5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 28 Mei 2020

Morning Briefing 28 Mei 2020
Foto: www.unsplash.com

Selamat pagi! Apa definisi “new normal” bagimu setelah social distancing dilonggarkan? Untuk mal atau pertokoan sepertinya adalah menghadapi pelanggan dengan menggunakan masker kain, dan restoran hanya boleh memuat 50% dari kapasitas biasa. Ini merupakan sebuah bentuk penyesuaian besar-besaran bagi industri kuliner. Namun, di sisi lain, ada kalangan yang menerima dengan senang aturan jaga jarak. Yep, para introver— yang sangat antusias saat “new normal” nanti terjadi, karena berarti tidak ada small talk, berjabat tangan, dan cium pipi kanan-kiri. Kalau LIMONE, sepertinya akan super bahagia saat konsep office cubicle kembali menjadi bagian dari “new normal“. (Sayonara, open office. Tolong jangan kembali.) Selamat menikmati hari ini, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 28 Mei 2020.

Jabar akan menerapkan new normal 1 Juni 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang juga menyatakan bahwa proses new normal ini akan dikawal oleh TNI dan Polisi. New normal yang akan diterapkan di antaranya membatasi kapasitas mesjid hingga 50%, dan toko-toko menerapkan protokol kesehatan baru (pengunjung memakai masker). Selama 14 hari ke depan, pelatihan disiplin akan dilakukan dengan bantuan Polri dan TNI. Ridwan mengatakan per hari Rabu (27/5) angka reproduksi COVID-19 Jawa Barat berada di angka 1,09 yang artinya dianggap terkendali. Dan untuk dua minggu ke depan, fokus Jabar adalah mengurangi angka tersebut. Sejauh ini, pemerintah pusat sudah memberikan ijin kepada empat provinsi untuk mempersiapkan new normal, yakni Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jaba, dan Gorontalo. Baca berita lengkapnya di Medcom.

Pemberian vaksin COVID-19 massal dilakukan 2022.

Menteri Negeri Tito Karnavian menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 buatan Kementerian Riset dan Teknologi diperkirakan akan selesai akhir 2021. Dan jika sesuai skenario pemerintah, penggunaan vaksin secara massal akan dilakukan pada 2022 dan 2023. Menurutnya, jenis coronavirus yang menyebar di Indonesia berbeda dengan yang ditemukan di China, Eropa atau Amerika Serikat. Pernyataan ini senada dengan pendapat mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari yang mengatakan bahwa vaksin yang dibuat oleh Bill Gates belum tentu bisa dipakai di Indonesia. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Twitter cantumkan label “fact-check” pada cuitan Trump untuk pertama kalinya.

Setelah selama ini permisif, Twitter akhirnya mencantumkan label “fact-check” (tanda seru biru) untuk memberikan peringatan kepada pengguna Twitter untuk melakukan pengecekan fakta atas cuitan yang dituliskan oleh Trump. Sebelumnya, Trump mencuit bahwa surat suara “secara substansi curang” dan hasilnya “Pemilu curang”. Menganggapi respon Twitter itu, Trump mengecam pelabelan tersebut dan mencapnya sebagai “pembatasan kebebasan bersuara” dan “tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi”. Sebagai informasi, media sosial ini memang sedang aktif mengetatkan penerapan kebijakan “informasi menyesatkan”. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Update COVID-19 global: Prancis hentikan penggunaan pil kina dan aksi chef Michellin di India.

Prancis memutuskan untuk berhenti menggunakan hydroxychloroquine sebagai obat untuk mengobati pasien COVID-19. Keputusan ini diambil sehari setelah menyetop uji klinik obat malaria ini. Sementara itu, 10 hari berduka nasional untuk memperingati korban coronavirus dilakukan di Spanyol. Pemerintah dan keluarga kerajaan akan memimpin mengheningkan cipta pada tengah hari dan bendera setengah tiang. Dan dari India dilaporkan bahwa Vikas Khanna, chef Michellin yang pernah memasak untuk keluarga Barack Obama dan pembawa acara TV bersama Gordon Ramsay, memberi makan orang-orang miskin di sana. Tapi mewujudkan hal ini tidak mudah. Usaha pertamanya mengirimkan makanan ke panti jompo gagal total setelah pengirim makanan melarikan diri dengan membawa 1.000 kilogram beras dan 400 kilogram lentil. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus positif COVID-19 global adalah 5.618.829, 351.146 meninggal, dan 2.311.404 sembuh. Baca berita lengkapnya di New York Times.

Pesawat terbang elektronik terbesar dunia terbang untuk pertama kali.

Cessna Caravan, dilengkapi dengan mesin listik, akan terbang selama 20-30 menit di Washington dengan kecapatan 183km/h hari ini, pukul 08.00 waktu setempat. Dalam kondisi normal, pesawat ini bisa membawa sembilan orang penumpang, tapi hari ini hanya akan memuat seorang pilot. MagniX, pembuat mesin ini, berharap pesawat ini bisa menjadi bagian dari servis komersial pada akhir 2021 dengan jarak tempuh 100 mil. Meski aturan penerbangan sangat ketat, magniX berharap sertifikasi keselamatan pesawat elektronik ini bisa dipercepat. CEO magniX Roei Ganzarski mengatakan jika lebih banyak pesawat listrik mendapat ijin beoperasi, maka biaya penerbangan akan lebih murah dan gas emisi akan berkurang. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 28 Mei 2020, coba baca tips dari psikolog ini tentang menjaga kesehatan mental jika di-PHK.

podcast button