5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 29 April 2020

Morning Briefing 29 April 2020
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Bulan April hampir berakhir—apa hal yang paling mengesankan yang terjadi pada bulan ini? Jika sulit bagimu untuk merasa optimis selama beberapa minggu belakangan, coba trik menjadi lebih optimis dari psikolog ini. Selebihnya, semoga kamu bisa menikmati hari ini dan berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 29 April 2020.

Hari keempat Operasi Ketupat: sebanyak 9.393 kendaraan pemudik diminta putar balik.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari hari pertama Operasi Ketupat 2020 yang digelar secara nasional. Aktivitas mudik masyarakat pun mulai menurun. Ini mengindikasikan bahwa titik-titik penyekatan yang dibuat oleh pihak oleh polisi berjalan dengan efektif. Diterangkan bahwa jumlah kendaraan di dua jalur mudik utama, yakni Jakarta arah Jawa, serta Jakarta menuju Sumatera kini mengalami pengurangan yang signifikan. Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo melarang kegiatan mudik demi mencegah penularan COVID-19 makin meluas. Pelarangan itu mulai berlaku bersamaan dengan dimulainya Operasi Ketupat COVID-19 oleh Polri pada 24 April 2020. Baca berita lengkapnya di Detik.

Badan Usaha Milik Negara diminta membuka lahan persawahan baru.

Presiden Joko Widodo meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membuka lahan persawahan baru untuk mencegah ancaman krisis pangan yang bisa terjadi akibat wabah COVID-19. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan bahwa terdapat lebih dari 900.000 hektare lahan basah dan lahan gambut di Kalimantan Tengah, dengan 300.000ha siap ditanami. Walaupun BMKG memperkirakan ancaman kekeringan tidak akan terjadi pada tahun ini, pemerintah melakukan antisipasi dengan membuat perencanaan agar lahan tersebut bisa ditanami padi. Permintaan pembukaan lahan ini sejalan dengan Indonesia yang mulai mengalami defisit bahan pokok di tengah pandemik, di antaranya beras, jagung, cabai, bawang merah, telur ayam, gula pasir dan bawang putih. Sebelumnya, Joko Widodo menyampaikan bahwa defisit pasokan beras sudah terjadi di 7 provinsi. Meski musim panen bulan ini akan berlangsung lancar, pemerintah mengantisipasi adanya kemungkinan gangguan untuk musim panen pada Agustus dan September 2020. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Update COVID-19 global: Singapura meningkatkan jumlah tes harian dan Olimpiade Tokyo mungkin ditunda lagi.

Singapura melaporkan 528 kasus baru kemarin—jumlah terendah selama lebih dari satu minggu; jumlah total kasus infeksi di sana menjadi 14.951. Sementara itu, presiden komite Tokyo 2020 mengatakan bahwa Olimpiade mungkin ditunda lagi jika tahun depan wabah ini masih terus berlanjut. Dan di Bangkok, pihak otoritas berencana membuka kembali ibukota untuk bisnis, meski belum ada detail yang jelas kapan hal ini akan dilakukan. Sementara PBB mengatakan bahwa wabah virus ini akan menyebabkan kelangkaan bahan makanan di Afrika Timur dalam tiga bulan ke depan. Dan hasil uji coba klinis atas obat radang sendi, Kevzara, yang dikembangkan oleh Regeneron dan Sanofi, untuk melawan COVID-19—mengecewakan. Sementara Presiden Donald Trump berencana untuk meminta pertanggungjawaban China atas kerugaian yang dialami Amerika Serikat akibat wabah virus ini. Dan, menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah kasus infeksi global kemarin (28/4) mencapai 3.062.557, dengan 212.221meninggal dan 906.358 sembuh. Baca berita lengkapnya di South China Morning Post.

L’Oreal dan Unilever bersaing untuk membeli Charlotte Tilbury.

Menurut laporan, Unilever, L’Oreal SA, Estee Lauder Companies Inc, Puig, Shiseido merupakan beberapa perusahaan besar yang berlomba untuk membeli merek makeup asal Inggris, Charlotte Tilbury Beauty Ltd. Pendiri merek ini, makeup artist Charlotte Tilbury, saat ini sedang berkonsultasi dengan penasihat di Goldman Sachs Group dan Jefferies Financial Group. Dan diperkirakan bisa mendapatkan kira-kira $1,24 miliar. Belum ada tanggal pasti kapan Charlotte Tilbury akan mengumumkan siapa yang berhasil memenangkan penawaran ini; kemungkinan besar awal Mei. Baca berita lengkapnya di Reuters.

WhatsApp telepon video bisa melibatkan delapan orang.

Sebelumnya servis video call ini hanya bisa berlaku untuk empat orang. Untuk bisa melakukan panggilan video dengan jumlah terbaru ini, setiap orang harus memperbaharui aplikasi tersebut. Untuk memulai panggilan video ini, pengguna bisa memulainya langsung dari group chat atau menambahkan partisipan secara manual setelah menelepon satu orang. WhatsApp memastikan bahwa panggilan video ini memberlakukan end-to-end encrypted. Perubahan terbaru ini baru tersedia di iOS, belum di Google Play Store. Dibandingkan servis video call lain, jumlah tersebut masih sedikit. Google Duo dengan 12 orang, FaceTime 32 orang, Houseparty delapan, Skype dan Messenger Rooms (milik Facebook) 50 orang, dan Zoom versi terbaru dengan 100 peserta video call. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: usai menikmati Morning Briefing 29 April 2020, pastikan kamu mengetahui tentang satu hal yang kamu harus ingat saat mengunggah foto anak di media sosial.

podcast button