5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 28 Agustus 2020

Morning Briefing 28 Agustus
Foto: www.unsplash.com

Selamat pagi. Hanya beberapa pesan: pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak, dan cuci tanganmu dengan benar. Selamat menikmati hari pekan dan berikut lima terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 28 Agustus 2020.

Pemerintah akan berikan kuota internet bagi siswa dan mahasiswa.

Dalam rapat bersama Komisi X di Gedung DPR RI (26/8), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memaparkan rencana pemberian kuota internet per bulan kepada siswa, mahasiswa dan guru. Hal ini dilakukan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19. Menurutnya, Kemendikbud akan memberikan kuota internet bulanan 35 giga byte (GB) kepada siswa, 42 GB kepada guru, dan 50 GB kepada mahasiswa. Rincian anggaran untuk bantuan kuota internet ini dialokasikan sebanyak 7,2 triliun untuk periode September-Desember 2020, dan juga 1,7 triliun untuk tunjangan pengajar. Akan tetapi belum ada penjelasan secara rinci tentang kapan rencana ini akan direalisasikan. (CNN Indonesia)

Rekor terbaru jumlah kasus COVID-19 di Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI mengonfirmasi jumlah kasus terbaru COVID-19 hari Kamis, yakni 2.719 yang merupakan rekor harian terbaru. Jumlah pasien yang meninggal pun adalah ketiga terbanyak sejak wabah merebak pada Maret, yakni 120 orang. Jakarta menyumbang kasus terbanyak (760) dengan diikuti Jawa Timur (367) dan Kalimantan Timur (206). Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan tiga bagian Jakarta (Jakarta Utara, Pusat, dan Barat) masih berada di zona merah dalam empat minggu terakhir dan belum ada tanda-tanda perbaikan. Meski begitu, pemerintah DKI Jakarta berencana membuka lagi bioskop. (The Jakarta Post)

Penularan dengue di Yogyakarta turun setelah bakteri disuntikkan ke nyamuk.

Penelitian yang dilakukan di Yogyakarta, di mana dengue bersifat endemik, menemukan bahwa melepaskan nyamuk yang sudah diinfeksi dengan bakteri Wolbachia bisa mengurangi infeksi hingga 77% persen. Penelitan ini hanya dilakukan di sejumlah wilayah, dan para ilmuwan akan memperluas metode ini di luar Jakarta. Selama studi, 6 juta nyamuk yang sudah disuntikkan Wolbachia dirilis di sebuah area dengan luas 13 kilometer persegi, dan nyamuk ini kemudian menginfeksi nyamuk liar. Para peneliti belum mengetahui mengapa Wolbachia bisa mencegah transmisi dengue, tapi mungkin karena bakteri dan virus saling bersaing di dalam nyamuk dan menyebabkan virus sulit berkembang. (The Guardian)

Update COVID-19 global: Jumlah kasus menurun di Afrika, dan parlemen Korea Selatan tutup.

Africa Centers for Disease Control and Prevention mengatakan telah terjadi penurunan hingga 20 persen kasus di dalam satu minggu belakangan. Pengurangan ini terjadi karena tes dan usaha-usaha lain yang berhasil. Benua Afrika melaporkan lebih dari 1,2 juta kasus, dengan setengahnya berada di Afrika Selatan. Sementara itu dari Korea Selatan dikabarkan bahwa parlemen ditutup setelah seorang jurnalis yang meliput acara pemerintahan ternyata terinfeksi coronavirus. Lebih dari 50 anggota parlemen melakukan isolasi mandiri. Dengan semakin banyaknya kasus baru yang muncul, pemerintah Korea Selatan juga mendorong warganya untuk bekerja dari rumah.

Dari Eropa dilaporkan, Uni Eropa menandatangani kontrak dengan AstraZeneca untuk penyediaan vaksin potensial sebanyak 300 juta dosis untuk 27 negara anggotanya. Dan di Paris, aturan wajib memakai masker diberlakukan di semua tempat publik, kata Perdana Menteri Jean Castex. Sementara itu Rusia melaporkan 4.711 kasus baru kemarin, sehingga secara nasional terdapat 975.576 kasus di sana (tertinggi ke-4 di dunia). Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 24.215.678, dengan 826.743 kematian, dan 15.835.348 kesembuhan. (Aljazeera)

Netflix sedang membuat live-action serial TV Resident Evil.

Netflix baru saja mengumumkan akan memproduksi serial TV live-action yang berdasarkan video Resident Evil yang diakan diproduseri oleh Constantin Film, perusahaan yang membut enam film Resident Evil sebelumnya, yang dibintangi Milla Jovovich. Seri ini akan mengadaptasi cerita asli sesuai dengan video games. Andrew Dabb (penulis dan co-produser eksekutif Supernatural) akan menjadi penulis untuk delapan episode. Bronwen Hughes (sutradara The Walking DeadBreaking Bad, dan Better Call Saul) akan menyutradarai dua episode pertama. Masih belum ada informasi tentang pemain dan tanggal perilisan. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 28 Agustus 2020, jangan lupa membaca tentang cara membantu teman yang sedang berada di dalam hubungan abusive.

podcast button