerima vaksin yang didonasikan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech SE.

Sementara itu, dukungan Amerika Serikat untuk mengabaikan proteksi paten vaksin COVID-19 dan mengajukannya ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), mengejutkan dunia. Uni Eropa dan China pun memperlihatkan kesediaan untuk bernegosiasi.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 155.338.408, dengan 3.245.153 kematian, dan 91.761.644 sembuh. (Bloomberg)

Joshua Wong dan aktivis Hong Kong lain dipenjara.

Pengadilan Hong Kong menghukum Joshua Wong dan tiga aktivis lain antara empat hingga 10 bulan penjara karena berpartisipasi dalam demonstrasi tanpa ijin tahun lalu untuk memeringati peristiwa Tiananmen Square 1989. Ini pertama kalinya aktivis penting dipenjara karena mengikuti unjuk rasa damai, yang diadakan tiap tahun di Victoria Park sejak 1990. Wong dan tiga aktivis lain mengaku bersalah. (CNN)

Amsterdam rencanakan "pusat erotis".

Pemerintah kota Amsterdam sedang mempersiapkan sebuah "pusat erotis" dengan dua bar, 100 kamar berukuran kecil dan tempat "hiburan erotis" seperti strip club seiring usahanya memperkecil distrik red-light.

Walikota Amsterdam, Femke Halsema, mengatakan bahwa dia sedang berusaha meningkatkan kondisi pekerja seks dan membersihkan area bersejarah termasuk De Wallen, lokasi banyak rumah bordil. Menurut rencana, nantinya gedung pusat erotis ini hanya akan memiliki satu pintu masuk dan keluar. Rencana ini mendapatkan tentangan dari sejumlah pekerja seks di Amsterdam. (The Guardian)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 17 Mei 2021

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 7 Mei 2021, jangan lupa membaca tentang bagaimana menghadapi kegagalan pernikahan dari psikolog.