5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Hari Ini - 6 April 2021

Morning Briefing 6 April 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Heiho! Jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan, ya. Dan sebelum memulai, mari membaca lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 6 April 2021.

Sebanyak 84 orang meninggal, 71 hilang akibat banjir bandang NTT.

Pada Senin malam, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi menyampaikan korban meninggal dunia akibat banjir bandang di beberapa wilayah Nusa Tenggara Timur bertambah menjadi 84 orang. Sementara korban yang masih dalam pencarian sebanyak 71 orang. Menurut data, wilayah dengan terdampak paling berat di antaranya adalah Flores Timur, Lembata, Kupang, dan Sabu Raijua. Selain itu, BNPB juga mencatat sebanyak 25 rumah rusak berat, 17 rumah hanyut, 114 rusak sedang, 60 rumah terendam, dan 743 rumah terdampak. Dan sebanyak 5 jembatan putus, 40 titik akses jalan tertutup pohon tumbang, 1 fasilitas umum rusak, dan 1 kapal tenggelam. Sebanyak 2.655 jiwa mengungsi. (CNN Indonesia)

PPKM mikro diperpanjang dan bertambah menjadi 20 provinsi.

Pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, hingga 19 April 2021. Dalam perpanjangan ini, pemerintah menambahkan lima provinsi baru, yakni Kalimantan Utara, Aceh, Sumatera Selatan, Riau, dan Papua. Dengan ini berarti ada 20 provinsi yang menerapkan PPKM mikro untuk periode tanggal 6-19 April. Pemerintah juga menerapkan aturan zonasi baru. (Tempo)

Anggota ASEAN akan bertemu di Jakarta untuk mendiskusikan krisis Myanmar.

Brunei Darussalam, ketua ASEAN, mengatakan bahwa anggota-anggota organisasi tersebut sedang bersiap-siap untuk sebuah pertemuan di Jakarta. Agenda pertemuan ini akan membahas perkembangan yang sedang terjadi di Myanmar. Meski begitu, belum ada informasi pasti tentang kapan pertemuan itu akan dilakukan. Sebagai informasi, Myanmar telah mengalami krisis sejak 1 Februari sejak kudeta militer terhadap Aung San Suu Kyi. Para aktivis memperkirakan bahwa setidaknya 557 orang sudah terbunuh sejak protes dan demonstran berlangsung di seluruh penjuru negara. (Reuters)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 29 Maret 2021

Update COVID-19 global: Vaksin, dan lonjakan kasus.

Jerman akan mengimunisasi 20% dari populasinya pada awal Mei. Sejauh ini, Jerman membutuhkan tiga bulan untuk memvaksinasi 10% pertama warganya. Sementara itu epidemiolog terkenal Neil Ferguson mengatakan adanya pembekuan darah setelah pemberian vaksin AstraZeneca memunculkan pertanyaan apakah orang muda harus divaksin.

India melaporkan lonjakan jumlah infeksi pada Senin, yakni sebanyak 103.558 dalam satu hari, yang membuatnya menjadi negara kedua (setelah AS) dengan kasus harian lebih dari 100.000. Sementara itu, Filipina memperpanjang lockdown selama satu minggu setelah lonjakan kasus terus terjadi.

Dan Jepang mengkhawatirkan bahwa varian Inggris merupakan varian yang menyebabkan gelombang keempat pandemi ini, padahal Olimpiade Tokyo tinggal 109 hari lagi. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total COVID-19 global adalah 131.419.173, dengan 2.854.842 kematian, dan 74.591.066 sembuh. (Telegraph)

Godzilla vs. Kong mencetak rekor di tengah pandemi.

Godzilla vs. Kong meraih untung besar di tengah pandemi baik di Hollywood dan global. Keuntungan yang diperoleh melampaui semua ekspektasi dan sejauh ini adalah film tersukses sejak pandemi COVID-19. Godzilla vs. Kong meraup $285.4 juta. Sebelumnya, predikat ini dipegang oleh Wonder Woman 1984. (The Hollywood Reporter)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 6 April 2021, jangan lupa mengecek tentang 13 film Thailand super lucu.