5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 4 Maret 2020

Foto: www.canva.com

Hello, selamat pagi! Tak bosan-bosannya LIMONE menganjurkan untuk tetap kalem dan tenang (yep, kita membicarakan coronavirus) serta melakukan hal-hal untuk menjaga kesehatan tubuh. Yep, kita sedang membahas tentang rajin mencuci tangan, berhenti menyentuh wajah serta konsumsi makanan sehat. Dan jika sakit, hubungi dokter dan sebaiknya tidak masuk kantor. Intinya, apa pun yang kamu lakukan usahakan untuk keep calm and carry on. Semoga harimu menyenangkan dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 4 Maret 2020.

Pemerintah menunda insentif pariwisata untuk turis asing.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Akan tetapi, belum ada penjelasan lebih rinci mengapa insentif tersebut ditunda. Sebelumnya, pemerintah berencana memberikan insentif ini sebagai upaya untuk menjaring sebanyak-banyaknya wisatawan asing untuk menggantikan jumlah turis China yang menurun drastis. Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa insentif diskon tiket pesawat hingga 50% untuk wisawatan domestik masih tetap berjalan. Budi menegaskan bahwa untuk urusan insentif wisatawan asing adalah sepenuhnya wewenang Wishnutama. Baca berita lengkapnya di Detik.

Gunung Merapi mengalami erupsi.

Akibatnya, terjadi hujan abu di Boyolali, Klaten, hingga kota Solo dan sekitarnya. Padahal jarak Kota Solo hingga Merapi cukup jauh, yakni sekitar 40 kilometer. Hujan abu ini terjadi dari pagi hari, sehingga Bandara Internasional Adi Soemarmo ditutup kemarin. Pasalnya, landasan pacu juga ditutupi abu Gunung Merapi yang bisa membahayakan pesawat. Sementara itu, Bandara Internasional Adisutjipto tetap aman dan berjalan normal seperti biasa serta tidak ada pembatalan penerbangan. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

India membatasi ekspor obat-obatan seiring meningkatnya kepanikan dunia akibat coronavirus.

India, penyedia utama obat-obat generik dunia, telah membatasi ekspor dari 26 bahan obat, termasuk paracetamol. Pasalnya, negara ini tergantung pada China untuk hampir 70 persen bahan-bahan aktif farmasi (API, active pharmaceutical ingredients). Sementara China, seperti yang kita tahu, merupakan sumber dari wabah coronavirus. Para ahli memperkirakan bahwa dunia bisa mengalami keterbatasan obat-obatan jika epidemik ini semakin parah. Belum ada penjelasan berapa lama pembatasan ini akan dilakukan oleh India. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Setelah lebih dari 240 hari, New South Wales di Australia akhirnya bebas dari kebakaran hutan.

Hal tersebut disampaikan dinas pemadam kebakaran New South Wales yang menyatakan bahwa semua kebakaran di area tersebut berhasil diatasi untuk pertama kalinya di musim ini. Kesuksesan ini terjadi setelah berbulan-bulan mengalami kebakaran hutan yang menelan korban 28 orang meninggal dan sekitar 3000 rumah rusak serta hampir satu miliar hewan terkena dampaknya. Sebagai informasi, kebakaran hutan terjadi di area tersebut sejak Juli 2019 dan New South Wales mengalami kondisi paling buruk akibat bencana ini. Kebakaran ini bisa diredam terutama karena intensitas hujan yang lebat, meski hal ini menyebabkan banjir dan angin kencang. Setiap musim panas, Australia memang menghadapi kebakaran, tapi kali ini merupakan yang terparah karena panas ekstrim dan kekeringan. Baca berita lengkapnya di CNN.

Penggemar Bond memohon agar menunda perilisan film tersebut.

Sebuah surat terbuka dilayangkan oleh James Page dan David Leigh, pendiri dari dua situs penggemar berat James Bond, M16 Confidential dan The James Bond Dossier. Surat ini ditujukan kepada produser film, MGM dan Universal. Menurut mereka, peluncuran film terbaru James Bond “No Time to Due” sebaiknya ditunda hingga musim panas, ketika epidemik coronavirus kemungkinan besar akan menurun. Keduanya menekankan pentingnya untuk memperhatikan kesehatan masyarakat dibandingkan perilisan sebuah film. Menurut jadwal, film terbaru James Bond ini akan ditayangkan pada 3 April 2020. Permintaan ini diutarakan keduanya setelah Disney membatalkan prosesi gala red carpet dalam rangka peluncuran streaming service, Disney+. Sementara itu, para ahli memprediksi coronavirus akan mengurangi pendapatan box office global sampai $5 miliar dengan ditutupnya bioskop di China. Baca berita lengkapnya di BBC.

Usai membaca Morning Briefing 4 Maret 2020, pastikan melahap informasi tentang alasan kamu selalu merasa lapar saat datang bulan.