5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 7 Mei 2020

Morning Briefing 7 Mei 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Seandainya membutuhkan sesuatu untuk membangunkan otak di pagi hari: Elon Musk dan pasangannya, penyanyi Grimes, memberikan nama bayi laki-lakinya: X Æ A-12 Musk. Begini penjelasan Grimes: X adalah “unknown variable“. Lalu, Æ = AI atau cinta dalam beberapa bahasa. A-12 = pendahulu SR-17 (pesawat favorit mereka). Membantu? Orang kaya memang memiliki level “kebebasan” tersendiri. Dan bisa dipastikan, warga Twitter berpesta pora saat mengomentari nama bayi tersebut. Hah! Anyway, selamat menikmati hari ini (tanggal merah, lho) dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 7 Mei 2020.

Mudik tetap dilarang.

Per hari ini (7/5), dilakukan pelonggaran moda transportasi baik darat, laut, maupun udara, meski begitu larangan mudik tetap berlaku. Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa pelonggaran ini sifatnya terbatas, yakni hanya berlaku untuk pekerja di sektor pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum. Juga bidang pelayanan kesehatan, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar, dan pelayanan fungsi ekonomi penting. Pelonggaran juga berlaku untuk pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia. Para penumpang yang melakukan perjalanan wajib menunjukkan KTP, surat tugas, hasil tes negatif COVID-19, dan surat lainnya yang menjelaskan alasan keberangkatannya. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

BPS batalkan sensus penduduk tatap muka.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan survei sensus penduduk secara tatap muka terpaksa dibatalkan karena pandemik COVID-19. Awalnya, survei tatap muka ini dilakukan pada Mei 2020 dan sempat diputuskan untuk diundur hingga September 2020. Namun, kedua rencana ini dibatalkan tahun ini karena BPS sedang melakukan efisiensi anggaran sebesar 41 persen. Oleh sebab itu, Suhariyanto mengatakan BPS akan melibatkan ketua RT di seluruh Indonesia yang berjumlah 1,2 juta untuk mendistribusikan kuisoner sensus penduduk ke masing-masing rumah tangga. Suhariyanto menegaskan tetap berkomitmen untuk menerbitkan data strategis dalam rangka melihat besaran dampak COVID-19 terhadap ekonomi dan sosial. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Korea Utara sedang membangun tempat penyimpanan raksasa nuklir.

Menurut analisis dari foto-foto satelit baru, Korea Utara sedang membangun tempat penyimpanan dan area perakitan misil nuklir. Markas baru yang berlokasi dekat dengan bandara udara utama Pyongyang ini bisa menyimpan Hwasong-15 intercontinental ballistic missile (ICBM), yang memiliki kekuatan untuk menyerang kota-kota di Amerika Utara. Menurut analisa terbaru ini, tempat penyimpanan ini kemungkinan akan selesai akhir tahun ini atau awal tahun depan. Hidung tumpul Hwasong-15 diujicobakan pada November 2017 dan menandai puncak status Korea Utara sebagai negara nuklir. Baca berita lengkapnya di The Times.

Update COVID-19 global: siswa kembali ke sekolah di Wuhan dan pasien di Filipina dites dengan menggunakan obat anti-flu Avigan.

Lebih dari 120 sekolah dibuka dan 60.000 ribu siswa kembali di sekolah di Wuhan, setelah ditutup lebih dari dari tiga bulan. Sementara 100 pasien di Filipina akan diberikan obat anti flu Jepang, Avigan, sebagai bagian dari uji coba klinis pengobatan penyakit menular. Departemen Kesehatan setempat sedang mempersiapkan protokol dalam pemilihan pasien. Dan Inggris memiliki angka kematian tertinggi di Eropa bahkan melampaui Rusia, yang memiliki kasus lebih dari 10.000 dalam waktu 24 jam. Sementara itu, WHO mengingatkan bahwa satu miliar orang dengan disabilitas di dunia adalah korban terparah COVID-19 dan harus mendapat akses yang sama terhadap cara pencegahan dan pengobatannya. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, total jumlah pasien COVID-19 global pada Kamis (7/5) dini hari adalah 3.711.425, dengan 259.695 meninggal dan 1.225.364 sembuh. Baca berita lengkapnya di Aljazeera.

Tom Cruise dan Nasa berencana syuting film di luar angkasa.

Berita tersebut disampaikan oleh Nasa melalui Twitter. Belum ada detail lebih jelas tentang rencana ini, tapi dikabarkan Cruise sedang bekerja sama dengan Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX, untuk menghasilkan film pertama yang melakukan syuting di luar angkasa. Musk sendiri belum mengonfirmasi kebenaran berita ini, tapi menjawab cuitan tersebut dengan, “Should be a lot of fun!” Sebagai informasi, Tom Cruise (57 tahun) memang dikenal sebagai aktor yang berani melakukan adegan berbahaya sendiri. Proses pembuatan film Mission: Impossible 7 ditunda di Februari karena pandemik coronavirus menyerang Italia. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Selanjutnya: usai membaca Morning Briefing 7 Mei 2020, pastikan kamu mengetahui cara menjaga kulit sehat selama berpuasa.