5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 5 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Holaaa! Apa yang membuatmu semangat hari ini? Kalau LIMONE: tidak sabar melangkah dengan sneakers Veja yang baru saja dibeli! Yaaas! Setelah menabung berbulan-bulan, akhirnya terwujud juga keinginan membeli sneakers putih yang ramah lingkungan ini. In any case, semoga harimu menyenangkan dan selamat membaca lima berita menarik yang kami kumpulkan di bawah ini.

Kredivo berhasil meraih pendanaan ekuitas Seri C sebesar US$90 juta.

Atau jika dikonversi menjadi sekitar Rp1,2 triliun. Pendanaan ini dipimpin oleh Asia Growth Fund, dengan investor lain di antaranya Singtel Innov8, TMI (Telkomsel lndonesia), dan Cathay Innovation. Dana segar ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Filipina. Saat ini Kredivo telah memiliki 1 juta pengguna; enam puluh persen di antaranya mendapatkan akses kredit formal pertama mereka dari Kredivo. Baca berita lengkapnya di sini.

Seluruh pemilik toko online diwajibkan memiliki izin usaha.

Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Perdagangan. Hal ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 20 November 2019. Menurut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto jika ada yang masih belum memiliki izin usaha, akan ada sanksi yang diterapkan. Meski begitu, Agus meyakinkan bahwa pengusaha online tidak akan mengalami kesulitan jika ingin mengurus izin usaha. Baca berita lengkapnya di sini.

Hotspots radiasi ditemukan di dekat lokasi Olimpiade Jepang.

Hal ini dikatakan oleh Greenpeace yang menyampaikan radiasi terdeteksi di sekitar J-Village, Fukushima, titik awal pelepasan obor Olimpiade. Pemerintah Jepang sendiri mengatakan bahwa secara keseluruhan area tersebut terbilang aman. Meski begitu, pemerintah memang memiliki rencana untuk melakukan survei ke daerah tersebut sebelum Olimpiade 2020. J-Village adalah sebuah kompleks olahraga yang berjarak 12 mil dari pusat nuklir yang rusak akibat tsunami 2011. Olimpiade 2020 dimulai 24 Juli 2020. Baca berita lengkapnya di sini.

Kabinet India mengajukan undang-undang yang memberikan status kewarganegaraan kepada individu yang dipersekusi karena agama.

Rancangan undang-undang ini akan berlaku bagi kaum minoritas yang dipersekusi di negara-negara tetangga dengan mayoritas Muslim. Ini artinya, para minoritas—Hindu, Budha, Jainisme, Kristen, Sikh dan Parsi—yang melarikan diri dari Bangladesh, Pakistan dan Afganistan bisa mendapatkan kewarganegaraan India. Para kritikus menyebut undang-undang ini bersifat anti-Muslim dan beberapa partai oposisi berpendapat bahwa status kewarganegaraan tidak bisa diberikan atas dasar agama. RUU ini akan dibawa ke parlemen minggu ini. Akan tetapi untuk menjadi undang-undang, dibutuhkan persetujuan baik dari majelis parlemen rendah dan tinggi. Baca berita lengkapnya di sini.

Drake dinobatkan sebagai the most-streamed artist di tahun 2010an.

Yep, tidak hanya hanya di tahun 2019, tapi sepanjang dekade 2010an ini di Spotify. Bintang asal Kanada tersebut di-stream sebanyak 28 miliar; satu lagunya, One Dance, dimainkan 1,7 miliar kali. Lagu tersebut hanya dikalahkan oleh Shape of You (Ed Sheeran) yang diputar sebanyak 2,8 miliar kali dan dinobatkan sebagai lagu yang paling banyak didengar dekade ini. Sementara lagu terbesar tahun ini adalah Senorita yang dinyanyikan Shawn Mendes dan Camila Cabello. Baca berita lengkapnya di sini.

Itu lima berita menarik hari ini. Jangan lewatkan juga membaca hasil survei terbaru tentang zodiak apa yang paling sering selingkuh! Hmm… penasaran ‘kan?

podcast button