5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 4 Februari 2020

Morning Briefing 4 Februari 2020
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Jika kamu sedang mencari tontonan yang membuat otak pecah dan rahang jatuh, LIMONE merekomendasikan The Goop Lab with Gwyneth Parltrow di Netflix. Efek drama seri ini sama persis setelah minum Taro Boba Milk Tea. Setelah menontonnya, kasih tahu kami, ya. Satu yang pasti: semoga harimu tidak aneh—atau aneh (tapi dalam arti positif) dan nikmati Morning Briefing 4 Februari 2020.

Pemerintah berencana menghentikan sementara impor barang dari China.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran coronavirus. Belum ada keterangan resmi barang mana yang akan ditunda impornya untuk sementara, karena masih dalam proses pendataan. Dua barang impor yang berpotensi dilakukan penundaannya, di antaranya hewan liar dan produk holtikultura. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan jika ada komoditas yang tidak bisa digantikan impornya dari China, pemerintah mungkin akan mencari alternatif dari negara lain. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Kementerian Pertanian akan menerapkan asuransi pertanian secara serentak pada 2021.

Asuransi pertanian ini diharapkan bisa melindungi kerugian yang dialami oleh petani dan peternak jika terjadi bencana alam. Dengan memiliki asuransi ini, petani yang mengalami gagal panen tetap bisa memulai usaha kembali setelah mengklaim ganti rugi sebesar Rp6 juta per hektar lahan. Pemerintah akan memberikan subsidi premi sebesar 80 persen. Untuk mendapatkan asuransi ini, petani dan peternak hanya perlu melakukan pendaftaran secara daring melalui Sistem Informasi Asuransi Pertanian (SIAP). Di kemudian hari, asuransi pertanian ini menjadi salah satu syarat untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Baca berita lengkapnya di Kompas.

Warga China menggunakan aplikasi pelacak virus untuk menghindari area yang terinfeksi coronavirus.

Dua perusahaan peta, QuantUrban dan pihak pengembang ketiga dari WeChat menciptakan platform yang menggunakan informasi resmi untuk mengonfirmasi daerah mana yang terinfeksi virus ini. Dengan aplikasi ini, warga bisa mengukur dan menghindari area-area tersebut. Program WeChat yang diberi nama “YiKUang” (artinya, situasi epidemik), mengulas kota-kota di bagian selatan Shenzhen dan Guangzhou. Sementara, QuantUrban, peramban dengan bentuk peta, mencakup sembilan kota lain di provinsi tersebut. Menurut data per Senin (3/02), terdapat 245 kasus coronavirus di Shenzen—ini membuatnya menjadi kota besar di China dengan dampak terparah. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Stephen King berhenti menggunakan Facebook.

Alasannya, dia tidak nyaman dengan “banyaknya informasi yang salah yang diberikan ijin untuk ditayangkan di iklan politik [Facebook].” Dia juga mengatakan bahwa ketidakpercayaannya terhadap kemampuan [Facebook] untuk melindungi privasi penggunanya juga menjadi alasan lain. Pengumuman ini disampaikannya di Twitter, kepada 5,6 juta orang pengikutnya. Media sosial tersebut akhir-akhir ini semakin banyak menerima kritikan, apalagi setelah Facebook memutuskan untuk tidak melakukan pengecekan fakta terhadap iklan politik. Mark Zuckerberg berargumen bahwa “berbicara politik itu penting” dan seharusnya tidak disensor. Sementara itu, Twitter sendiri melarang penayangan iklan politik. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Film 1917 mendominasi Bafta Film Awards.

Film dengan latar belakang Perang Dunia Pertama tersebut berhasil membawa pulang tujuh penghargaan, termasuk Film Terbaik, Film Inggris Terbaik, Sutradara Terbaik dan Sinematografi Terbaik. Film lain yang juga berjaya adalah Joker yang sukses meraih tiga penghargaan, di antaranya Aktor Terbaik. Sementara itu, aktris yang memberikan kita Bridget Jones, Renee Zellweger dianugerahi Aktris Terbaik berkat aktingnya sebagai Judy Garland di film Judy. Parasite, film jagoan dari Korea Selatan, memenangkan dua kategori, yakni Skenario Terbaik dan Film Bukan Berbahasa Inggris Terbaik. Baca berita lengkapnya di BBC News.

Itu Morning Briefing 4 Februari 2020, dan ini bacaan yang wajib kamu tahu sebelum menikmati hari ini.

podcast button