5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Hari Ini – 3 April 2020

Morning Briefing 3 April 2020
Foto: www.unsplash.com

Hi, hari Jumat nih, apa rencanamu akhir pekan ini? Berhubung lebih baik tetap di rumah, bagaimana jika menonton Netflix? Coba masukkan ini ke dalam daftarmu: “Tiger King: Murder, Mayhem, and Madness“, “Altered Carbon” dan “Terrace House“. Judul yang terakhir, akan membuatmu ketagihan. Seperti biasa, semoga harimu menyenangkan, tetap cuci tangan dan tinggal di rumah, serta jangan terlalu keras pada diri sendiri. Kita pasti bisa melalui ini. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 3 April 2020.

BPJS Kesehatan bersiap mengembalikan iuran ke tarif semula.

Sesuai dengan Putusan Mahkamah Agung terkait pembatalan iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk segmen PBPU, BPJS siap mengembalikan iuran ke tarif semula. Saat ini, pihak BPJS masih penerbitan Perpres pengganti Pepres 75/2019 pasal 34 yang tidak akan memiliki kekuatan hukum atau dibatalkan. Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan bahwa kelebihan pembayaran yang telah dilakukan oleh masyarakata akan dikembalikan segera setelah ada aturan baru. Sebelumnya, MA mengabulkan judicial review atas Perpres 75/2020 pada awal Maret 2020 yang diajukan oleh Komunitas Pasien Cuci Darah (KPCDI) yang keberatan dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Update COVID-19 Indonesia: pasien terinfeksi berjumlah 1.790 orang, dengan 170 meninggal dan 112 orang sembuh.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menyatakan bahwa pasien meninggal akibat COVID-19 bertambah 13 orang dalam waktu 24 jam terakhir. Data dari pemerintah memperlihatkan bahwa penambahan 13 pasien meninggal berasal dari 5 provinsi. DKI Jakarta melaporkan terdapat penambahan 5 orang pasien, sedangkan Jawa Barat dengan 4 orang. Selanjutnya, di Jawa Timur ada 2 orang meninggal, Lampung 1 orang, dan DI Yogyakarta ada 1 orang. Secara akumulatif, ibukota Jakarta adalah provinsi dengan kasus meninggal tertinggi, yakni 90 orang. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Pendiri dan mantan CEO WeWork mengancam akan menuntut SoftBank.

Adam Neumann mengancam akan menuntut Softbank, investor terbesar ruang kerja tersebut, setelah menarik diri dari perjanjian untuk membeli $3 miliar saham WeWork. Hampir $1 miliar di antaranya adalah miliki Neumann. Softbank mengatakan terpaksa membatalkan perjanjian tersebut karena WeWork gagal memenuhi beberapa persyaratan. Investor ini menyebutkan “sejumlah investigasi kriminal baru dan tertunda yang signifikan” menjadi salah satu penyebab pembatalan tersebut. Ini artinya, Softbank tidak memiliki kewajiban untuk menyediakan dana sebesar $1.1 miliar untuk membayar utang WeWork. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Update COVID-19 global: Sebanyak 962.000 orang terinfeksi, lebih dari 50.230 orang meninggal dan 202.900 sembuh.

Menurut data dari Johns Hopkins University, lebih dari 5.000 orang meninggal di Amerika Serikat. Sementara itu, angka kematian mencapai 13.100 di Italia dan menjadikannya negara dengan korban terbanyak; meski awal minggu ini memperlihatkan tanda-tanda melambat. Dan Spanyol berada di urutan kedua dengan lebih 10.000 orang meninggal dari 110.200 kasus. Saat ini, Spanyol, Italia dan Prancis sudah melaksanakan karantina menyeluruh untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Baca berita lengkapnya di Newsweek.

Koala di Australia mulai dilepas kembali ke hutan.

Di tengah pandemik COVID-19, ada kabar baik datang dari Australia: grup koala pertama yang berhasil diselamatkan mulai dikembalikan ke hutan. Koala tersebut diselamatkan dari bencana kebakaran hutan tahun lalu, dan sejak itu dirawat di kebun binatang dan rumah sakit hewan. Pelepasan ini dilakukan setelah musim kebakaran hutan 2019/2020 di Australia usai per 31 Maret 2020. Berkat curah hujan yang tinggi dan tumbuhnya banyak tanaman di sekitar hutan, para koala tersebut akan memiliki tempat tinggal layak dan bahan makanan di dalam hutan. Pihak Australia mengatakan bahwa hewan tersebut akan terus dipantau untuk memastikan proses adaptasi mereka berjalan dengan lancar. Baca berita lengkapnya di Independent.

Seperti biasa, setelah menikmati Morning Briefing 3 April 2020, pastikan mengetahui kenapa ada banyak jenis masker wajah di dunia ini.

podcast button