5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 27 September 2021

Morning Briefing 27 September 2021
Foto: www.canva.com

Hai, Senin sudah datang! Yuk, kembali beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di mana pun kamu berada. Berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 27 September 2021.

Pemerintah izinkan konser musik dan resepsi nikah skala besar.

Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan bahwa izin juga diberikan guna mempercepat pemulihan ekonomi serta mewadahi produktivitas masyarakat. Syaratnya, penyelenggara mematuhi protokol kesehatan. Penyelenggaraan berbagai kegiatan juga harus didukung kesiapan sarana prasarana penunjang protokol kesehatan. (CNN Indonesia)

Mulai Oktober, bisa bepergian tanpa unduh PeduliLindungi.

Mulai Oktober 2021 mendatang, masyarakat bisa bepergian menggunakan kereta api dan pesawat terbang tanpa mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Caranya ialah dengan memasukkan NIK. Masyarakat dapat membuktikan langsung mengenai kelayakan statusnya untuk masuk ke tempat tersebut melalui notifikasi yang muncul setelah melakukan self check di PeduliLindungi. (Kompas)

Jumlah kasus harian semakin berkurang.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada tambahan 1.760 kasus sehingga total menjadi 4.208.013 per 26 September 2021 pukul 12.00 WIB. Penambahan hari ini lebih rendah dibandingkan kemarin, yakni 2.137. Sementara itu, kasus sembuh bertambah 2.976 dan meninggal 86 orang di periode hari yang sama. (CNBC Indonesia)

Update COVID-19 global: vaksin booster, dan penambahan kasus.

Perdana Menteri Korea Selatan mengatakan bahwa dalam waktu dekat negara tersebut akan mulai memberikan vaksin booster kepada tenaga kesehatan lansia di atas 60 tahun.

Dan setelah lebih dari satu tahun, pemerintah Norwegia akan melonggarkan aturan social distancing dan berbagai pengetatan lain. Di Norwegia, kasus harian telah menurun hingga 50 persen dalam dua minggu terakhir. Di sisi lain, Singapura melaporkan 1.939 kasus baru pada Minggu, tertinggi sejak awal pandemi.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total COVID-19 global adalah 231.636.682, dengan 4.745.809 kematian, dan sebanyak 6.084.884.745 dosis vaksin sudah diberikan. (New York Times & Reuters)

Islandia menjadi negara pertama di Eropa dengan anggota perempuan lebih banyak.

Islandia menjadi negara pertama di Eropa dengan anggota parlemen perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki, setelah setelah kemenangan perdana menteri baru, Katrín Jakobsdóttir. Belum ada negara Eropa lain yang memiliki anggota parlemen lebih dari 50%. Menurut data, ada lima negara di dunia dengan anggota parlemen mayoritas perempuan: Rwanda, Kuba, Nikaragua, Meksiko, dan Uni Emirat Arab. (The Guardian)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 27 September 2021, jangan lupa mengecek cara membantu bayi yang susah BAB.