5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 30 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Hari Rabu telah tiba! Sesibuk apa kamu hari ini? Sesibuk apa pun, jangan lupa makan sayur, ya. Dan jangan lupa juga meng-update diri dengan lima informasi berikut ini.

Hayo, siapa yang bercita-cita jadi pegawai negeri sipil?

Impianmu itu mungkin bisa terwujud karena sebanyak 27 pemerintah daerah akan membuka pendaftaran dan tes CPNS. Sesuai janji, pelaksanaan akan dimulai pada 11 November 2019. Dan ada berita baik untuk kamu yang berdomisili di Jawa karena tercatat kota DKI Jakarta membuka 3.958 formasi dan Jawa Timur dengan 1.934 formasi. Baca daftar lengkapnya di sini.

Sementara itu, pemerintah bertekad untuk memungut pajak dari perusahaan digital berbasis internasional. 

Salah satunya, Netflix! Kenapa selama ini masih sulit melakukannya? Karena kantor perusahaan digital tersebut tersebut tidak memiliki kantor permanen (permanent establishment) atau badan usaha tetap (BUT) di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kemarin di Hotel Borobudur, Jakarta. Cara yang ditempuh pemerintah Indonesia yakni dengan mewajibkan seluruh perusahaan digital memiliki kantor permanen di Indonesia. Semoga berhasil! Baca berita lengkapnya di sini.

Cina semakin manteb merilis mata uang digital sendiri.

Setelah misi Facebook mengeluarkan Libra mandek, Cina akan merilis mata uang digital sendiri. Ini berarti negara tersebut akan menjadi negara pertama yang mata uang digitalnya didukung oleh pemerintah. Cina memang sudah melakukan berbagai penelitian mendalam tentang mata uang digital sejak 2014. Tidak hanya itu, parlemen negara tersebut juga baru-baru ini mengesahkan undang-undang kriptografi yang akan berlaku mulai 1 Januari tahun depan. Undang-undang ini akan mendukung penelitian teknologi blockchain. Berbeda dengan Libra, mata uang digital di Cina ini akan sepenuhnya diatur oleh bank negara. Baca berita lengkapnya di sini.

Lego mendirikan ‘kampus’ baru!

Iya, Lego yang membuat mainan itu, lho. Kampus ini terletak di Billund, Denmark dan terinspirasi dari sebuah lukisan yang terdapat di kantor pemilik lego, Kjeld Kirk Kristiansen. Bentuk fase pertamanya sudah selesai dan sudah dibuka untuk umum tanggal 28 Oktober. Nantinya jika sudah selesai (diperkirakan pada tahun 2021), bangunan Lego ini akan memiliki luas 54.000 meter persegi dengan 2000 staf terbuat dari Lego. Untuk membuat bangunan ini lebih ramah lingkungan (Lego sering dikritik karena produk yang digunakannya berbahan plastik), kampus baru ini akan dilengkapi dengan 4.150 panel solar. Baca berita lengkapnya di sini.

Selena Gomez menghapus postingan tentang Kardashian!

Ouch! Jadi, begini ceritanya: kemarin Selena membagikan fotonya yang sedang memakai baju dari koleksi Kim Kardashian. Di postingan tersebut, dia memuji baju tersebut dengan, “nyaman banget” dan menyebut @skims. Selanjutnya… well, bisa ditebak! Para penggemar Taylor Swift menuduhnya tidak setia dan berhati busuk. FYI, untuk kamu yang baru saja mengikuti berita hiburan, Selena dan Taylor adalah BFF, sementara Taylor dan Kim adalah yah… semacam musuh bebuyutan (katanya). Alhasil, Selena menghapus postingan tersebut dan menggantikannya dengan puja-puji untuk Taylor. Phiuuh, social media pressure memang kejam. Untung postingan Instagram bisa dihapus, ya! Baca berita lengkapnya di sini.