5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 30 November 2020

Morning Briefing 30 November
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Hello! Senin datang kembali, dan semoga kamu bisa menjalaninya dengan baik. Tetap pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak di tempat umum, dan cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 30 November 2020.

Rekor kasus harian COVID-19 di Indonesia.

Pada Minggu (29/11/2020), penambahan kasus baru COVID-19 mencapai rekor, yaitu 6.267 orang. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Provinsi Jawa Tengah memiliki kasus positif tertinggi yakni 2.036 orang, diikuti DKI Jakarta dengan 1.431 orang, Jawa Timur (412 kasus), Sumatera Barat (273 kasus) dan Jawa Barat (228 kasus). Penambahan jumlah kasus positif di Indonesia terus mengalami peningkatan. Sejak dua hari terakhir, yakni tanggal 27 dan 28 November, penambahan jumlah kasus positif di atas angka 5.000 kasus. (CNN Indonesia)

10 lembaga negara nonstruktural dibubarkan.

Presiden Joko Widodo resmi membubarkan 10 lembaga nonstruktural karena alasan efektivitas dan efisiensi. Selanjutnya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dari 10 lembaga negara tersebut dialihkan ke kementerian terkait. Pengalihan akan diselesaikan paling lama 1 (satu) tahun sejak tanggal diundangkan Peraturan Presiden. Lembaga yang dihapuskan itu di antaranya Dewan Riset Nasional, Dewan Ketahanan Pangan, Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan. (Liputan6)

Update COVID-19 global: Inggris negara pertama setujui vaksin, dan restriksi ketat di Korsel.

Inggris kemungkinan akan menyetujui pemakaian vaksin Pfizer-BioNTech minggu ini, sehingga menjadikannya sebagai negara pertama yang melakukannya. Proses imunisasi akan dilakukan mulai 7 Desember. Sementara itu Rusia dan China juga telah menyetujui penggunaan vaksin untuk publik, tapi kemungkinan besar tidak akan beredar di Amerika Serikat dan Eropa.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 14 Desember 2020

Sementara itu pemerintah Korea Selatan menyatakan bahwa peraturan social distancing akan tetap diterapkan di sekitar Seoul, yang melarang aktivitas di klub malam, bar karaoke dan restoran buka hingga pukul 9 malam. Dan akibat situasi yang semain memburuk, otoritas Hong Kong menghentikan semua kelas tatap langsung di semua TK, SD, dan SMP, termasuk sekolah untuk siswa berkebutuhan khusus. Sejumlah negara lain juga menerapkan restriksi ketat, di antaranya Jerman hingga awal musim semi 2021, Yunani, Belgia, dan beberapa wilayah di Amerika Serikat. Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah adalah 62.378.353, dengan 1.454.819 kematian, dan 39.940.303 sembuh. (Bloomberg)

Monolit logam "alien" menghilang.

Sebuah monolit logam perak yang ditemukan di gurun di tenggara Utah, Amerika Serikat—yang keberadaannya dikaitkan dengan teori aiien—telah menghilang. Pihak otoritas menyatakan bahwa pemindahan dilakukan oleh "pihak tidak dikenal" pada Jumat malam. Menurut pihak terkait monolit tersebut diinstal secara ilegal di tanah publik. Logam monolit panjang ini ditemukan pertama kali pada 18 November oleh petugas Biro Penerbangan Utah saat sedang terbang dengan helikopter dan melihat sebuah sesuatu yang seperti di film "2001: A Space Oddyssey." Meski lokasinya tidak diberitahukan oleh pihak otoritas, sejumlah orang sudah berhasil menemukannya. (CNN)

Darth Vader meninggal.

Aktor pertama yang membintangi Darth Vader, David Prowse, meninggal dunia. Prowse (85 tahun) menjadi Darth Vader (hanya fisik, bukan suaranya) menjadi Darth Vader di trilogi Star Wars meninggal pada Sabtu pagi setelah sakit. Selain sebagai Darth Vader, Prowse juga menjadi monster Frankenstein di tiga film, yakni Casino Royale (1967), The Horror of Frankenstein (1970) dan Frankenstein and the Monster From Hell (1974). Prowse berperan sebagai Darth Vader di Star Wars (1977), Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983) dan memutuskan pensiun dari dunia akting pada 2017. (The Hollywood Reporter)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 10 Agustus 2020

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 30 November 2020, jangan lupa membaca tentang bagaimana menghadapi anak yang selalu main hape.