5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 26 November 2019

Foto: www.canva.com

Tak terasa hari Senin sudah berlalu! Dan tak terasa juga: November akan segera selesai, Desember datang dan kita mengucapkan selamat tinggal pada dekade 2010! Senang atau… meh? Sebelum memberikan jawaban pasti, coba baca lima berita menarik berikut ini.

Tokopedia dikabarkan akan melakukan IPO tahun depan.

Sebelum melakukannya, diberitakan bahwa startup e-commerce tersebut akan kembali menggelar penggalangan dana awal tahuN depan. Hal itu akan menjadi yang terakhir kali dilakukan secara privat, sebelum penawaran saham perdana (IPO). Jumlah dana segar yang terkumpulkan diprediksi akan mencapai $1 miliar. Baca berita lengkapnya di sini.

Kementerian Perhubungan mempertimbangkan mencari pemasok avtur lain selain Pertamina.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya praktik monopoli. Selain itu, juga untuk membuat harga avtur semakin bersaing. Pasalnya, menurut catatan Kemenhub harga avtur di Bandara Internasional Soekarno Hatta lebih tinggi 25 persen dibandingkan harga avtur di Singapura. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan pemasok baru ini berasal dari dalam negeri. Basuki juga menyebutkan bahwa maskapai yang paling banyak menggunakan avtur dari Pertamina adalah Garuda Indonesia, lalu diikuti oleh Lion Air dan Citilink. Baca berita lengkapnya di sini.

Para ilmuwan menemukan kontrasepsi laki-laki untuk pertama kalinya.

Penemuan ini sukses ditorehkan oleh Indian Council of Medical Research (ICMR) dan telah mengirimkan hasil jerih payah mereka ke pengendali obat-obatan nasional untuk mendapatkan persetujuan. Alat kontrasepsi ini berupa suntikan yang di bagian paha dan bisa bertahan sampai 13 bulan. Alat ini didesain sebagai pengganti dari vasektomi yang selama ini dianggap sebagai satu-satunya metode sterilisasi laki-laki yang tersedia di dunia. Kemungkinan alat kontrasepsi ini akan tersedia dalam waktu enam bulan ke depan. Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah Cina mengingatkan bahwa Hong Kong akan selamanya menjadi bagian Beijing.

Menyusul kemenangan kandidat pro-demokrasi di pemilihan lokal, menteri luar negeri Cina Wang Yi mengingatkan bahwa apa pun yang terjadi Hong Kong akan tetap menjadi bagian Cina. Akan tetapi, hasil kemenangan tersebut merupakan sebuah dilema bagi Beijing dan Carrie Lam, ketua eksekutif Hong Kong. Pasalnya, kemenangan tersebut membuktikan bahwa kalangan pro-demokrasi bukanlah “minoritas”. Dan seperti tidak gentar dengan pernyataan tersebut, para demonstran berkumpul di luar Hong Kong Polytechnic University Senin kemarin. Di sana, sejumlah pemrotes dikepung oleh polisi dan anggota dewan lokal datang untuk menemui mereka. Baca berita lengkapnya di sini.

Julian Assange bisa mati di dalam penjara jika tidak diberikan pertolongan medis secepatnya.

Hal ini tertuang dalam sebuah surat terbuka yang ditandatangani oleh lebih dari 60 dokter. Di surat tersebut, mereka mengatakan bahwa pendiri WikiLeaks tersebut sedang menderita masalah fisik dan psikologis, termasuk depresi. Saat ini Assange ditahan di penjara di Belmarsh di London bagian tenggara dan tengah memperjuangkan ekstradisi ke Amerika Serikat. Di sana, Assange akan menghadapi 18 tuduhan, termasuk berkonspirasi meretas komputer rahasia Pentagon. Para dokter ini meminta Assange untuk bisa ditransfer ke sebuah rumah sakit universitas sehingga bisa dirawat oleh tim medis. Baca berita lengkapnya di sini.