5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 31 Juli 2020

Morning Briefing 31 Juli 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Dan Selamat Idul Adha untuk kamu yang merayakan. Nikmati hari ini dan akhir pekan panjang, serta jangan lupa pakai masker jika keluar rumah. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 31 Juli 2020.

Jakarta perpanjang PSBB.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberitahukan bahwa PSBB (pembatasan sosial berskala besar) masa transisi diperpanjang selama 14 hari ke depan, hingga 13 Agustus 2020. Di masa transisi ini artinya kegiatan masih terus berlangsung, tapi mengikuti protokol yang telah ditentukan. Pemerintah daerah bersama TNI dan Polri akan melakukan pengawasan dan pendisiplinan. Sebagai informasi, kasus positif COVID-19 Indonesia mengalami penambahan sebanyak 1.904 orang pada Kamis (30/7/2020). Secara kumulatif, terdapat 106.336 kasus, dengan 5.058 kematian, dan 64.292 kesembuhan. (Liputan6)

PLN siapkan pemberian stimulus tarif listrik.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sedang mempersiapkan mekanisme pemberian stimulus Tarif Tenaga Listrik (TTL) pembebasan rekening minimum bagi pelanggan. Selain untuk pelanggan bisnis di atas daya 1.300 voltampere (VA), stimulus dari pemerintah ini juga diberikan bagi pelanggan sosial daya 220 VA sd 900 VA. Selain itu pelanggan bisnis dan industri dengan daya 900 VA juga dapat pengurangan biaya beban. PLN menyebutkan jika pemakaian pelanggan di bawah kWh minimum, maka pelanggan cukup membayar sesuai pemakaian kWh-nya. Stimulus dari pemerintah ini diberikan untuk meringankan beban pelanggan menghadapi pandemi COVID-19. (Tempo)

Update COVID-19 global: perekonomian AS terburuk sejak PD II dan rekor kasus tertinggi di Jepang.

Ekonomi AS mengalami kuartal terberat sejak Perang Dunia II seiring penurunan GDP yang drastis hingga 32,9%. Salah satu penyebab utama penurunan ini adalah penutupan ekonomi yang dilakukan pada Maret dalam rangka memperlambat penyebaran virus di seluruh bagian AS. Sementara itu dari Jepang dikabarkan bahwa peningkatan kasus harian mencetak rekor terbaru kemarin, yakni 1.274 kasus. Tokyo sendiri berencana akan merilis status gawat darurat.

Dari Vietnam dilaporkan Ho Chi Minh City menutup bar dan klub malam dan melarang pertemuan lebih dari 30 orang mulai Kamis tengah malam kemarin. Tercatat ada dua kasus baru di Ho Chi Minh City yang dikaitkan dengan wabah Danang. Sementara itu pemerintah Filipina mencatat sebanyak 3.954 kasus baru kemarin, angka terbesar sejauh ini. Dari Eropa dikabarkan bahwa Swedia yang menerapkan pendekatan lebih longgar dalam menghadapi pandemik, akan terus menganjurkan warganya untuk bekerja dari rumah, seiring jumlah kasus yang melebihi 80.000. Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 17.061.855, dengan 667.808 kematian dan 9.990.348 kesembuhan. (The Guardian)

Jepang akui korban radioaktif Hiroshima.

Untuk pertama kalinya Jepang mengakui korban-korban yang terpapar radioaktif “hujan hitam” sebagai penyintas bom atom, yang terjadi setelah serangan yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada 1945 di Hiroshima. Pengakuan ini diberikan oleh Pengadilan Negeri Hiroshima yang memerintahkan pemerintah lokal untuk menyediakan tunjangan medis yang sama dengan yang diterima para penyintas lain. Pengadilan ini mengatakan bahwa 84 penggugat yang berada di luar zona ketika bom jatuh juga mengalami sakit yang sama dan pantas diakui sebagai korban bom atom. Semua penggugat ini sekarang berusia lebih dari 70 tahun, beberapa di antaranya bahkan 90an tahun. (Washington Post)

Emmys akan diselenggarakan secara virtual.

Tak lama setelah pengumuman nominasi, pihak penyelenggara Emmys mempublikasikan bahwa seremoninya akan dilakukan secara virtual. Para nomine diminta untuk mempersiapkan diri dan berpartisipasi dari rumah, atau di manapun mereka berada. Belum ada informasi detail tentang skema acara, tapi tim sedang bekerja sama dengan Jimmy Kimmel, sang pembawa acara, agar pengambilan gambar berjalan dengan baik dan bagus. (Variety)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 31 Juli 2020, pastikan kamu mengecek bagaimana sebenarnya urutan pemakaian skincare yang tepat.

podcast button