5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 5 Mei 2020

Morning Briefing 5 Mei 2020
Foto: www.canva.com

It’s news time! Sebelum beraktivitas, mari menikmati lima berita baru yang terangkum dalam Morning Briefing 5 Mei 2020. P.S.: tetap cuci tangan, jaga kesehatan dan pakai masker bila memang harus keluar rumah.

Ada usulan untuk menggeser cuti bersama Lebaran ke Idul Adha.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Donny Gahral Adian, mengatakan salah satu alasan pemerintah mungkin menggeser cuti bersama ini karena melihat perkembangan COVID-19 di Indonesia. Usul tersebut muncul setelah KSP mengkaji beberapa model yang dibuat oleh sejumlah lembaga yang menunjukkan tren laju penyebaran coronavirus turun. Akan tetapi, hal ini masih berupa usulan yang keputusannya masih melihat dinamika di lapangan. Jika penyebaran masih tetap tinggi, maka cuti Lebaran tetap dipindahkan ke tanggal 28-31 Desember 2020. Baca berita lengkapnya di Tempo.

YouTuber Ferdian Paleka Terancam UU ITE.

Aksi Ferdian Paleka memproduksi dan menyebarkan konten prank pembagian sembako berisi sampah di Bandung bisa dijerat dengan pasal Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pihak Polrestabes Bandung mengatakan pasal yang mungkin dikenakan adalah pasal 45 ayat 3 UU ITE yang mengatur soal perbuatan penghinaan. Sebelumnya, para korban prank YouTuber Ferdian Paleka menyambangi Gedung Mapolrestabes Bandung (Minggu, 3/5) untuk melaporkan tindakan perbuatan tidak menyenangkan. Salah satu, rekan Ferdian Paleka, bernama Tubagus Fahddinar sudah menyerahkan diri ke polisi. Sementara, Ferdian dan dua rekannya yang lain masih dicari polisi. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Update COVID-19 global: sejumlah negara melonggarkan karantina dan empat perusahaan China uji coba vaksin pada manusia.

Sebagian besar negara tersebut berada di Eropa, antara lain Italia, Spanyol, Jerman, Polandia dan Lebanon. India juga memperbolehkan bisnis dibuka kembali dan pernikahan dilakukan di beberapa daerah yang memiliki sedikit atau tidak ada angka positif. Sementara empat perusahaan China mulai melakukan uji coba vaksin pada manusia, jumlah ini lebih banyak dibandingkan total tes yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Inggris. Di Jepang, pemerintahnya mengumumkan perpanjangan situasi gawat darurat hingga akhir bulan Mei. Dan Presiden Donald Trump mengatakan bahwa angka kematian di AS bisa mencapai 100.000 jiwa, jauh lebih banyak dibandingkan prediksinya beberapa minggu yang lalu. Sementara itu, menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 di dunia mencapai 3.526.178, dengan 247.971 meninggal, dan 1.133.079 sembuh. Baca berita lengkapnya di New York Times.

Studi baru: lensa kontak terbaru yang memungkinkan penderita diabetes memonitor level glukosa.

Peneliti dari Pohang University of Science and Technology di Korea Selatan ini mengatakan bahwa alat ini menggunakan chip technology untuk memonitor level gula melalui pembuluh darah di balik kelopak mata. Alat ini juga memberikan peringatan kepada penggguna jika ada bahaya kesehatan mengancam. Selain itu, alat ini juga dapat mengeluarkan obat untuk diabetic retinopathy, diabetes yang disebabkan kerusakan pembuluh darah okular. Menurut peneliti, dengan pengembangan dan uji coba lanjut, kontak lensa pintar ini bisa membebaskan penderita diabetes dari ketergantungan tes darah invasif. Baca berita lengkapnya di Good News Network.

Stephenie Meyer mengumumkan buku baru Twilight.

Masih ingat cerita Bella dan Edward Cullen? Penulisnya, Stephenie Meyer, memberitahu bahwa dia akan merilis Midnight Sun, yang akan bercerita dari sisi si drakula, Edward Cullen. Meyer sudah melakukan hitung mundur sejak seminggu lalu sebelum kemarin mengumumkan berita ini pada Senin. Ketika hitung mundur selesai, situsnya langsung crash karena penggemarnya berusaha mencari tahu makna di balik hal tersebut. Salah satu penulis terlaris dunia ini mengatakan bahwa buku terbaru tersebut akan dirilis pada 4 Agustus 2020. Sebelumnya diberitakan bahwa manuskrip Midnights Sun sempat bocor di internet pada 2008 dan pada 2013, Meyer mengatakan tidak akan menulis cerita tentang Twilight lagi. Sebagai informasi, buku saga Twilight telah terjual lebih dari 100 juta kopi dan lima film adaptasi dengan keuntungan $3.3 miliar. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Selanjutnya: Usai menikmati Morning Briefing 5 Mei 2020, coba cari ide staycation di rumah di sini untuk mengurangi rasa bosan saat social distancing.

podcast button