5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 5 Juni 2020

Morning Briefing 5 Juni 2020
Foto: www.unsplash.com

It’s Friday, sista! #Sebuahpertanyaaniseng: pernahkah kamu bermimpi mendapatkan $3 miliar? Bagi Gojek ini adalah sebuah impian yang menjadi kenyataan setelah berhasil menjadikan Facebook dan PayPal sebagai investor terbaru. #Sebuahusul: lalukan olahraga ini agar kamu tetap ingat mimpimu dan tetap berusaha (tapi kamu bisa sedikit rileks kok di akhir pekan ini). Selamat menikmati hari pekanmu, tetap jaga kesehatan dan cucilah tangan dengan teratur dan cara yang benar. Berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 5 Juni 2020.

PSBB di Jakarta diperpanjang hingga akhir Juni 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya memutuskan untuk memperpanjang lagi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dan bulan Juni ditetapkan sebagai masa transisi, karena meski sebagian besar wilayah Jakarta sudah hijau dan kuning, masih terdapat zona merah. Dalam masa transisi ini, mal dan pasar non-pangan baru bisa beroperasi mulai 15 Juni 2020. Sementara rumah makan mandiri (yang tidak berada di mal), bisa dibuka lagi per 8 Juni 2020. Selain itu, selama masa ini, setiap warga Jakarta wajib memakai masker saat keluar rumah. Jika tidak, bisa dikenai denda hingga Rp.250.000. Sekolah belum dibuka sampai kondisi aman. Dan pengemudi ojek daring sudah bisa mengangkut penumpang mulai 8 Juni. Selain itu, selama periode transisi ini Polda Metro Jaya akan tetap melakukan pemeriksaan pelanggaran PSBB di 67 titik. Baca berita lengkapnya di Kompas.

YouTuber Ferdian Paleka bebas dari tahanan.

YouTuber yang pernah membuat heboh karena prank sembako itu bebas dari tahanan kemarin. Selain Ferdian, dua temannya, Tubagus Fahddinar dan Aidil, juga dibebaskan. Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri menyatakan jika Ferdian Paleka dan teman-temannya dibebaskan karena laporan dari korban sudah dicabut dan kedua belah pihak sudah berdamai dan saling memaafkan. Menurut polisi, pencabutan aduan dan laporan dari korban diterima satu minggu yang lalu. Baca berita lengkapnya di Medcom.

Update COVID-19 global: hydroxychloroquine tidak efektif dan George Floyd terinfeksi coronavirus.

Dari hasil otopsi disimpulkan George Floyd positif coronavirus, tapi hal ini dipercaya tidak menjadi penyebabnya meninggal. Dan peneliti dari Universitas Minnesota melaporkan hydroxychloroquine tidak mencegah terinfeksi coronavirus; obat ini tidak lebih baik dari placebo. Kesimpulan ini didapat setelah melakukan eksperimen dengan 821 orang di AS dan Kanada. Sementara itu, Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus dan korban meninggal tertinggi di dunia. Dan ada ketakutan protes atas rasisme dan polisi brutalitas yang sedang berlangsung di negara tersebut akan semakin memperparah penyebaran coronavirus. Dari China dilaporkan, kota Mudanjiang, mulai melakukan tes massal terhadap 2,8 juta residennya setelah minggu lalu menemukan 15 pasien asymptomatic. Dan seorang mantan kepala MI6 mengatakan bahwa pandemik ini “berawal sebagai sebuah kecelakaan” ketika virus tersebut keluar dari sebuah laboratorium di China. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 6.538.456, dengan 386.503 meninggal dan 2.828.468 sembuh. Baca berita lengkapnya di Telegraph.

Jepang mempertimbangkan Olimpiade lebih sederhana.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan ada kemungkinan Olimpiade yang diselenggarakan tahun depan menjadi lebih “sederhana”. Pernyataan ini dikeluarkan setelah berbagai muncul beberapa opsi, seperti tes Polymerase wajib dan penonton yang lebih sedikit. Koike tidak menjabarkan detail maksud dari “sederhana” ini, tapi opsi ini sedang didiskusikan. Sebelumnya, IOC (International Olympic Committee) dan pemerintah Jepang pada Maret lalu memutuskan untuk menunda Olimpiade Tokyo. Namun, tidak akan menundanya melebihi 2021. Baca berita lengkapnya The Guardian.

Facebook dan PayPal investasi di Gojek.

Bergabung dengan Google dan Tencent, Facebook dan PayPal berinvestasi pada Gojek. PayPal dan Facebook tidak membocorkan berapa besar investasi yang digelontorkan. Untuk Facebook, ini adalah investasi pertamanya untuk perusahaan indonesia. Kepada TechCrunch, Gojek menyebutkan bahwa keduanya berpartisipasi dalam penggalangan investasi seri F, yang berhasil mengumpulkan dana sebesar $3 miliar. Facebook mengatakan akan bekerja sama dengan Gojek untuk menghasilkan “ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara”. Sementara PayPal berharap dengan investasi ini, bisa membuatnya lebih bisa tertumbuh di Asia Tenggara. Baca berita lengkapnya di TechCrunch.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 5 Juni 2020, pastikan kamu mengecek daftar binge watching minggu ini: film terseksi di Netflix.