5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 7 April 2021

Morning Briefing 7 April 2021
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Hola! Selamat menjalani hari ini. Berikut lima berita terbaru dalam Morning Briefing 7 April 2021.

Banjir NTT: 117 orang meninggal dunia.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo melaporkan perkembangan jumlah korban banjir di Nusa Tenggara Timur hingga Selasa, 6 April 2021 pukul 21.00 WITA adalah 117 orang. Jika ditambah dengan korban jiwa di Nusa Tenggara Barat (NTB), maka angkanya mencapai 119 orang. Korban terbanyak berasal dari Flores Timur dengan 60 orang meninggal, hilang ada 12 orang. Sementara jumlah orang yang meninggal sebanyak 76 orang. (Liputan6)

Target vaksinasi lansia molor hingga akhir Juni 2021.

Kementerian Kesehatan menargetkan memvaksinasi 90 persen penduduk di atas 60 tahun paling cepat akhir Juni 2021. Target itu molor dari target capaian awal yakni Mei 2021. Target anyar itu telah disesuaikan dengan mempertimbangkan jalannya laju vaksinasi pada lansia saat ini, yang dinilai berjalan cukup lamban. Kemenkes mengaku akan menggenjot vaksinasi lansia dengan membuka beberapa sentra vaksinasi atau vaksinasi massal yang dibantu beberapa pihak dari swasta. (CNN Indonesia)

Yordania melarang pemberitaan keluarga kerajaan di media.

Yordania melarang semua outlets berita dan pengguna media sosial untuk memberitakan kabar yang berhubungan dengan saudara tiri Raja Abdullah, Pangeran Hamza, setelah dituduh berkomplot untuk menumbangkan negara. Sementara pada Senin selalu, Pangeran Hamza mengukuhkan kesetiaannya terhadap almarhum Raja Abdullah setelah mediasi dengan keluarga kerajaan. Dalam sebuah rekaman suara yang dirilis oleh pihak oposisi Yordania pada Senin, Pangeran Hamza mengatakan tidak akan patuh setelah dilarang beraktivitas dan diminta bungkam. (Reuters)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 29 Maret 2021

Update COVID-19 global: Vaksin, dan penambahan kasus.

European Medicines Agency masih mempelajari laporan vaksinasi suntikan AstraZeneca dan kemungkinan pembekuan darah dan kemungkinan akan selesai pada Kamis. Sementara itu, Malaysia akan terus menggunakan vaksin AstraZeneca. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan vaksin ini lebih banyak manfaatnya dibandingkan efek negatifnya.

Vaksin Sinovac dan Sinopharm akan menerima emergency-use dari World Health Organization pada akhir April. WHO dalam fase lanjut proses ini dan telah meminta data tambahan. Menurut sebuah studi, mayoritas balita yang terinfeksi virus ini tidak memperlihatkan gejala, tapi membawa virus yang tinggi dan durasinya lebih panjang. New Zealand setuju membuka koridor perjalanan bebas karantina dengan Australia pada 19 April.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total COVID-19 global adalah 131.967.439, dengan 2.863.193 kematian, dan 74.943.066 sembuh. (Bloomberg)

Yahoo Answers akan berhenti beroperasi selamanya.

Yahoo Answers, platform Q&A tertua dalam sejarah internet, akan tutup pada 4 Mei. Pada hari itu, situs Yahoo Answers akan mulai mengarahkan ke laman utama Yahoo. Semua arsip di Yahoo Answers akan hilang. Mulai 20 April, platform itu tidak akan menerima kiriman, dan penggunanya hanya bisa meminta data mereka hampir 30 Juni. Sebagai informasi, platform ini telah beroperasi sejak 2005 dan pengaruhnya mulai berkurang sejak naiknya Reddit dan Quora. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 7 April 2021, jangan lupa mengecek cara mencerahkan wajah menurut dermatolog.