5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 31 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Satu hari lagi akhir pekan, teman-teman—jadi sabar, ya. Sambil menikmati pagi yang cerah ini dengan secangkir kopi/teh/jus/infused-water/apple vinegar water/air putih di tangan, mari memperbaharui pengetahuan dengan membaca lima hal berikut ini.

BPJS Kesehatan Premium akan naik tahun depan.

Seiring dengan semakin membengkaknya defisit BPJS, pemerintah memutuskan untuk menaikkan tarif beberapa jenis BPJS Kesehatan. Misalnya, pekerja informal atau pengusaha akan mengalami kenaikan premium dari Rp80.000 menjadi Rp160.000 per bulan. BPJS memperkirakan akan terjadi defisit sebanyak Rp28 triliun tahun ini, Rp9 juta di antaranya berasal dari tahun lalu. Akibatnya, pembayaran terhadap ruma sakit operator, toko obat dan perusahaan farmasi tertunda. Aturan baru ini akan mulai diberlakukan 1 Januari tahun depan. Baca berita lengkapnya di sini.

Waze meluncurkan fitur Tarif Jalan Tol di Indonesia.

Berkat kerja keras dari 30.000 Map Editor aktif di negara ini, plafform ini berhasil mengumpulkan dan memasukkan informasi tarif jalan tol ke dalam aplikasi. Lewat fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk melihat dan membandingkan harga ketika berkendara di sepanjang rute jalan tol. Artinya, semua pengguna Waze dapat terlebih dahulu merencanakan berapa banyak dana yang diperlukan untuk perjalanan mereka, terutama biaya tol. Baca berita lengkapnya di sini.

Ratusan koala diduga ikut terbakar hidup-hidup di kebakaran hutan di Port Macquarie, Australia.

Api melahap sebuah wilayah pengembangbiakan koala dan memaksa para hewan tersebut memanjat pohon-pohon lebih tinggi untuk menyelamatkan diri. Para staf dari Port Macquarie Koala Hospital yang ingin menyelamatkan para hewan tidak berdaya karena intensitas api yang sangat membahayakan. Kebakaran ini hutan ini diduga dipicu sambaran petir hari Sabtu lalu dan menyapu bersih area dengan luas 2000 hektar tersebut. Kondisi semakin diperparah dengan fakta bahwa negara tersebut sedang mengalami Oktober terpanas dalam beberapa dekade. Baca berita lengkapnya di sini.

Chili membatalkan pertemuan Apec dan perubahan iklim.

Sebelumnya Chili ditetapkan sebagai tuan rumah pertemuan Apec pada November dan Cop 25 pada Desember. Akan tetapi karena kondisi negara yang sedang tidak stabil, presiden Sebastián Piñera memastikan tidak akan mengadakan dua pertemuan tersebut. Sudah lebih dari 12 jutaan massa turun ke jalan dan memprotes kesenjangan ekonomi dan sosial. Protes massal ini dianggap sebagai kondisi politik paling tidak stabil sejak berakhirnya masa kediktatoran Pinochet. Baca berita lengkapnya di sini.

HBO akan memproduksi prequel Game of Thrones.

Proyek terbaru ini diberi judul House of Targaryen, yang fokus pada keturunan Daenery saat mereka terlibat dalam perang sipil. George R.R. Martin akan bertindak sebagai co-eksekutif produser dan film ini akan didasarkan buku Fire and Blood karyanya. Proyek ini akan diejawantahkan dalam 10 episode dan terjadi 300 tahun sebelum GOT. Belum ada keterangan resmi tentang kapan serial ini akan ditayangkan. Ohya, siapa Daenery? Silakan tonton serial GOT—atau lihat Wikipedia. Baca berita lengkapnya di sini.