5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 29 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Akhirnya Senin terlewatkan, dan Selasa akan dijalani. Semoga harimu menyenangkan—kalaupun tidak, mari memiliki pemikiran bahwa hari ini pun akan berlalu (sama seperti Senin!). Sebelum kamu memulai kesibukanmu, mari membaca lima info berikut ini.

Klarifikasi datang dari pemda DKI Jakarta.

Setelah tersiar kabar anggaran dana 5 milyar untuk membayar influencer tahun 2020, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI memberikan penjelasan lebih lanjut. Yakni, bahwa anggaran tersebut akan digunakan tidak hanya untuk para influencer, tapi juga dipakai untuk berbagai kegiatan pariwisata di Jakarta tahun depan. Jadi, bukan satu influencer RP1 milyar. Baca berita lengkapnya di sini.

Banjir melanda Sumatera Utara dan ribuan warga harus mengungsi.

Hujan lebat yang mengguyur kabupaten Batubara, Sumatera Utara, dalam sepekan ini mengakibatkan banjir di 11 wilayah. Akibatnya, ribuan rumah terkena banjir dan ribuan orang terpaksa diungsikan ke tempat evakuasi. Sementara itu angin puting beliung juga melanda kawasan pemukiman di kampung Kuala Indah, kawasan Air Putih dan merusak sejumlah rumah. Para warga akan tetap berada di tempat pengungsian sampai air surut. Baca berita lengkapnya di sini.

Belgia memiliki perdana menteri perempuan pertama.

Sophie Wilmès (44 tahun) lantik menjadi perdana menteri dan merupakan perempuan pertama yang menjabat posisi tersebut dalam 189 tahun sejarah Belgia. Wilmès menggantikan pemimpin partai liberal Charles Michel, yang akan menjadi presiden Dewan Eropa pada 1 Desember mendatang. Wilmès memiliki karier politik yang cemerlang sejak bergabung di pemerintahan federal Belgia sebagai menteri anggaran di tahun 2015. Lahir di Brussel dari keluarga politikus, dia memulai kariernya sebagai anggota dewan lokal di ibukota Belgia tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.

Apakah kamu pemakai Spotify (yang gratisan juga nggak papa kok, jangan malu)?

Jika iya, berarti kamu adalah satu dari pengguna yang menyebabkan platform tersebut meraup profit. Ini adalah rekor pertamanya sepanjang 13 tahun Spotify eksis dan sesuatu yang jauh dari perkiraan mereka selama ini. Platform ini mengungkapkan bahwa dia memiliki 113 juta pelanggan berbayar, dan jika dihitung dengan pengguna gratis, Spotify mempunyai 248 juta pengguna aktif per bulan. Bahkan kata mereka, performa Spotify lebih bagus dibandingkan Apple Music dan Amazon Music. Wuidih! Baca berita lengkapnya di sini.

Hati-hati jika kamu sedang jalan-jalan di Jepang—dan ingin memfoto geisha.

Capek dengan kelakuan para turis yang seringkali memaksakan kamera mereka di depan wajah geisha yang sedang berjalan di sepanjang Kyoto, residen di distrik Gion turun tangan. Para warga melarang fotografi pada jalur-jalur privat dan jika masih saja ngeyel, para turis bisa dikenakan denda sampai Y10.000 (sekitar RP1,3 juta). Rambu-rambu tentang hal ini sudah dipajang sejak Jumat lalu. Kertas selebaran pun dibagikan kepada turis asing yang berisikan pesan agar menghormati geisho dan maiko (trainee geisha) ketika berpapasan dengan mereka di jalan. Baca berita lengkapnya di sini.