5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 28 Januari 2020

Morning Briefing 28 Januari 2020
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Sebelum memulai hari ini, berikut lima berita penting yang terangkum dalam Morning Briefing 28 Januari 2020.

Kenaikan tarif ojek daring diusulkan menjadi Rp 2.500 per kilometer.

Usulan tersebut merupakan hasil dari pertemuan antara pengemudi ojek daring dan beberapa pihak yang terkait. Usulan ini sudah disampaikan ke Kemenhub dan masih akan dibahas dengan pihak aplikator, pengemudi, dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Sampai saat ini, tarif minimal yang berlaku di Jabodetabek adalah rata-rata Rp 2.000/km. Dalam pertemuan itu, opsi harga turun telah dihapuskan. Ini artinya, hanya akan ada dua kemungkinan: tarif naik atau tetap seperti saat ini. Baca berita lengkapnya di Detik.

Muhammadiyah mengharamkan e-cigarette dan vaping.

Fatwa tersebut dirilis pada 14 Januari lalu di Yogyakarta. Menurut organisasi Islam kedua terbesar di indonesia itu, sama seperti rokok konvensional, rokok elektronik juga mengandung substansi adiktif dan bahan-bahan kimia beracun. Ini artinya, e-cigarette sama berbahaya dengan rokok tembakau. Wawan Gunawan Abdul Wahid, seorang anggota dewan fatwa Muhammadiyah mengatakan Muhammadiyah telah menyampaikan usulan kepada pemerintah pusat dan daerah agar menerapkan pelarangan total terhadap produk rokok tembakau dan e-cigarette. Baca berita lengkapnya di The Jakarta Post.

Kabut tebal diduga sebagai salah satu unsur yang menyebabkan kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant.

Di hari dan waktu yang sama, dua helikoper milik Los Angeles Police dan departemen sherif tidak terbang karena cuaca yang buruk. Juru bicara polisi mengatakan bahwa kondisi cuaca “tidak memenuhi standar minimum untuk terbang.” Sementara seorang yang pilot yang pernah menerbangkan Bryant mengatakan bahwa kemungkinan besar cuaca merupakan faktor utama yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Pusat kendali mengatakan jarak pandang buruk di sekitar area Burbank dan Van Nuys, meski pilot helikopter berbicara dengan normal sebelum komunikasi tiba-tiba terputus di sekitar Calabasas. Helikopter seri Sikorsky S-76 tersebut terbang dengan dengan kecepatan 176mph sebelum jatuh. Bryant dikabarkan lebih memilih helikopter untuk menghadiri pertandingannya dibandingkan mobil karena postur badannya yang tinggi. Selain Kobe, putrinya, Gianna dan tujuh penumpang lain tewas akibat kecelakaan di California selatan, pada Minggu, pukul 09.45 waktu waktu setempat. Tidak ada korban yang selamat. Baca berita lengkapnya di Sky News.

Pemerintah Turki menghentikan operasi penyelamatan pencarian korban gempa.

Penghentian pencarian ini dilakukan setelah petugas emergensi menemukan jasad terakhir dari korban yang mereka cari akibat runtuhnya bangunan. Dengan ini, korban meninggal tercatat 41 orang. Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter melanda provinsi Elazig, kira-kira 550km bagian timur Ankara. Lebih dari 1600 orang terluka, termasuk 86 korban yang dirawat di rumah sakit, meski tidak ada yang mengalami cidera serius. Pemerintah Turki mengatakan akan memberikan bantuan finansial kepada korban yang rumahnya hancur. Sementara itu, konstruksi dari 2000 rumah baru diharapkan akan selesai akhir tahun ini. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Billie Eilish menjadi musisi termuda sepanjang sejarah yang berhasil memenangkan 4 kategori utama.

Penyanyi/penulis lagu berusia 18 tahun itu berhasil membawa pulang lima penghargaan dari enam nominasi yang memuat namanya, termasuk song of the year, best pop vocal album, album of the year, record of the year dan best new artist. Albumnya When We Fall Asleep, Where Do We Go memenangkan kategori best vocal pop album, album of the year dan record of the year. Sementara Bad Guy untuk song of the year. Dengan pencapaian ini, Ellish berhasil menjadi pemenang termuda sejak Lorde yang menerima Grammy saat berusia 17 tahun pada 2013. Sebelumnya juga dikabarkan, Eilish dan saudara laki-lakiny, Finneas O’Connell, menulis dan menyanyikan theme song film James Bond terbaru, No Time to Die. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Jika kamu sudah selesai membaca Morning Briefing 28 Januari 2020, jangan lupa untuk membaca ini sebelum menulis email hari ini.

podcast button