5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 27 Januari 2021

Morning Briefing 27 Januari 2021
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Yellow! Tetap pakai masker, jaga jarak di tempat umum, dan cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 27 Januari 2021.

Presiden Jokowi terima vaksin kedua hari ini.

Rencananya, penyuntikan vaksin dosis kedua akan dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta. Vaksin yang disuntikkan adalah buatan Sinovac. Seperti diketahui, presiden Jokowi telah menerima suntikan vaksin dosis pertama di Istana Kepresidenan Jakarta dua minggu lalu (13/1). Vaksinasi ini pun akan disiarkan secara langsung akun YouTube Sekretariat Presiden. (Liputan6)

Indonesia negara ASEAN pertama dengan 1 juta kasus COVID-19.

Satgas Gugus COVID-19 melaporkan penambahan 13.094 pada Selasa (26/1), sehingga total kasus infeksi mencapai 1 juta. Dengan ini, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara dengan kasus sebanyak itu. Sementara itu, pasien yang meninggal akibat virus ini bertambah bertambah 336 orang, sehingga jumlah total pasien meninggal mencapai 28.468 orang. Dan jumlah pasien yang sembuh mencapai 10.868, sehingga total menjadi 820.356 orang. (CNN Indonesia)

Ribuan petani membarikade kompleks bersejarah di India.

Aksi tersebut merupakan bagian dari protes terhadap undang-undang pertanian baru. Ribuan petani ini membarikade kompleks Red Fort di New Delhi, setelah sebelumnya berhadapan dengan polisi, yang menembakkan gas air mata. Para petani ini marah karena undang-undang tersebut dianggap menguntungkan pembeli swasta, dan merugikan para petani. Para petani telah berdemonstrasi di New Delhi selama hampir dua bulan, dan menjadi salah satu ancaman terbesar untuk Perdana Mentari Narendra Modi sejak berkuasa di 2014. (Reuters)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 19 Februari 2021

Update COVID-19 global: Vaksin, dan penambahan kasus.

Iran memberikan ijin penggunaan Sputnik V, asal Rusia. Hingga saat ini, negara tersebut belum memulai proses pemberian vaksin, meski dosis pertama akan menggunakan vaksin dari AstraZeneca. Sementara itu, Norwegia mengatakan akan meninjau kebijakan pemberian vaksin kepada lansia setelah lebih dari 30 orang meninggal tak lama setelah divaksinasi. Dan WHO mengatakan bahwa vaksin Moderna harus diberikan dalam dua dosis dengan interval 28 hari. Sementara itu Malaysia menandatangani kerjasama dengan dua penyedia vaksin, yakni Pharmaniaga (12 juta vaksin dosis Sinovac) dan Duopharma (6,4 juta dosis vaksin Sputnik V).

Sementara itu Perdana Menteri New Zealand Jacinda Ardern mengatakan bahwa perbatasan negaranya akan tertutup untuk dunia sepanjang 2021. Di Belanda, kerusuhan masih berlangsung di kota-kota seperti Amsterdam dan Rotterdam. Kerusuhan ini berawal pada Sabtu ketika jam malam diberlakukan (9 malam hingga 4.30 pagi hingga 9 Februari). Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 99.825.219, dengan 2.143.198 kematian, dan 55.177.404 sembuh. (Bloomberg)

Pinterest tambahkan carousel di home screen.

Pinterest menambahkan satu deret stories, disebut "Story Pins", di bagian atas home screen. Tampilan baru ini mengikuti media sosial lain, seperti Instagram, Twitter, Facebook Messenger. Sebelumnya Story Pins ini sudah diperkenalkan sejak September, tapi penampilannya mirip dengan unggahan yang lain. Dan sekarang Story Pins lebih mencolok karena berada di bagian atas home screen. Stories ini akan menyarankan bahkan akun yang tidak diikuti oleh pemilik akun. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 27 Januari 2021, jangan lupa mengecek tentang gaya bercinta yang meningkatkan kemungkinan hamil.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari - 8 Februari 2021