5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Hari Ini - 7 Juni 2021

Morning Briefing 7 Juni 2021
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Hola! Selamat hari Senin, dan meski ini menjadi salah satu hari yang penuh tantangan bagi banyak orang (setelah rebahan di weekend), semoga harimu menyenangkan. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 7 Juni 2021.

Pemerintah Indonesia targetkan angka stunting menurun 2024.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menargetkan angka stunting Indonesia hanya mencapai 14 persen pda 2024.. Muhadjir mengatakan angka stunting di Indonesia masih meningkat yakni sebanyak 27,79 persen pada 2019. Peningkatan tersebut karena pandemi, namun diakui untuk 2020 dirinya belum mendapatkan angka stunting. (Liputan6)

Kasus positif bertambah 5.832 dan kematian naik 163 kasus.

Per 6 Juni 2021, kasus positif COVID-19 bertambah 5.832. Dengan demikian, total kasus positif virus corona di Indonesia menjadi 1.856.038. Pada periode yang sama, pasien yang meninggal dunia usai terinfeksi COVID-19 bertambah 163 dari hari sebelumnya. Jumlah spesimen yang diperiksa ada sebanyak 64.223. Sementara itu, kasus positif virus meningkat di sejumlah daerah, di antaranya Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. (CNN Indonesia)

Tentara junta Myanmar dilaporkan membunuh 20 warga sipil di bentrokan baru.

Khit Thit Media dan Delta News Agency melaporkan bahwa 20 warga sipil dan lebih banyak orang terluka pada Sabtu di bentrokan yang terjadi di wilayah Ayeyarwady. Bentrokan ini terjadi karena warga setempat melakukan perlawanan balik ketika tentara menyerang warga dalam aksi yang mereka sebut razia senjata.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 8 Januari 2021

Jika data ini benar, maka jumlah korban yang tewas merupakan yang terburuk dalam hampir dua bulan di negara yang mengalami krisis sejak kudeta 1 Februari lalu. (The Guardian)

Update COVID-19 global: Vaksin, dan penambahan kasus.

Bangladesh telah menyetujui penggunaan darurat vaksin Sinovac, yang berarti menjadi vaksin kelima yang mendapatkan izin oleh negara tersebut. Sementara itu, menteri kesehatan Malaysia akan mengundang 3.000 orang untuk berpartisipasi dalam uji klinis vaksin yang dibuat oleh Shenzhen Kangtai Biological Products Co.

Senegal bisa mulai memproduksi vaksin COVID-19 tahun depan di bawah perjanjian dengan perusahan biotek asal Belgia, Univercells. Di sisi lain, Afrika Selatan mungkin harus membayar hingga $51 juta untuk mendapatkan akses atas 5 juta dosis vaksin Sputnik V dari Rusia.

Inggris melaporkan kemungkinan akan mulai memvaksisinasi anak-anak di bulan Agustus, dan di sisi lain negara ini belum yakin apakah akan melonggarkan restriksi pada 21 Juni. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 173.055.974, dengan 3.723.233 meninggal, dan sebanyak 2.106.357.247 dosis vaksin sudah diberikan. (Bloomberg)

Tinder tambahkan fitur Blokir Kontak.

Sekarang, para pengguna bisa mengunggah nomor kontak telepon mereka hanya untuk sejumlah orang tertentu. Tinder sudah menguji coba fiur Blokir Kontak ini di India, Korea dan Jepang, dan melaporkan bahwa pengguna memakainya untuk memblokir rata-rata satu lusin orang. (TechCrunch)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 7 Juni 2021, jangan lupa mengecek tentang manfaat push up menurut seorang ahli olahraga.