5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 4 Maret 2021

Morning Briefing 4 Maret 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Hello! Iya, kamu yang masih rajin pakai masker, menjauhi diri dari kerumunan, menjaga jarak di tempat publik dan cuci tangan dengan rajin dan benar. Thank you! Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum Morning Briefing 4 Maret 2021.

Indonesia meneliti kemampuan vaksin Sinovac terhadap varian Inggris

Menyusul penemuan dua kasus varian B117 asal Inggris, tim uji klinis vaksin Sinovac dari Universitas Padjajaran akan meneliti efektivitas vaksin buatan China tersebut. Tim ini berharap mutasi virus varian baru ini belum jauh dari virus asli. Pasalnya, jika mutasi sudah terlalu jauh dari asli, maka ada kemungkinan vaksin tak lagi efektif untuk menangkal virus corona. (CNN Indonesia)

Arab wajibkan jamaah haji & umroh 2021 divaksin.

Menteri Kesehatan Arab Saudi mengatakan bahwa Arab Saudi akan memberlakukan vaksin COVID-19 sebagai prasyarat wajib bagi yang ingin menunaikan ibadah haji dan umroh pada 2021. Pemerintah Arab Saudi juga mengumumkan memberikan vaksin virus corona di apotek di seluruh kerajaan secara gratis, sebagai bagian dari kampanye vaksinasi di negara kerajaan tersebut agar lebih masif. (CNBC Indonesia)

Pencarian terhadap Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

KNKT mengatakan hingga saat ini masih dilakukan pencarian terhadap Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Sebanyak 15 orang penyelam diterjukan dalam melanjutkan pencarian CVR yang hingga sampai saat ini belum ditemukan. Pencarian CVR milik Sriwijaya Air ini akan terus dilakukan hingga ditemukan oleh para penyelam. Seperti diberitakan, pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak itu diperkirakan jatuh di sekitar perairan Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, sekitar pukul 14.39 WIB, Sabtu (9/1). (Liputan6)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 26 November 2020

Update COVID-19 global: Vaksin, dan lockdown.

Austria akan memberikan ekstra 100.000 dosis vaksin Pfizer untuk semua orang dewasa di distrik Schwaz, Tyrol, yang menjadi hotspot terhadap varian Afrika Serikat. Sementara itu, menurut hasil final dari uji klinis tahap tiga, vaksin Sinovac memiliki efikasi 83,5%. Dan Kenya menerima lebih dari 1 juta dosis vaksin AstraZeneca di gelombang pertamanya sebagai bagian dari program Covax. Dan Senegal menerima 324.000 dosis AstraZeneca dari skema yang sama.

Jepang berencana untuk memperpanjang status tanggap darurat di Tokyo dan tiga prefektur sekitarnya selama dua minggu, hingga 21 Maret. Sementara itu Slovakia memberlakukan jam malam sejak Rabu kemarin dari pukul 8 malam hingga 5 pagi. Dan juru bicara pemerintah Prancis mengatakan akan melonggarkan restriksi mulai pertengahan April. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 114.896.149, dengan 2.552.091 meninggal, dan 64.998.330 sembuh. (The Guardian)

Apakah ada penonton dari luar negeri di Olimpiade?

Menurut menteri Olimpiade Jepang keputusan apakah penonton dari luar negeri akan diizinkan untuk menonton Olimpiade Musim Panas di Tokyo akan ditetapkan pada akhir Maret. Sebelumnya, media Jepang melaporkan bahwa pemerintah Jepang berencana untuk melarang penonton dari luar negeri karena takut coronavirus akan menyebar. (Reuters)

Selanjutnya: Selesai membaca Morning Briefing 4 Maret 2021, jangan lupa mengecek mengapa seseorang bisa terlanjur cinta.