5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—3 September 2019

Foto: www.canva.com

5 hal yang harus kamu tahu hari ini.

  1. Akhirnya Panitia Seleksi KPK menyodorkan 10 nama calon pimpinan KPK. Daftar ini diserahkan kepada Presiden Joko Widodo, dan selanjutnya akan diberikan kepada DPR untuk digelar uji kelayakan dan kepatutan, dan dipilih 5 nama capim KPK. Baca 10 nama tersebut di sini.
  2. Siapkan si kecil—dan mentalmu—karena Pinkfong Baby Shark Live Musical akan mampir ke Indonesia. Lagu yang dihapal oleh semua anak kecil—dan setiap orang yang memiliki anak atau keponakan balita—ini akan dinyanyikan di tiga kota besar, yakni Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Baca berita lengkapnya di sini.
  3. Perempuan di Jepang menemukan cara baru untuk membuat jera pelaku pelecahan seksual, yaitu, dengan menstempel sang pelaku dengan tinta tak terlihat. Menurut sebuah survey, hampir dua per tiga perempuan Jepang pernah diraba-raba secara tidak senonoh, dan hanya 10% yang memberikan laporan. Untuk itu, Shachihata, sebuah perusahaan perangko dan alat-alat tulis, meluncurkan anti-groping stamps yang diharapkan bisa menjadi salah satu alat membuat pelaku jera atau terjerat hukum. Dan dalam 30 menit setelah peluncuran, lebih dari 500 stempel terjual. Baca berita lengkapnya di sini.
  4. Netflix merilis daftar original film dan acara untuk September 2019. Tepatnya ada 41 acara/film baru, di antaranya seri terbaru The Chef Show, seri Unbelievable (salah satu yang paling ditunggu-tunggu), The Politician, dan sebuah limited series yang dibintangi oleh Sacha Baron Cohen, The Spy. Baca daftar lengkapnya di sini.
  5. Tidak cukup hanya berhenti makan daging, kamu juga harus membuang iPhone dan alat-alat elektronik yang kamu miliki untuk menyelamatkan hutan Amazon. Alasannya? Industri teknologi membutuhkan 335 ton emas per tahun, dan FYI, penambangan emas liar menjarah ratusan ribu hektar hutan hujan di Peru dan Amerika Selatan. Aduh! Baca laporan lengkapnya di sini.