5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 30 Juli 2021

Morning Briefing 30 Juli 2021
Foto: www.canva.com

T.G.I.F! Tetap terapkan protokol kesehatan dan tetaplah bertahan! Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 30 Juli 2021.

Kematian di luar Jawa-Bali akibat COVID-19 meningkat.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan hal tersebut merupakan peringatan bagi pemerintah daerah. Jika dilihat dari 10 provinsi yang mengalami kenaikan kasus kematian mingguan per 25 Juli 2021, ada lima provinsi penyumbang kasus kematian dari luar Jawa dan Bali. Yakni Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan. (Tempo)

Pemerintah siapkan aturan buka mal di wilayah terapkan PPKM Level 4.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membantah kabar pembukaan pusat keramaian dalam waktu dekat. Namun, pemerintah memang sedang mematangkan sejumlah aturan untuk persiapan. Salah satunya, pengunjung wajib sudah divaksin dengan menunjukkan buktinya saat masuk ke toko atau mal. (CNN Indonesia)

Update COVID-19 global: Vaksin booster, dan penambahan kasus.

Jepang berencana untuk memperpanjang status tanggap darurat di Tokyo dan empat wilayah lainnya karena jumlah kasus harian nasional melampaui angka 10.000 untuk pertama kalinya. Hal ini semakin menimbulkan kekhawatiran atas Olimpiade Tokyo dan fakta terjadi penambahan kasus di sana.

Di sisi lain, Pfizer memprediksikan pada Rabu bahwa dunia akan membutuhkan vaksin booster dalam waktu dekat. Deklarasi ini dipublikasikan setelah perusahaan tersebut memperlihatkan vaksinnya tetap efektif enam bulan setelah vaksin. Sementara itu, Israel akan menawarkan vaksin booster ketiga untuk lansia.

Thailand melaporkan rekor jumlah kasus baru harian dan kematian, mencatat ada 17.669 infeksi dan 165 pasien meninggal. Dan tetangganya, Kamboja, menerapkan lockdown di provinsi-provinsi di sepanjang perbatasan. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 196.095.694, dengan 4.189.237 kematian, dan sebanyak 3.994.436.751 dosis vaksin sudah diberikan. (Washington Post)

Perdana Menteri Malaysia didesak mundur.

Pasalnya, pemerintah dianggap tidak becus menangani situasi emergensi berkaitan dengan pandemi COVID-19 di sana. Awal minggu ini, pemerintah mengatakan bhawa pada 21 Juli telah membatalkan semua aturan yang berkaitan dengan status tanggap darurat yang berlaku sejak Januari. Menanggapi pembatalan tersebut, pihak istana mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil pemerintah tanpa persetujuan raja sehingga bertentangan dengan konstitusi. (Reuters)

Arthur, seri animasi terpanjang dalam sejarah, tamat.

Acara animasi anak-anak yang sudah ada selama 25 tahun tersebut akan berakhir pada awal 2022. Sebagai informasi, Arthur menceritakan tentang karakter utamanya, tapir berusia 8 tahun saat berada di antara keluarga, teman dan di sekolahnya. Acara ini sering mendapatkan pujian karena berhasil menghadirkan karakter dari berbagai budaya, status sosial dan latar belakang keluarga. (NPR)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 30 Juli 2021, jangan lupa mengecek bagaimana agar mendapat pasangan baik saat menggunakan aplikasi jodoh.