5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 31 Agustus 2020

Morning Briefing 31 Agustus 2020
Foto: www.unsplash.com

Selamat hari Senin! Jika kamu ingin merasa lebih tua, empat hari yang lalu Macaulay Culkin baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-40 (ekspresi histeris dengan kedua tangan di wajah). Tetap pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak saat berada di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar. Semoga harimu menyenangkan dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 31 Agustus 2020.

Klarifikasi KPAI tentang Surat Komnas Perlindungan Anak soal ‘anjay‘.

Komisioner KPAI Retno Listyarti menyatakan bahwa surat berisi pernyataan tentang kata ‘anjay‘ tidak dikeluarkan pihaknya, melainkan Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA). Surat ini berisikan permintaan Komnas PA agar penggunaan kata ‘anjay‘ dihentikan karena dinilai bisa berpotensi dipidana. Dan banyak yang menyangka pernyataan ini dibuat oleh KPAI. Retno menegaskan KPAI bukanlah LSM atau lembaga non pemerintah, melainkan lembaga negara, yang dalam memproses suatu kasus, menjunjung kehati-hatian dan tidak akan terburu-buru. KPAI sendiri baru akan membahas aduan tentang kata ‘anjay‘ hari ini. (Detik)

Jakarta menambahkan kasus COVID-19 baru terbanyak.

Juru Bicara Wiku Adisasmito menyampaikan penambahan kasus harian dan kasus kesembuhan COVID-19 terbanyak datang dari DKI Jakarta. Yakni, 1.094 kasus baru dan 366 orang sembuh. Kemudian disusul provinsi Jawa Timur yang mendeteksi 466 kasus baru dan 223 kasus kesembuhan. Disusul Kalimatan Barat (197 kasus baru), Jawa Tengah (138) dan Riau (134 kasus baru). Secara nasional, terdapat 172.053 pasien, dengan kesembuhan total 124.185 orang dan 7.343 meninggal. (Medcom)

Pertarungan menemukan perdana menteri Jepang yang baru.

Pengunduran diri Shinzo Abe sebagai perdana menteri Jepang Jumat lalu karena alasan kesehatan, membuka pencarian kandidat pengganti di partainya, Partai Demokrasi Liberal (LDP). Sejumlah nama diperkirakan berlaga, di antaranya Fumio Kishida (mantan menteri luar negeri) dan Shigeru Ishiba (mantan menteri pertahanan), dan Yoshihide Suga (Ketua Sekretaris Kabinet Jepang). Selain itu, ada Seiko Noda (mantan menteri dalam negeri) dan Tomomi Inada (mantan menteri pertahanan). Daftar nama calon kandidat kemungkinan akan diumumkan oleh LDP pada Selasa. Biasanya, pemilihan pemimpin diselenggarakan oleh anggota parlemen LDP bersama dengan anggota akar rumput selama satu bulan. Namun dalam kasus pengunduran diri mendadak, pemilihan luar biasa bisa diadakan dengan peserta meliputi anggota parlemen dan perwakilan LDP cabang lokal. Kontes pemimpin ini akan diselenggarakan pada13-15 September. (Reuters).

Update COVID-19 global: rekor dunia di India dan influencer dibayar untuk promosikan sistem tes dan lacak di Inggris.

India mencetak rekor dunia kasus baru harian terbanyak kemarin, yakni 78.761 dalam waktu 24 jam. Negara ini juga melaporkan 63.000 kasus kematian. Sementara itu, pemerintah Inggris mengakui telah membayar media sosial influencer dan bintang TV untuk mempromosikan sistem NHS Test and Trace karena gagal mencapai target 80%-nya. Juru bicara pemerintah mengatakan bahwa pemerintah Inggris memiliki tanggung jawab untuk “menggunakan sebanyak mungkin cara” untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi selama pandemi.

Dari Korea Selatan dilaporkan jumlah kasus baru COVID-19 meningkat sehingga pemerintah menutup pusat kebugaran dan kursus usai-jam-sekolah, serta melarang makan di tempat di restoran di Seoul dan sekitarnya. Dan China sepertinya akan keluar sebagai “juara” dalam pertandingan pembuatan vaksin karena sekitar empat dari tujuh kandidat sudah memasuki uji coba final pada manusia. Meski begitu, sejumlah pihak khawatir tentang kualitasnya dan vaksin ini bisa digunakan untuk kepentingan politik. Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 25.051.178, dengan 843.641 kematian, dan 16.468.737 kesembuhan. (Telegraph)

Chadwick Boseman, pemeran Black Panther, meninggal dunia.

Menurut publisisnya, Chadwick Boseman (43 tahun) meninggal di rumahnya di Los Angeles, dengan istri dan keluarganya berada di sisinya. Boseman didiagnosa mengidap kanker usus besar sejak empat tahun yang lalu, tapi tidak pernah membicarakan hal ini secara terang-terangan. Dalam pernyataan resmi keluarganya, saat syuting sejumlah film, Boseman melakukannya ketika sedang menjalani berbagai operasi dan kemoterapi. Selain berperan sebagai King T’Challa di Black Panther, Boseman membintangi sejumlah film lain seperti Get on Up (sebagai James Brown), 42, dan beberapa proyek terbaru di antara Da 5 Bloods (Netflix), dan Ma Rainey’s Black Bottom (drama Netflix yang akan segera dirilis). (The Hollywood Reporter)

Selanjutnya: Usia membaca Morning Briefing 31 Agustus 2020, jangan lupa mengecek apa yang sebaiknya dilakukan jika ada benjolan di vagina.


 

podcast button