5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 3 Maret 2021

Morning Briefing 3 Maret 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Hi! Apa kabarmu di hari ketiga bulan Maret ini? Semoga masih rajin memakai masker, menjaga jarak di tempat publik, menjauhi kerumunan dan mencuci tangan dengan benar. Sebelum memulai hari, mari membaca lima berita terbaru hari ini yang terangkum dalam Morning Briefing 3 Maret 2021.

Kasus kematian COVID-19 naik 74,80%.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan kasus kematian akibat coronavirus ini meningkat sebesar 74,80 persen pada periode 22-28 Februari 2021. Ini merupakan peningkatan sangat tajam di saat terjadi penurunan angka kematian dalam beberapa minggu terakhir. Menurut catatan, ada lima provinsi yang menyumbang kasus kematian COVID-19 tertinggi pada periode tersebut. Yakni, Jawa Tengah naik 410 kasus kematian, Jawa Barat naik 117, Jawa Timur naik 73, Nusa Tenggara Timur naik 40, dan Sumatera Selatan naik 14. Sementara itu, angka pasien sembuh menurun pada periode yang sama. (Liputan6)

Pemerintah resmi mencabut aturan investasi minuman beralkohol.

Presiden Joko Widodo mencabut aturan investasi minuman beralkohol, termasuk minuman keras (miras). Namun, untuk aturan mengenai perdagangan eceran minuman keras atau beralkohol masih akan tetap berlaku atau tetap dibatasi. Dalam aturan itu alkohol hanya bisa dijual di tempat-tempat khusus seperti di hotel-hotel dan tempat pariwisata. Penjualan minuman beralkohol hanya boleh diberikan kepada konsumen yang telah berusia 21 tahun atau lebih dengan menunjukkan kartu identitas kepada petugas atau pramuniaga. (CNBC Indonesia)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 10 November 2020

Update COVID-19 global: vaksin, dan penambahan kasus.

China berencana untuk memvaksinasi 40% populasinya pada akhir Juni, bahkan ketika negara tersebut menghadapi tantangan, termasuk warga yang menolak untuk divaksin. Sementara itu, empat negara di Afrika dan Asia akan menerima vaksin dari program Covax. Angola, Republik Demokrasi Kongo, Nigeria dan Kambodia akan menerima 11 juta dosis minggu ini. Program ini berencana untuk mengalokasikan 127 juta dosis untuk 142 negara yang berpartisipasi per Mei ini.

Setelah sebuah studi dari Inggris memperlihatkan bahwa dosis pertama vaksin Oxford-AstraZeneca mengurangi keseriusan risiko penyakit ini secara signifikan pada lansia, Prancis memutuskan untuk mengijinkan penggunaan vaksin tersebut. Sebelumnya, Prancis menentang penggunaannya. Turki mulai melonggarkan ruang gerak penduduknya, dengan memperbolehkan restoran dibuka lagi, mencabut jam malam dan mengadakan belajar tatap muka di beberapa sekolah pada Selasa. Sementara itu, WHO mengatakan jumlah kasus positif meningkat pertama kali dalam hampir dua bulan. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 114.563.395, dengan 2.541.319 kematian, dan 64.734.511 sembuh. (New York Times) (Washington Post)

China membuka pintunya untuk kunjungan tim HAM dari PBB ke Xinjiang.

Dengan syarat, tim PBB tersebut tidak berprasangka dan datang bukan dengan tujuan untuk mengutuk kebijakan-kebijakaan yang diambil oleh China. Ketua komisi HAM PBB, Michelle Bachelet, mengatakan bahwa laporan tentang detensi, perlakukan tidak manusiawi, kekerasan seksual dan kerja paksa buruh di Xinjiang membutuhkan asesmen independen dan menyeluruh. Para aktivtis tetap skeptis tentang hasil dari kunjungan ini mengingat akses yang sangat terbatas dari pemerintah China. (Reuters)

iPhone yang bisa dilipat rilis 2023.

Beredar kabar bahwa layar telepon tersebut adalah antara 7,5-8 inci, dengan layar lebih kecil, mirip dengan ukuran iPhone 12 Pro Max. Saat dilipat, layarnya akan berukuran seperti iPad Mini. Belum ada detail siapa yang akan membuat layar lipat tersebut, tapi ada rumor bahwa Apple sedang bekerja sama dengan LG dan Samsung. (The Verge)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 16 Desember 2020

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 3 Maret 2021, jangan lupa mengecek apa tanda jika ada benjolan di selangkangan.