5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 6 Mei 2020

Morning Briefing 6 Mei 2020
Foto: www.canva.com

Hei! Untuk para orangtua yang butuh tertawa di tengah kegilaan bekerja, virtual home learning, dan memastikan anak mencuci tangan sebelum menggunakan toilet, coba tonton video dari pelawak Josh Blue dari Life of Dad ini. Cerita lucunya mewakili kehebohan dan kegilaan yang sama yang terjadi di rumahmu selama beberapa minggu belakangan. Jadi, silakan duduk dan tertawa puasnya. Selebihnya, nikmati hari ini dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 6 Mei 2020.

Pemerintah menjamin stok beras aman sampai akhir tahun.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa stok 11 komoditas aman hingga akhir tahun, termasuk beras. Hartanto menyebutkan bahwa stok beras akan meningkat karena pada Mei dan Juni akan ada panen beras dan sebanyak 3,6 juta ton beras akan diproduksi. Diperkirakan bahwa sampai akhir tahun 2020 stok mencapai 4,7 juta ton. Jumlah ini belum ditambah dengan hasil panen di Agustus 2020 yang diperkirakan akan menghasilkan 3 juta ton beras. Terkait harga per komoditas, beras medium mencapai Rp11.750, beras premium Rp12.700, dan gula pasir Rp18.050/kg. Baca berita lengkapnya di Medcom.

THR PNS akan dicairkan paling lambat lima hari sebelum Lebaran.

Pemerintah menyatakan bahwa tunjangan hari raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS akan dibayarkan pada periode waktu antara 5-10 hari sebelum Lebaran. Saat ini, pemerintah sedang mengkaji ulang terkait pembayaran gaji ke-13 dan THR untuk PNS. Pertimbangan itu dilakukan karena beban keuangan negara saat ini sangat besar akibat pandemik COVID-19. Proses pencairan THR bagi PNS akan diserahkan kepada masing-masing instansi pemerintah sesuai dengan arahan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Selain itu, pemerintah saat ini juga sedang membuat Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Tahun 2020 dan direncanakan akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo minggu depan. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Update COVID-19 global: kasus pertama coronavirus di Prancis terjadi sebulan sebelum Natal.

Seorang dokter Prancis mengemukakan bahwa dia merawat seorang pasien dengan gejala COVID-19 persis sebelum Natal. Jika hal ini benar, itu artinya coronavirus tiba di Eropa sebulan lebih awal dari data sekarang. Dan di Inggris, aplikasi contact-tracing pertama mulai diujicobakan kemarin di Isle of Wight; jika sukses akan tersedia di seluruh negara dalam beberapa minggu ke depan. Sementara itu, Austria melaporkan pelonggaran karantina tidak menyebabkan jumlah kasus meningkat. Austria membuka kembali toko pada 14 April lalu. Sementara India melaporkan kasus baru harian terbanyak, yakni 3.900 orang setelah melakukan 80.000 tes pada hari Senin (4/5). Di Amerika Serikat tercatat 1.015 kematian akibat virus ini dalam 24 jam, yang merupakan hitungan terendah dalam satu bulan terakhir. Sementara itu, uji coba vaksin BCG (vaksin tuberkulosis) dilakukan di Afrika untuk mengetahui apakah vaksin ini efektif melawan coronavirus. Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, total kasus COVID-19 global per Selasa (5/5) malam adalah 3.607.469, dengan 252.301 meninggal dan 1.175.722 sembuh. Baca berita lengkapnya di BBC.

Wakil presiden Amazon mengundurkan diri karena kecewa.

Tim Bray, wakil presiden e-commerce terbesar dunia Amazon, mengumumkan pengunduran dirinya kemarin karena kecewa dan sedih atas tindakan perusahaan tersebut memecat karyawan yang mengkritisi kondisi kerja di sana selama masa pandemik. Jumat lalu, karyawan Amazon berpartisipasi dalam “nationwide sick-out” sebagai aksi protes. Para karyawan mengklaim perusahaan tersebut gagal menyediakan masker wajah yang cukup, tidak mengecek temperatur pegawai dan menolak memberikan cuti sakit dibayar. Di dalam sebuah unggahan blog, Bray menyebut pemecatan tersebut sebagai “chickenshit” dan “didesain untuk menciptakan rasa takut”. Bray menjadi pegawai dengan jabatan tertinggi di Amazon yang mengkritisi perlakuan pekerja di perusahan tersebut. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Kabar baik untuk penggemar Harry Potter: book on video-nya tersedia gratis.

Sejumlah selebriti, termasuk Daniel Radcliffe, Stephen Fry, dan Eddie Redmayne, bergiliran membacakan 17 bab dari buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone. Video pembacaan setiap bab akan dirilis setiap minggu dengan bab pertama dibacakan oleh Radcliffe. Pencinta Harry Potter bisa menikmati videonya secara gratis di harrypotterathome.com, dan audionya bisa diakses di Spotify. Tidak hanya ketiga nama besar itu, selebriti lain juga akan menjadi narator, termasuk Dakota Fanning, Claudia Kim, David Beckham, dan Noma Dumezweni. Nama-nama lain akan diumumkan dan pembacaan ini akan berlangsung sampai pertengahan musim panas. Pembacaan buku ini merupakan salah satu proyek J.K. Rowling untuk membuat orang-orang bisa mengakses karyanya dengan lebih mudah selama masa pandemik. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: sesudah membaca Morning Briefing 6 Mei 2020, cari tahu di sini mengapa kamu bisa memiliki mimpi seksual yang aneh.