5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 5 November 2019

Foto: www.canva.com

Hello, teman! Ada begitu banyak hal yang terjadi di berbagai belahan dunia dan tanah air yang patut kamu tahu. Berikut lima di antaranya.

Dari dalam negeri dilaporkan pemerintah akan kembali mengevaluasi pasal-pasal kontrovesial dalam revisi KUHP. 

Hal ini disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly yang juga menyebutkan bahwa ada kemungkinan penghapusan atau pengubahan sejumlah pasal kontroversial. Misalnya, pasal tentang pasal kumpul kebo atau kohabitasi. Akan tetapi, Yasonna belum menjelaskan kapan pembahasan RKUHP ini akan dilanjutkan. Baca berita lengkapnya di sini.

Ribuan ikan mati di Sungai Bengawan Solo.

Hal ini sudah berlangsung hampir sepekan dan ribuan bangkai ikan ditemukan berserakan di tepi Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Dukuh Nglombo, Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Warga setempat mengakui bahwa fenomena ini sering terjadi setiap museum kemarau. Dan ikan tersebut tidak dikonsumsi oleh warga setempat karena rasanya pahit dan tidak enak. Baca berita lengkapnya di sini.

Rencana pemerintah Italia untuk memberlakukan pajak plastik sepertinya bisa tertunda.

Penyebabnya: protes dari produsen plastik. Pajak ini mewajibkan perusahaan untuk membayar retribusi €1 per kilogram produksi plastik, termasuk botol, kontainer, bungkusan plastik, kemasan barang, label produk dan polyethylene bags. Nantinya, hasil retribusi ini juga akan digunakan sebagai insentif terhadap perusahaan untuk memproduksi lebih banyak barang-barang yang bisa didaur ulang. Akan tetapi, rancangan tersebut mendapat tentangan dari berbagai pihak, termasuk pelaku industri dan partai oposisi. Mereka menggambarkan pajak tersebut sebagai “pukulan terhadap kelas menengah.” Baca beritanya di sini.

Obat untuk Azheimer dengan bahan dasar rumput laut diizinkan beredar di Cina.

Otoritas di Cina mengizinkan sebuah jenis untuk mengobati Alzheimer. Ini merupakan obat pertama yang berpotensi mengobati kelainan kognitif tersebut dalam kurun waktu 17 tahun belakangan. Obat yang berbahan dasar rumput laut yang dinamakan Oligomannate ini bisa digunakan untuk mengobati Alzheimer dari level ringan sampai menengah. Akan tetapi stempel ijin ini bersifat “syarat dan ketentuan berlaku”, yang artinya bisa dijual selama masa percobaan klinis, tapi tetap diawasi secara ketat dan sewaktu-waktu bisa ditarik jika muncul masalah keamanan.

Anggota BTS, Jeon Jungkook, sedang menjalani proses investigasi polisi.

Pasalnya, Mercedez Benz yang dikemudikannya menabrak sebuah taksi. Kecelakaan ini terjadi di kawasan mewah Han-nam-dong, sebuah kawasan mewah di pusat Seoul di mana dirinya dan anggota BTS lain berdomisili. Dilaporkan penyanyi ini tidak mabuk saat kejadian. Big Hit Entertainment, manajemen BTS, mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan bahwa investigasi polisi masih berlangsung dan belum ada informasi yang bisa dirilis. Baca berita lengkapnya di sini.