5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 4 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

La, la, la, la, yeaaay, hari Jumat! Untuk yang sudah tidak sabar menyambut akhir pekan, pokoknya semoga hari kerja hari ini pendek, dan akhir pekanmu terasa panjang. Sebelum, memulai hari ini mari mengetahui apa yang telah terjadi dunia.

Dari Airbus, di dalam pesawatnya akan terdapat kamera di dalam di luar kamar mandi.

Itulah bocoran tentang tampilan kabin pesawat masa depan keluaran perusahaan Eropa itu. Selain itu overhead luggage cabins akan mengeluarkan cahaya hijau atau merah, tergantung pada kondisi apakah sudah penuh atau belum. Sementara, kursi didesain untuk menyesuaikan dengan posisi duduk/tidur favoritmu. Kru kabin pun tidak perlu berpatroli mengecek apakah penumpang memasang sabuk pengaman, karena ada sistem sensor yang terpasang. Oh, tentang pemasangan rencana kamera tadi, Airbus menjamin bahwa privasi penumpang tetap terjaga. Baca berita lengkapnya di sini.

Di belahan dunia lain, Korea Utara berhasil meluncurkan misil balistik terbaru dari sebuah kapal selam.

Berita ini dikonfirmasi oleh kantor berita Korea Utara, KCNA, yang mengatakan bahwa uji coba, yang dilakukan di perairan pantai timur itu, menandai sebuah “fase baru” untuk melindungi diri dari ancaman-ancaman dari “kekuatan luar”—meski tidak menjelaskan spesifik ancaman yang dimaksud. Ini merupakan tes senjata paling provokatif dari Pyonyang sejak pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat dimulai tahun lalu. Jika teknologi Submarine-launched ballistic missile (SLBM) ini sempurna, maka akan memampukan negara tersebut mengerahkan misil melampaui semenanjung Korea. Misil ini juga sulit dideteksi sebelum lepas landas. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, dikabarkan bahwa Kaldera Toba diterima menjadi anggota Taman Bumi Global UNESCO.

Seperti yang dilansir dari Kompas, kawasan tersebut sudah mengajukan diri untuk menjadi anggota Unesco Global Geopark (UGG) pada tahun 2015 dan 2018, tetapi belum dikabulkan karena harus melakukan pembenahan terlebih dahulu agar sesuai dengan prinsip taman bumi. Saat ini terdapat 161 UGG di dunia yang tersebar di 44 negara. Sertifikat UGG akan diterima di Paris, April tahun depan. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari dalam negeri juga dilaporkan bahwa mahasiswa mendesak presiden untuk menerbitkan Perppu tentang KPK.

Hal ini disampaikan perwakilan mahasiswa, Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti Dino Ardiansyah, setelah bertemu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin. Dia menyampaikan bahwa mahasiswa memberikan waktu bagi Jokowi untuk mengeluarkan Perppu tersebut sampai 14 Oktober. Jika tidak, ada kemungkinan mahasiswa akan kembali turun ke jalan. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari ranah musik: akhirnya, BTS angkat suara tentang keputusan mereka mengadakan konser di Saudi Arabia.

Sebelumnya, keputusan K-pop grup itu menuai komentar dan kritik mengingat rapor merah Saudi Arabia dalam hal hak asasi manusia (HAM). Kepada Hollywood Reporter, dua anggotanya, RM dan Jimin, mengatakan bahwa keputusan tersebut bukanlah keputusan yang mudah, tetapi undangan yang mereka terima adalah undangan resmi dan mereka merasa ada banyak orang yang ingin menonton BTS di sana. Selama setahun belakangan, sekitar selusin aktivis perempuan Saudi ditahan atas tuduhan yang berhubungan dengan aksi HAM dan memiliki kontak dengan jurnalis asing dan diplomat. Ditambah lagi, kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul tahun lalu. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button