5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 6 April 2020

Morning Briefing 6 April 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Yep, masih seperti biasa, LIMONE mengingatkan kita semua untuk: cuci tangan cara teratur, tutup hidung dengan tisu atau lengan baju saat bersin, dan jangan lupa menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit. Dan anjuran terbaru dari pemerintah: pakai masker kain ketika kamu keluar dari rumah. Selain itu, semoga kita tetap bisa waras di era penuh perubahan ini. Selamat menikmati hari ini dan berikut Morning Briefing 6 April 2020.

Semua orang yang keluar rumah harus menggunakan masker kain.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto yang juga menyatakan bahwa masker yang digunakan oleh orang yang tidak sakit, sebaiknya masker kain. Hal ini juga sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sementara itu, pemerintah tetap mengingatkan bahwa masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga medis. Bagi pemakai masker kain, dianjurkan untuk memakainya tidak lebih dari empat jam. Masker kain bisa dicuci dengan direndam air sabun dan dipakai lagi. Hingga Minggu, tercatat jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia adalah 2.273 kasus positif, dengan 164 orang sembuh, dan 198 meninggal. Baca berita lengkapnya di Detik.

Penghina presiden dan pejabat dalam penanganan COVID-19 terancam sanksi penjara.

Ketentuan baru itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1100/IV/HUK.7.1./2020 yang ditandatangani Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo tertanggal 4 April 2020. Disebutkan bahwa masyarakat yang menghina Presiden Joko Widodo maupun pejabat pemerintah lainnya dalam menangani COVID-19 di media sosial dapat terancam sanksi pidana. Surat telegram tersebut dibuat dalam rangka penanganan perkara dan pedoman pelaksanaan tugas selama masa pencegahan penyebaran virus ini. Bentuk penghinaan kepada penguasa/Presiden dan pejabat pemerintah ini merujuk pada Pasal 207 KUHP. Sesuai Pasal 207 KUHP, maka penghinaan ini bisa terancam pidana penjara paling lama 1 tahun 6 bulan. Surat telegram tersebut juga mengatur tentang hukuman untuk praktik penipuan penjualan daring alat-alat kesehatan, masker, alat pelindung diri (APD), antiseptik, obat-obatan dan disinfektan. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Update COVID-19 global: kasus melebihi 1,2 juta orang.

Menurut Universitas Johns Hopkins, satu dari empat kasus ini terjadi di Amerika Serikat yakni dengan 311.544 kasus. Lima negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (311.544), Spanyol (126.168), Italia (124.632), Jerman (96.092), Prancis (90.848). Sementara China, berada di posisi keenam dengan 60 kasus baru pada Sabtu. Di Australia, otoritas kesehatan optimis akan bisa membatasi penyebaran domestik virus tersebut, tapi pejabat senior menyarankan untuk tetap menerapkan social distancing. Sejauh ini, terdapat 1.226.644 kasus positif di seluruh dunia, dengan jumlah 66.560 meninggal dan 252.658 sembuh. Baca berita lengkapnya The Guardian.

Google merilis COVID-19 Community Mobility Reports untuk memperlihatkan perusahaan mana yang melakukan sistem bekerja dari rumah.

Dengan menggunakan data lokasi yang dikumpulkan dari ponsel pintar, Google ingin membantu pemerintah untuk mengetahui pergerakan orang di masa pandemik ini. Data ini berasal dari orang-orang yang memilih menyimpan sejarah lokasi mereka di Google. Setiap orang bisa melihat laporan ini, yang masih meliputi 131 negara. Setelah pengguna memilih area geografi, Google akan memproduksi informasi dalam bentuk PDF. Bentuk dokumen ini dipilih karena lebih mudah diunduh dan dibagikan kepada orang lain. Data akan mencakup pergerakan selama 48 sampai 72 menit terakhir. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Disney mengeluarkan tanggal rilis baru untuk Black Widow dan Mulan.

Mulan” akan dirilis pada 24 juli 2020, empat bulan dari tanggal awal yakni 27 Maret, sementara “Black Widow” akan ditayangkan di bioskop pada 6 November. Perubahan tanggal perilisan ini memperlihatkan Disney optimis kondisi akan normal pada pertengahan Juli. Film lain yang juga mengalami pengunduran adalah film “Indiana Jones” kelima, “The French Dispatch” (karya terbaru Wes Anderson), dan “Artemis Fowl “yang akan sepenuhnya ditayangkan di Disney Plus pertengahan tahun ini. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Usai membaca Morning Briefing 6 April 2020, jangan lupa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi ketika kamu sering berbohong kepada pasangan.