5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 27 November 2019

Foto: www.canva.com

Selamat pagi, teman! Terkejut dan hampir dapat serangan jantung melihat lingkaran gelap di sekitar matamu saat bercermin pagi ini? Sembari siap-siap, aplikasikan krim mata ini agar lebih segar. Dan sambil menunggu segala hal baik dari produk tersebut terserap oleh kulit (kira-kira 10 menit), pastikan kamu membaca lima hal berikut ini.

Pemerintah akan menarik ponsel yang tidak mencantumkan IMEI.

Pelaku usaha yang menjual ponsel yang tidak mencantumkan nomor International Mobile Equipment Identity ( IMEI) akan ditarik dari peredaran dan ijin usahanya akan dicabut. Sedangkan bagi penggunanya, ponsel tidak akan didapat digunakan karena diblokir. Pemerintah menyampaikan bahwa kebijakan baru ini dibuat untuk melindungi konsumen, menjaga persaingan usaha sehat dan meningkatkan penerimaan bea masuk barang impor. Baca berita lengkapnya di sini.

Bahasa Dayak terancam punah.

Jika tidak dilakukan pencegahan dari sekarang, bahasa daerah tersebut akan punah dalam 20 tahun. Hal ini diutarakan oleh Balai Bahasa Kalteng yang juga menyarankan agar mengajarkan bahasa daerah kepada anak sejak dini. Ini untuk mencegah bahasa tersebut punah. Pemerintah juga diharapkan melakukan tindak pencegahan dari sekarang sebelum terlambat. Baca berita lengkapnya di sini.

Masih ingat dengan koala yang diselamatkan dari kebakaran hutan di Australia minggu lalu?

Hari Selasa lalu, karena lukanya yang terlalu parah akhirnya koala yang bernama Lewis tersebut ditidurkan untuk selamanya. Sosial media riuh dan sejak itu ada istilah yang digunakan berulang-ulang setelah peristiwa tersebut, yakni bahwa binatang tersebut “punah secara fungsional”. Istilah ini mengacu pada spesies yang tidak lagi memegang peran penting dalam ekosistem atau dalam proses menuju kepunahan, dan tidak mungkin diperbaiki lagi. Istilah tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam hal ini, koala tidak punah–dan sejumlah ilmuwan menganggap ungkapan yang melebih-lebihkan itu bisa memberikan dampak negatif pada usaha konservasi. Apakah koala bisa punah? Bisa, karena populasinya memang menurun–tapi tidak terancam punah. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari Roma, ada rencana memasang barikade di sekeliling Trevi Fountain.

Air mancur super terkenal dan menjadi latar belakang favorit banyak selfie tersebut kemungkinan akan dipasangi pembatas. Hal ini untuk melindungi air mancur Baroque tertinggi di dunia tersebut dari visitor jahil dan cenderung vandal. Diharapkan dengan adanya barikade ini, orang-orang tidak akan lagi bisa duduk di tepi air mancur atau memanjatnya. Sejauh ini, polisi sudah dikerahkan untuk berpatroli guna mencegah turis melakukan aktivitas ilegal. Wacana ini masih bersifat proposal dan masih membutuhkan persetujuan dari Kementerian Budaya Italia. Baca berita lengkapnya di sini.

Ada harapan perdamaian di Yemen.

Hal ini disampaikan oleh utusan PBB, Martin Griffiths, di sebuah pertemuan UN Security Council. Menurutnya, terjadi penurunan serangan udara (sampai 80 persen) di negara tersebut dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Hal ini menandakan bahwa usaha dialog yang telah diusahakan membuahkan hasil sehingga menghasilkan ketenangan dan diharapkan nantinya konflik brutal akan berhenti. Dia menambahkan bahwa meski hal ini masih terjadi dalam waktu pendek, tetapi ini sebuah hal yang “mengejutkan”. Saat ini sedang berlangsung pembicaraan damai antara pemberontak Houthi dan koalisi pimpinan Arab Saudi yang berperang sejak 2015. Baca berita lengkapnya di sini.