5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 6 Juli 2020

Morning Briefing 6 Juli 2020
Foto: www.unsplash.com

Hi! Apa kabar kamu hari ini? Pandemik COVID-19 makin serius, jadi tetap pakai masker jika keluar rumah dan berada di tempat publik. Jangan lupa jaga jarak dan jaga kesehatan. Oh, jangan lupa cuci tangan secara teratur, ya! Selamat menikmati hari ini dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 6 Juli 2020.

Jutaan data Tokopedia bisa diunduh dengan bebas.

Sabtu minggu lalu (4/7), Lembaga riset siber CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) menemukan link atau tautan yang berisi 91 juta data pengguna Tokopedia. Data ini tersebar di salah satu grup di Facebook dan bisa diunduh dengan bebas. CISSReC mengatakan tautan tersebut berasal dari salah satu akun bernama @Cellibis di forum Raidsforum. Akun ini membagikan hampir secara cuma-cuma yang sebelumnya dia dapatkan dari cara membeli. Pada tautan tersebut tertulis link akan kedaluwarsa sampai 5 hari ke depan. Data yang bocor adalah sama dengan awal Mei 2020 lalu, yaitu data yang diambil per bulan Maret 2020. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Kementerian Pertanian (Kementan) angkat suara tentang kalung COVID-19.

Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner Kementerian Pertanian, Indi Dharmayanti, menegaskan bahwa kalung ini bukan obat untuk coronavirus. Menurutnya, kalung ini masih dalam tahap invitro dengan proses riset dan penelitian yang masih panjang. Indi menerangkan bahwa esktrak eucalyptus memiliki kemampuan membunuh virus influenza, bahkan corona, dan digunakan di laboratorium mereka untuk membunuh virus. Ia menambahkan, untuk menjadi obat butuh proses yang panjang, yakni berbagai uji klinis. Baca berita lengkapnya di Detik.

Update COVID-19 global: WHO hentikan uji coba obat malaria dan jumlah kasus meningkat di Arab Saudi setelah jam malam dihentikan.

WHO menghentikan uji hydroxychloroquine dan kombinasi obat HIV, lopinavir/ritonavir, terhadapi pasien dengan COVID-19 setelah obat tersebut gagal mengurangi jumlah kematian. WHO juga melaporkan terjadi kenaikan jumlah kasus tertinggi kemarin di dunia dalam sehari sejak pandemik dimulai. Sementara itu, jumlah infeksi di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab meningkat drastis sejak jam malam tidak diberlakukan lagi bulan lalu. Dan dari Korea Selatan dilaporkan jumlah kasus baru berada di atas angka 60 dalam tiga hari berturut-turut. Meski begitu tidak ada pasien yang meninggal. Dari Singapura dinyatakan bahwa ada delapan kasus baru yang tidak ada hubungannya dengan komunitas-komunitas terinfeksi sebelumnya. Dan China melaporkan ada delapan kasus baru di wilayah daratan kemarin, dan ada tujuh asimtomik pasien. Sementara itu, dari Ghana dilaporkan, Presiden Nana Akufo-Addo melakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah satu orang dekatnya positif terinfeksi coronavirus. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 11.281.265, dengan 531.069 meninggal dan 6.070.608 sembuh. Baca berita lengkapnya di Aljazeera.

Buku karya aktivis pro-demokrasi hilang dari perpustakaan Hong Kong.

Buku-buku yang ditulis aktivis terkenal asal Hong Kong mulai menghilang dari perpustakaan-perpustakaan kota, beberapa hari setelah Undang-Undang Keamanan Nasional baru diterapkan. Beberapa di antaranya adalah buku milik Joshua Wong, dan Tanya Chan, seorang anggota parlemen pro-demokrasi. Dalam sebuah unggahannya di Facebook, Wong menuliskan bahwa pelucutan buku-buku ini dipicu oleh Undang-Undang baru ini. Sebagai informasi, aturan baru ini berlaku Selasa lalu dan dianggap sebuah perubahan radikal sejak Hong Kong dikembalikan oleh Inggris kepada China pada 1997. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Kanye West ingin menjadi presiden.

Sabtu lalu, Kanye West mengumumkan keinginannya untuk bertarung dan menjadi calon kandidat Presiden Amerika Serikat. Ini merupakan tantangan terbuka untuk Presiden Donald Trump dan Joe Biden, kandidat Partai Demokrasi. Pengumuman ini dilakukannya melalui Twitter. Menanggapi hal ini, Elon Musk, CEO Tesla, mendukungnya dengan cuitan, “Kamu saya dukung sepenuhnya.” Belum diketahui apakah West serius dengan klaim ini atau sudah melengkapi persyaratan ikut Pemilu. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 6 Juli 2020, cek daftar makanan yang bisa membuatmu terlihat dan merasa muda.

error: Konten dilindungi !!