5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 6 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Ah, Jumat telah tiba. Senangnya! Apa rencanamu selama akhir pekan? Kalau LIMONE akan melakukan ini, karena katanya banyak faedahnya! Tertarik ikut melakukan hal yang sama? Silakan. Dan sebelum memulai aktivitas hari ini, coba baca lima berita terbaru ini terlebih dahulu.

Kartu prakerja dijadwalkan keluar Maret 2020.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang juga menyatakan bahwa kartu ini masih dalam proses pematangan. Ida juga mengungkapkan bahwa pemegang kartu ini nantinya akan mendapatkan pelatihan gratis dari pemerintah. Selama pelatihan, peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp500.000, makanan dan kebutuhan lainnya. Ada tiga syarat untuk mendapatkan kartu ini: WNI, minimal 18 tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Baca berita lengkapnya di sini.

Sejumlah daerah di Indonesia masih mengalami kemarau panjang.

Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) hingga 1 Desember 2019 masih ada 10 daerah yang mengalami kekeringan panjang. Hampir selama setahun tidak turun hujan di beberapa daerah, termasuk Buleleng (236 hari tidak hujan), Sumba Timur (259 hari tidak hujan), dan Indramayu (227 hari tidak hujan). Baca berita lengkapnya di sini.

Demonstrasi besar-besaran terjadi di Prancis karena aturan pensiun terbaru.

Unjuk rasa ini nyaris melumpuhkan aktivitas harian di seluruh penjuru negara, termasuk sekolah dan transportasi publik (pesawat, bus, kereta). Pasalnya, demonstrasi ini dihadiri jutaan orang dari berbagai profesi, mulai dari guru, polisi, pengacara, pegawai rumah sakit dan bandara. Para demonstran ini tidak terima dengan rencana reformasi pensiun yang diajukan oleh Emmanuel Macron. Mereka berpendapat rencana baru tersebut memaksa mereka untuk pensiun lebih lama. Jika pensiun lebih cepat, maka dana pensiun akan dikurangi. Demonstrasi ini diperkirakan akan berlangsung lebih dari satu hari. Baca berita lengkapnya di sini.

AirAsia buka restoran dengan menu makanan pesawat di Kuala Lumpur.

Dibuka 2 Desember dengan nama Santan, restoran ini menyajikan semua makanan yang tersedia di dalam penerbangan mereka dengan harga yang sama. Menu yang tersedia di antaranya nasi lemak, sate, rendang, pho, dan nasi ayam. Perwakilan AirAsia berharap restoran yang sama bisa dibuka di negara-negara lain, termasuk Cina dan Amerika Serikat. Selain mendatangi restoran, makanan ini bisa diorder online. Baca berita lengkapnya di sini.

Siapapun yang baru akan menggunakan Instagram, harus mencantumkan usia.

Sebelumnya, media sosial milik Facebook ini hanya mengecek apakah pengguna berumur minimal 13 tahun. Perubahan ini diharapkan membuat platform lebih aman untuk pengguna muda. Nantinya, angka kelahiran ini akan digunakan untuk mengatur privasi, fitur dan jenis iklan. Oh, jangan takut: tanggal ulang tahun tidak akan terlihat oleh publik. Akan tetapi, banyak yang pesimis dengan aturan baru ini karena remaja/anak kecil tetap bisa memanipulasi usia mereka. Selain itu, banyak juga yang khawatir hal ini membuat Instagram semakin memiliki akses terhadap personal data penggunanya. Baca berita lengkapnya di sini.

Selesai baca lima berita terbaru hari ini? Habiskan sarapanmu—dan selamat bersenang-senang!