5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 29 Juli 2020

Morning Briefing 29Juli 2020
Foto: www.unsplash.com

Selamat hari Rabu! Semoga hatimu tidak abu-abu, tapi menggebu-gebu karena sebentar lagi long weekend seru! Semoga ada sesuatu yang baik terjadi padamu hari ini. Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 29 Juli 2020.

80 persen kasus COVID-19 di Jakarta sasar usia produktif.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan 80 persen kasus positif COVID-19 di wilayah Jakarta menginfeksi orang usia produktif, yakni usia 18-59 tahun. Wiku juga menjelaskan bahwa kasus positif lebih banyak menyasar laki-laki (52,13 persen), sedangkan kelompok perempuan 47,87 persen. Selain itu, lima kota di wilayah DKI Jakarta kembali berada pada zona merah atau zona risiko tinggi penularan coronavirus. Pada pekan sebelumnya, hanya ada dua zona merah di DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Jumlah kasus harian di Jakarta pun meningkat tajam. Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bisa saja dilakukan lagi jika kondisi semakin memburuk. Dari situs resmi pemerintah per kemarin, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 102.051, dengan 60.539 kematian, dan 4.901 kesembuhan. (CNN Indonesia)

Peraturan pemerintah baru beri perlindungan lebih pada korban terorisme.

Pemerintahan Joko Widodo baru saja meresmikan peraturan baru yang memastikan hak korban terorisme untuk mendapatkan kompensasi atas kerusakan yang dialami di masa lalu. Dirilis pada 7 Juli lalu sebagai implementasi dari Undang-Undang Terorisme 2018, peraturan ini akan memampukan para korban dan keluarga yang mengalami dampak untuk bisa mengajukan kompensasi. Dilakukan melalui Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tanpa menunggu proses pengadilan. Meski begitu, mereka hanya memiliki tiga tahun sejak 2018, atau sampai 2021, untuk mengajukan kompensasi. (The Jakarta Post)

Update COVID-19 global: rencana Turki membuka sekolah dan WHO nyatakan virus ini bukan musiman.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan penyebaran virus ini tidak dipengaruhi oleh musim, sehingga keyakinan bahwa musim panas akan membuat virus ini menghilang adalah salah. Sementara itu, dari Turki dilaporkan bahwa negara tersebut berencana membuka seluruh sekolah pada 31 Agustus, jika stabilisasi jumlah kasus baru yang telah berlangsung selama beberapa ini terus berlanjut.

Dari Jerman diberitakan Kementerian Luar Negerinya menganjurkan para pelancong untuk tidak bepergian ke beberapa wilayah Spanyol, termasuk Catalonia karena angka infeksi yang terus meningkat. Sementara itu, Vietnam memutuskan untuk menutup kota Da Nang selama dua minggu setelah ditemukan 5 kasus baru. Seluruh transportasi publik dari dan ke dalam pusat kota Da Nang ditunda. Dan dari China dilaporkan 68 kasus baru, 64 di antaranya ditularkan secara lokal. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 16.534.345, dengan 655.084 kematian, dan 9.611.440 kesembuhan. (Aljazeera)

Aturan facial recognition mulai berlaku di China.

Pada Minggu (27/7), China mulai memberlakukan regulasi baru yang mengharuskan perusahaan operator telekom untuk memindai wajah pengguna saat mendaftarkan servis mobil terbarunya. Langkah ini diklaim pemerintah untuk menghindari penipuan. Kementerian Industri dan Informasi Teknologi (MITT) tidak mengatakan dengan jelas perusahan mana yang akan menyediakan servis ini dan bagaimana pengaruhnya dengan akun nomor yang sudah ada. Namun yang jelas, China memiliki perangkat lunak tercanggih, di antaranya Megvii dan SenseTime. Dan China berencana untuk menerapkan teknologi yang sama untuk pendaftaran siswa untuk Ujian Nasional Masuk Universitas. (Reuters)

Nominasi 72nd Emmy Awards diumumkan.

Leslie Jones, bersama Laverne Cox dan Josh Gad mengumumkan nominasi Emmy Awards kemarin. Sejumlah seri TV mendapatkan banyak nominasi, di antaranya Dead to Me, Killing Eve, The Morning Show, Ozark, dan The Crown. Berbeda dengan acara tahunan Hollywood lain (Oscar dan Golden Globes), 72nd annual Primetime Emmy Awards tidak bergeser tanggal penayangannya. Jimmy Kimmel dijadwalkan menjadi pembawa acara dan pemenang akan diumumkan pada 20 September 2020 yang kemungkinan dilakukan secara virtual (The Hollywood Reporter)

Selanjutnya: Sehabis membaca Morning Briefing 29 Juli 2020, pastikan kamu mengetahui apa sebenarnya toxic positivity dan dampaknya bagi diri sendiri dan orang lain.

podcast button