5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 6 Maret 2020

Morning Briefing 6 Maret 2020
Foto: www.canva.com

Hei, TGIF! Tetap jaga kesehatan ya, teman! Selamat menikmati hari ini dan semoga akhir pekan kamu menyenangkan. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 6 Maret 2020.

Kondisi pasien dengan COVID-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan bervariasi.

Menurut pihak rumah sakit, ada pasien yang mengalami gejala tidak terlalu berat dan berat, tetapi semua masih dalam kondisi yang bisa diatasi. Sepuluh pasien ini ditempatkan di ruang isolasi ketat dan dirawat dengan standar pengawasan. Saat ini, RSUP Persahabatan sedang merawat 10 orang pasien berstatus terinfeksi coronavirus yang memiliki riwayat perjalanan ke negara yang mengalami epidemik ini. Sampai hari ini, dipastikan hanya dua warga Indonesia yang positif terjangkit virus dan keduanya diisolasi di RSPI Sulianti Saroso Jakarta. Baca berita lengkapnya Medcom.

Menteri BUMN pastikan stok beras dan alat kesehatan aman.

Pernyataan ini disampaikan oleh Erick Thohir setelah meninjau stok beras di Komplek Pergudangan BULOG Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (04/3). Kepastian ini dikeluarkan menyusul masuknya coronavirus ke Indonesia yang membuat warga panik sehingga memborong kebutuhan pangan. Namun, Erick menegaskan bahwa BULOG mampu menyediakan bahan makanan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Menurut catatan pemerintah, stok beras BULOG mencapai 1,6 juta ton yang tersimpan di 1.647 unit gudang. Dan mengingat akan memasuki musim panen raya, ketersediaan stok beras akan terus bertambah. Baca berita lengkapnya Liputan6.

Bosnia dan Herzegovina, Slovenia dan Afrika Selatan mengonfirmasi kasus coronavirus pertama.

Menteri Kesehatan Zweli Mkhize mengatakan bahwa Afrika Selatan akan bekerja sama dengan WHO dan institusi lainnya untuk membantu mendiagnosa COVID-19, di seluruh Afrika. Sementara itu, jumlah pasien meninggal di Lombardy, Italia akibat virus ini mencapai 98 orang. Di Amerika Serikat, Kongres memutuskan untuk menyediakan dana darurat sebesar $8.3bn untuk memerangi virus ini. Langkah tersebut diambil setelah 11 orang meninggal di negara tersebut. Di sisi lain, Korea Utara mengatakan masih belum ada kasus coronavirus di negaranya. Secara global, lebih dari 95.000 orang telah didiagnosa dengan COVID-19, sebagian besar terjadi China. Baca berita lengkapnya di Aljazeera.

Turki mengerahkan ribuan polisi ke perbatasan Yunani.

Pasalnya, ketegangan semakin meningkat ke level serius setelah ratusan orang terluka ketika penjaga Yunani berusaha menghentikan migran memasuki negara tersebut. Ankara menuduh pemerintah Yunani menggunakan tindakan agresif untuk menghalau migran dan pencari suaka saat menyeberangi perbatasan. Ketegangan dan bentrokan ini terjadi menyusul Yunani mendadak membatalkan pakta kerjasama pencari suaka yang berlaku dari 2016. Sementara itu, Presiden Recep Tayyip Erdoğan sedang mempersiapkan pertemuan dengan Vladimir Putin di Moscow untuk membicarakan rencana genjatan senjata di Siria guna menghindari krisis di Idlib, daerah kantong terakhir yang dikuasai pemberontak. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Mesir membuka kembali piramida tertua setelah direstorasi selama 14 tahun.

Djoser’s Step Pyramid, piramida pertama dunia, dibuka kembali untuk publik setelah mengalami restorasi selama 14 tahun dan menelan dana sekitar $6,6 juta. Salah situs peninggalan dunia UNESCO yang terletak di Saqqara, arah Barat dari Kairo, ini didirikan 4700 tahun lalu di era Firaun Djoser, salah satu raja dari Dinasti Mesir Kuno Ketiga. Imhotep adalah desainer struktur piramida setinggi 60 meter ini. Setelah dibiarkan terbengkalai dan nyaris ambruk, akhirnya piramida tersebut dipugar pada 2006. Meski sempat terhenti pada 2011 karena peristiwa penggulingan Presiden Hosni Mubarak, proyek ini dilanjutkan pada akhir 2013. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Selanjutnya: selesai menyantap sarapan dan Morning Briefing 6 Maret 2020, pastikan kamu mengonsumsi secara teratur makanan ini yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.