5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 3 Februari 2020

morning briefing 3 Februari 2020
Foto: www.canva.com

Hello! Tahukah kamu bahwa kemarin adalah palindrome day pertama dalam 909 tahun, alias abad ini? Yep, ini artinya ketika kita baca dari depan dan dari belakang—angkanya sama. Palindrome day berikutnya terjadi 101 tahun lagi (12/12/2121) dan 03/03/3030. Hmm, kira-kira secanggih apa rasa mi instan di tahun 3030, ya? Anyway, jangan lupa menikmati udara pagi ini dan berikut lima berita penting yang terangkum dalam Morning Briefing 3 Februari 2020.

Penerbangan langsung dari dan ke daratan China dihentikan untuk sementara mulai hari Rabu, 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB.

Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah mengadakan rapat terbatas di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin (02/02). Selain itu, pemerintah juga mengatakan bahwa semua pendatang dari daratan RRT dan sempat berada di sana selama 14 hari, untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia. Plus, kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di daratan RRT juga untuk sementara dihentikan. Sebelumnya juga diberitakan bahwa 243 WNI yang dievakuasi dari Wuhan telah tiba dengan selamat di Natuna dan akan diobservasi selama 14 hari. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

MNC Group menandatangani dan resmi menjadi pemegang saham mayoritas Anterin.

Dibandingkan dengan Gojek dan Grab, skala pelayanan Anterin terbilang masih kecil: mulai melayani penumpang pada 2018, beroperasi di 100 kota dengan 300.000 pengemudi dan 500.000 pelanggan. Anterin juga mengaku tidak menjadikan kota-kota besar sebagai target utama. Selain itu, start-up ini memiliki sistem jasa yang berbeda, yakni melalui lelang. Ini artinya, pengemudi bisa memutuskan tarif mereka sendiri dan pelanggan bisa memilih sesuai dengan harga dan kendaraan yang mereka inginkan. Transaksi antara MNC Group dan Anterin ini akan final pada akhir Februari. Baca berita lengkapnya di Tech in Asia.

Facebook akan menghapus konten tentang coronavirus yang mengandung klaim bohong atau teori konspirasi.

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah unggahan blog yang juga menyatakan bahwa konten dengan informasi yang salah tersebut bisa “membahayakan fisik”. Kebijakan ini dianggap sebuah langkah yang agresif karena biasanya media sosial terbesar di dunia itu memperbolehkan unggahan asli tentang “health misinformation” tetap tayang. PolitiFact, sebuah inisiatif pengecekan fakta, mengatakan bahwa “misinformasi” ini mencakup hoax tentang penyebaran, sumber, pengobatan dan konspirasi teori seputar coronavirus. Sebelumnya, Facebook telah mencopot misinformasi tentang vaksin di Samoa, di mana wabah campak membunuh lusinan orang tahun lalu. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Air radioaktif dari reaktor nuklir Fukushima disarankan untuk dibuang ke laut.

Usul tersebut diberikan oleh ahli panel di bawah kementerian industri kepada pemerintah Jepang. Kesimpulan ini diambil setelah sebelumnya terdapat dua pilihan, yakni membuang air terkontaminasi itu ke Laut Pasifik atau membiarkannya menguap. Panel ini memilih opsi yang pertama. Opsi ini dipilih karena menurut para ahli, hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih aman. Belum ada tanggal pasti kapan rekomendasi ini akan diajukan secara resmi kepada pemerintah. Sebagai informasi, sejauh ini, air yang terkontaminasi yang dikumpulkan berjumlah 1,2 juta ton dan disimpan dalam tank-tank raksasa di area reaktor nuklir. Pihak pengadaan tank mengatakan area tersebut akan kehabisan tempat untuk menyimpan air tersebut pada 2022. Baca berita lengkapnya Straits Times.

Tagar #JusticeForJohnnyDepp menjadi trending di Twitter seiring semakin banyaknya penggemar Johnny Depp yang memberikan dukungan.

Hal ini menyusul bocornya rekaman audio yang mengungkapkan Amber Heard mengakui bahwa dirinyalah yang memulai perkelahian fisik dengan mantan suaminya itu. Di dalam rekaman suara yang didapat oleh Daily Mail terdengar pasangan tersebut berargumen dan Heard mengakui “memukul” Depp dan melemparinya dengan panci dan wajan dalam sebuah pertengkaran fisik. Tahun lalu, Depp mengajukan tuntutan hukuman sebesar $50 juta dengan mengatakan bahwa Heard melakukan pencemaran nama baik setelah aktris tersebut mempublikasikan sebuah editorial opini di The Washington Post tentang perlakuan kejam yang dialaminya saat menikah. Meski Heard tidak menyebut nama Depp secara eksplisit, namun aktor tersebut mengklaim bahwa mantan istrinya itu sedang membicarakannya. Selama ini, Depp selalu menyangkal tuduhan tersebut. Keduanya bertemu di lokasi syuting film The Rum Diary pada 2011, dan menikah pada 2015, lalu bercerai dua tahun kemudian. Baca berita lengkapnya di Newsweek.

Usai menyantap Morning Briefing 3 Februari 2020, jangan lupa membaca hasil studi terbaru ini tentang kaitan frekuensi hubungan seks dan menopause.

podcast button