5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 29 November 2019

Foto: www.canva.com

Selamat hari Jumat! Pasti banyak yang sedang terjadi di dunia saat ini, tapi lima berita berikut wajib kamu baca dan tahu hari ini.

Ada wacana menghilangkan Ujian Nasional.

Kabarnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sedang mempertimbangkan menghapus Ujian Nasional (UN). Dan pertemuan untuk mengulas evaluasi kebijakan dan regulasi untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sudah berlangsung, meski belum ada keputusan resmi mengenai nasib UN. Keinginan penghapusan ini diutarakan oleh Nadiem Makarim dua pekan setelah ia resmi menjabat Mendikbud. Nadiem mengatakan akan mengkaji pelaksanaan ujian nasional serta penerimaan siswa baru berdasarkan zonasi. Baca berita lengkapnya di sini.

Lippo Group mengaku menghabiskan $50 juta setiap bulan untuk OVO.

Pernyataan ini disampaikan oleh pendiri Lippo, Mochtar Riady, yang juga mengatakan bahwa selama ini grup tersebut terus “burning money“. Riady juga menambahkan bahwa Lippo sudah menjual 70% sahamnya di OVO kepada pihak lain. Alasannya? Yah, angka pengeluaran fantastis itu. Beredar juga kabar bahwa OVO dan Dana akan melakukan merger. Baca berita lengkapnya di sini.

Korea Utara mengirimkan sebuah pesan Thanksgiving spesial ke Amerika Serikat.

Pesan tersebut “dikirim” kemarin dalam bentuk dua proyektil. Proyektil jarak pendek ini diluncurkan dari Ryonpo, daerah timur Korea Utara pukul 5 sore waktu setempat. Hal ini disampaikan oleh perwakilan resmi Korea Selatan yang juga menambahkan bahwa proyektil tersebut ditembakkan dari sebuah peluncur roket super besar. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa aksi Pyongyang ini merupakan sebuah ancaman bagi kawasan tersebut dan dunia. Sebelumnya, Korea Utara mewanti-wanti tentang kesabaran mereka yang sudah menipis dan menginginkan sanksi ekonomi mereka diakhiri. Baca berita lengkapnya di sini.

Sebuah perusahaan akan membeli semua domain .org yang ada di dunia.

Sebuah private equity bernama Ethos Capital akan membeli Public Interest Registry (PIR), sebuah perusahaan yang memiliki semua domain .org di jaringin web. Akibatnya, para perusahaan nirlaba yang merupakan pengguna mayoritas domain panik dan menandatangi sebuah petisi agar perjanjian tersebut diblokir. Para pengguna tersebut khawatir perjanjian tersebut akan membuat harga domain dan sistem sensor meningkat. Meski transaksi tersebut belum final, tapi kemungkinan besar akan tetap terjadi. Pasalnya, The Internet Society sudah menyetujuinya. Baca berita lengkapnya sini.

The Simpsons mungkin akan berakhir sebentar lagi.

Eits… jangan panik ini, ya. Belum ada kepastian tentang hal ini, tetapi Danny Elfman, komposer di balik musik serial legendaris itu, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa itulah kabar yang dengarnya. Yakni, musim ini kemungkinan akan menjadi musim terakhir tontonan kartun tersebut. The Simpsons, diciptakan oleh Matt Groening, tayang pertama kali di tahun 1989 dan baru-baru ini memulai musim ke-31. Elfman sendiri mengaku tidak pernah menyangka bahwa serial televisi tersebut akan bertahan selama puluhan tahun. Baca berita lengkapnya di sini.