5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—30 September 2019

Foto: www.canva.com

Hari Senin lagi. Sebelum memulai hari ini, berikut lima hal yang wajib kamu tahu.

Dari dalam negeri, Pemerintah diberitakan sedang mempersiapkan rancangan Perppu KPK.

Hal ini diisyarakatkan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, meski belum diketahui kapan rancangan tersebut akan rampung. Akan tetapi, sejumlah tokoh politik menilai langkah tersebut kurang tepat karena UU tersebut belum dijalankan. Baca berita lengkapnya di sini.

Dan dari Ambon, walikota Richard Louhenapessy mendeklarasikan 14 hari gawat darurat setelah terjadi gempa berkuatan 6,5.

Gempa tersebut terjadi pada Kamis lalu di Ambon dan dua daerah lain di provinsi Maluku. Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo, kemarin mengatakan bahwa bencana tersebut mengakibatkan paling tidak 30 orang meninggal dan 156 terluka, dan 700 bangunan rusak. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, Cannes akan melarang sejumlah kapal layar masuk ke wilayahnya untuk menciptakan kualitas udara yang lebih bersih.

Menurut kota yang terkenal atas film festival tersebut dan merupakan salah satu kota Prancis dengan pelabuhan terbesar, pelarangan ini akan menarget kapal-kapal yang tidak menaati peraturan batas 0,1% sulfur dalam bahan bakar mereka. Ketentuan baru yang akan diberlakukan tahun depan ini pastinya akan mempengaruhi jumlah wisatawan yang akan datang ke kota ini. Sementara itu, banyaknya kapal pesiar yang masuk ke kota ini seringkali dikritik penduduk lokal karena dianggap membahayakan lingkungan hidup sekitar. Baca berita lengkapnya di sini.

Ilmuwan Cina berhasil mengembangkan 500 megapixel facial recognition camera.

Artinya, kamera ini bisa melihat sebuah objek di tengah ribuan orang di jalanan atau stadium—empat kali lebih detail dari mata manusia. Disebut-sebut sebagai ‘super camera‘, teknologi dipubliskasikan di China’s International Industry Fair minggu lalu. Meski merupakan sebuah gebrakan besar dari dunia teknologi, perkembangan ini menimbulkan kekhawatiran dari kalangan pemerhati kebebasan sipil karena pertumbuhan teknologi yang berkaitan dengan artificial intelligence berkembang terlalu cepat. Baca berita lengkapnya di sini.

Olahraga pagi untuk otak dan jari telunjukmu: bisakah kamu menunjukkan di mana macan tutul sedang rileks dan tiduran di gambar ini?

Yep, terdapat macan tutul di gambar ini—jadi bukan hoax. Gambar ini diambil oleh seorang fotografer di India dan seorang warga Twitter bernama Bella Lack, 16 tahun, memposting gambar ini dan bertanya “can you spot it?” Dan sudah bisa ditebak, warga Twitter heboh. Jadi, bisakah kamu menunjukkan di mana hewan yang jagonya kamuflase itu sedang sunbathing? Baca berita lengkapnya di sini. Oh, seandainya kamu penasaran dan ingin ikutan menebak, ini gambarnya.

Foto: @BellaLack Twitter