5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 27 November 2020

Morning Briefing 27 November 2020
Foto: www.unsplash.com

T.G.I.F! Selamat akhir pekan, dan tetap pakai masker saat berada di luar rumah, jaga jarak di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 27 November 2020.

Kepastian cuti bersama Desember 2020 diumumkan hari ini.

Hari ini pemerintah akan mengumumkan kepastian mengenai jatah libur akhir tahun dan pengganti cuti bersama Lebaran. Sebelumnya, ada wacana pengurangan cuti bersama Desember 2020. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muahdjir Effendy sebelumnya menyampaikan bahwa pengurangan jatah libur ini untuk menekan kasus COVID-19. (Tempo)

Perkembangan uji klinis vaksin COVID-19 di Indonesia.

BPOM mengatakan bahwa dari data analisis sementara uji klinis fase 3 vaksin Sinovac menunjukkan hasil yang baik. Sementara, untuk memperoleh data klinis untuk menunjukkan aspek keamanan dan khasiat, diperlukan data hasil uji klinis yang dilakukan di Bandung. Tim riset dari Universitas Padjajaran menyampaikan bahwa hingga kini, dari 1.620 relawan yang disuntik, dari sisi keamanan terbilang aman. Tidak terjadi hal yang merugikan subjek, hanya efek samping ringan berupa pilek, pusing yang dalam dua hari akan sembuh dan hanya terjadi pada 20% relawan. (Kompas)

Update COVID-19 global: AstraZenece akui salah, dan rekor kasus baru di Korea Selatan.

Pembuat vaksin AstraZeneca mengakui ada kesalahan penting dalam hal dosis yang diterima oleh sejumlah partisipan studi. Hal ini memunculkan pertanyaan apakah efikasinya memang 90%. Sementara itu Korea Selatan melaporkan 583 kasus baru kemarin, jumlah tertinggi sejak Maret. Peningkatan jumlah kasus ini dimulai awal bulan ini, dengan klaster terdapat di sauna, tempat berdansa dan kamp latihan militer. Selama satu minggu terakhir, pihak otoritas mengetatkan sosial distance, melarang perkumpulan lebih dari 100 orang, dan menutup klub malam

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 9 Oktober 2020

Sejumlah negara Eropa menerapkan restriksi, termasuk Jerman, Inggris dan Yunani. Chancellor Angela Merkel dan gubernur negara bagian setuju untuk memperpanjang lockdown sepanjang Desember. Hal yang sama berlaku di hampir semua bagian Inggris, kecuali London dan Liverpool yang lebih longgar. Sementara Manchester, Birmingham, Leicester, Newcastle dan Hull harus menerapkan restriksi ketat. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 60,578,423, dengan 1.424.756 kematian, dan 38.844.818 sembuh. (The New York Times)

Kesulitan air bersih dialami 3 miliar orang di dunia.

Data Organisasi Makanan Sedunia (FAO) memperlihatkan kekurangan air memengaruhi lebih dari 3 miliar orang di dunia, seiring jumlah air tawar yang tersedia untuk setiap orang telah turun drastis seperlima dalam dua dekade belakangan. Sekitar 1,5 miliar mengalami kesulitan air parah atau bahkan kekeringan, sebagai akibat dari perubahan iklim dan manajemen pertanian yang buruk. FAO mengatakan bahwa produksi makanan harus berubah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah climate breakdown, meski solusinya lebih kompleks dari ini. (The Guardian)

Resmi: Johnny Depp digantikan di Fantastic Beasts.

Aktor Denmark, Mads Mikkelsen, akan menggantikan Johnny Depp sebagai penyihir jahat Gellert Grindelwald di film ketiga Fantastic Beasts. Warner Bros. Pictures mengumumkan berita tersebut dalam sebuah pernyataan resmi. Mikkelsen sendiri pernah membintangi Rogue One: A Star Wars Story, Hannibal, dan Casino Royale. Film ini rencananya akan dirilis pada 15 Juli 2022, dan masih dibintangi oleh Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler dan Ezra Miller. (CNN Indonesia)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 27 November 2020, jangan lupa membaca panduan lengkap tentang program bayi tabung.