5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 29 Januari 2020

Morning Briefing 29 Januari 2020
Foto: www.canva.com

Hello! Setiap kali mengetik, font apa yang kamu selalu menjadi favoritmu? Warga di Twitter sepertinya masih tergila-gila dengan Times New Roman 12 (terutama dengan huruf “f”-nya)! Oh, kamu menolak menjawab pertanyaan tersebut karena akan membuat semua orang isi hatimu yang terdalam? Well, it’s ok. Anyway, selamat menikmati pertengahan minggu ini, tetap cuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet, dan ini lima berita penting yang terangkum dalam Morning Briefing 29 Januari 2020.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengakhiri kerja sama dengan WWF.

Kuntoro Mangkusubroto, Ketua Badan Pembina Yayasan WWF Indonesia, menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama dengan KLHK seharusnya berakhir pada 2023. Menurutnya, keputusan tersebut dilakukan sepihak oleh pemerintah. Dia juga mengaku bahwa sampai saat ini belum mengetahui alasan di balik putusnya hubungan tersebut. Dengan keluarnya keputusan ini, WWF harus menyegerakan transisi kegiatan di wilayah KLHK. Menurut WWF Indonesia, organisasinya masih memiliki 130 proyek dari Aceh sampai Papua. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Masih ada 1,11% rumah tangga di Indonesia yang belum mendapatkan akses listrik.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini yang menjelaskan bahwa dibandingkan 5 tahun lalu, rasio elektrifikasi mengalami peningkatan hingga 14,54%. Lebih lanjut juga dituturkan bahwa saat ini ada 29 provinsi dengan rasio elektrifikasi di atas 95%, dan 4 provinsi 90-95%, serta 1 provinsi dengan rasio elektrifikasi 80-90%. Baca berita lengkapnya di Detik.

Kasus coronavirus di Jerman dan Jepang meningkatkan kekhawatiran bahwa virus ini bisa menyebar dari manusia ke manusia.

Seorang laki-laki di Jepang dan di Jerman yang tidak pernah ke China positif terinfeksi virus ini, sehingga meningkatkan kekhawatiran transmisi penularan dari manusia ke manusia. Laki-laki Jepang berusia 60an tahun itu tidak pernah ke China, tapi menjadi pengemudi bulan ini untuk dua grup turis dari China di Tokyo. Sementara, laki-laki Jerman (33 tahun) terinfeksi virus dari teman wanitanya yang baru saja datang Shanghai. Juru bicara kementerian kesehatan Jerman mengatakan pria tersebut dalam kondisi baik. Kedua kasus ini seperti mengonfirmasi kecurigaan sejumlah dokter di China yang mengatakan bahwa penyakit ini bisa ditularkan oleh pasien yang merasa sehat dan tidak sadar membawa virus tersebut. Akan tetapi, dugaan ini masih diragukan oleh ahli dari negara Barat. Kabar ini menyeruak seiring dengan meningkatnya angka kematian akibat penyakit yang mirip pneumonia ini, yakni menjadi 106 orang. Termasuk, satu kematian yang terjadi di Beijing. Menurut data pemerintah China, 4.515 orang terinfeksi virus ini, naik 60% dari hari sebelumnya. Baca berita lengkapnya di The Times.

Australia mempersiapkan diri menghadapi lebih banyak kebakaran hutan.

Pasalnya temperatur tinggi dan angin kencang akan terjadi minggu ini di negara-negara bagian timur sehingga warga lokal diperingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan. Sejak September, Australia telah berjuang mengatasi kebakaran hutan yang sejauh ini sudah menewaskan 33 manusia dan satu miliar hewan asli. Sementara, 2.500 rumah serta area seluas Yunani telah rusak. Cuaca yang lebih dingin beberapa hari belakang dipergunakan oleh petugas kebakaran untuk mengendalikan api di 100 titik. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Pinterest merilis fitur virtual makeupTry On“.

Fitur terbaru ini akan memungkinkan para pengguna Pinterest mencoba secara virtual produk-produk kecantikan sebelum membelinya. Kali ini masih berlaku untuk lipstik. Untuk melakukan ini, pertama-tama pemilik akun perlu membuka kamera Pinterest, “Lens“. Kedua, cari produk yang ingin dicoba. Ketiga, klik “Try it” untuk mengeksplorasi berbagai pilihan warna yang tersedia. Keempat, jika ingin membeli, kamu hanya perlu “swipe up“. Cara lain melakukan ini adalah dengan mengetik istilah lipstik di mesin pencari Pinterest, misalnya “nude lipstick“, atau “red lipstick“. Pinterest memastikan bahwa foto kamu tidak akan diubah, sehingga kamu bisa tahu persis penampakan lipstik tersebut di wajahmu. Fitur “Try-on” untuk produk kecantikan lain akan tersedia di masa yang akan datang. Baca berita lengkapnya di TechCrunch.

Sudah selesai membaca Morning Briefing 29 Januari 2020? Pastikan kamu membaca ini juga sebelum menerapkan diet rendah-karbo, rendah lemak.

podcast button