5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari ini – 6 November 2019

Foto: www.canva.com

Apakah di tempat sudah mulai hujan tiap hari? Jangan lupa untuk memakai pakaian yang membuatmu tetap hangat (seperti sweter) ini dan makan yang sehat! Sebelum berjibaku dengan kesibukan hari ini, ketahui lima informasi ini.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia jauh melebihi target.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal ketiga tahun ini hanya 5,02%. Jauh di bawah target pemerintah pada awal periode, yakni sebesar 7%. Seorang pengamat ekonom menyatakan bahwa pemerintah baru harus bekerja lebih keras dengan meningkatkan pertumbuhan. Caranya dengan mendorong kemajuan UMKM dan pertumbuhan daerah. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, jalur pendakian Gunung Rinjani akan dibuka lagi.

Setelah ditutup hampir selama sebulan (sejak 19 Oktober) akibat kebakaran hutan, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) menyatakan akan kembali membukanya untuk umum. Keputusan membuka kembali ini dilakukan setelah berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk BMKG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB, perwakilan trekking organizer dan pemandu wisata gunung. Empat jalur pendakian resmi yang dinyatakan aman dan kembali dibuka adalah pintu pendakian Senaru di Kabupaten Lombok Utara, Aik Berik di Kabupaten Lombok Tengah, Sembalun dan Timbanuh di Kabupaten Lombok Timur. Baca berita lengkapnya di sini.

Iran mengumumkan akan membuka kembali fasilitas nuklirnya.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani yang mengatakan bahwa negaranya akan kembali menyuntikkan gas ke 1.440 sentrifugal di Fordow. Ini adalah sebuah pusat nuklir yang menyatu dengan sebuah gunung dan telah lama menjadi bahan kekhawatiran negara-negara Barat dan Israel karena berpotensi menjadi pusat pengembangan bom. Pernyataan ini semakin memperlihatkan niat Iran untuk melanggar persetujuan nuklir di tahun 2015 dan merupakan sebuah aksi protes terhadap sanksi ekonomi yang dijatuhkan Amerika. Baca berita lengkapnya ini.

Sampaikan kepada bosmu: Microsoft sukses mengujicobakan kerja empat hari!

Microsoft di Jepang menyimpulkan bahwa mengurangi hari kerja menjadi empat hari dalam seminggu menyebabkan peningkatan produktivitas dan mengurangi biaya. Duh! Kesimpulan ini didapat setelah melakukan uji coba selama bulan Agustus. Dan hasilnya, penjualan setiap karyawan meningkat hingga 40% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hasil ini menarik mengingat budaya jam kerja panjang di Jepang. Microsoft bukan satu-satunya perusahaan yang mengeksplor metode ini. Satu perusahaan di New Zealand dan London sudah melakukannya—kapan giliran tempat kerjamu? Baca berita lengkapnya di sini.

Ada sebutan baru nih, buat para singel: self-partnered.

Sebutan ini diberikan oleh Emma Watson dalam sebuah wawancaranya dengan Vogue Inggris untuk majalah edisi Desember. Aktor dan aktivis hampir berusia 30 tahun itu mengatakan bahwa dirinya sangat bahagia dengan status jomblonya, dan menyebutnya dengan “self-partnered.” Emma baru saja menyelesaikan syuting film adaptasi Little Women bersama Laura Dern dan Meryl Streep yang akan dirilis akhir Desember ini. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button