5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 26 Maret 2020

Morning Briefing 26 Maret 2020
Foto: www.canva.com

Hola! Apa kabar dirimu? Semoga masih terus bertahan melakukan social distancing dan mencuci tangan. Jika sudah mulai merasa kesepian atau bosan, hubungi orang-orang yang selalu bisa membuatmu tertawa atau tonton tayangan yang membuatmu sakit perut (karena terpingkal-pingkal; andalan LIMONE Friends dan The Office). Tetap sabar, tetap jaga kesehatan dan tetap jaga kehidupan di sekitarmu. Semoga kamu bisa menikmati hari ini dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 26 Maret 2020.

Dirjen Perhubungan Darat resmi membatalkan mudik gratis Kemenhub pada masa angkutan Lebaran 2020.

Tidak hanya mudik gratis, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, juga menghimbau kepada seluruh pihak agar tak mudik pada Lebaran di 2020, melainkan bersilaturahmi melalui telepon video. Kebijakan tersebut diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat COVID-19 di Indonesia yang berlaku selama 91 hari, sejak 29 Februari – 29 Mei 2020. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan program mudik gratis tahun ini guna mencegah penyebaran virus ini. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Sebanyak 100.000 APD COVID-19 akan disebar ke semua provinsi.

Sebanyak 40 ribu akan langsung distribusikan ke DKI Jakarta, sisanya akan dibagikan ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali. Sementara untuk provinsi di luar Jawa dan Bali akan mendapat jatah masing-masing 2.000 APD. Untuk menjangkau wilayah pelosok, akan digunakan transportasi udara Hercules dan (pesawat) CN 295. Jakarta mendapatkan lebih banyak APD karena saat ini merupakan wilayah yang paling banyak memiliki kasus COVID-19. APD ini merupakan produksi lokal. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Update COVID-19 global: India memasuki hari kedua lockdown dan Pangeran Charles positif terinfeksi virus ini.

India, dengan penduduk 1,2 miliar orang, telah memberlakukan lockdown—dilarang berkumpul dan keluar dari rumah. Sementara itu, Pangeran Charles positif terinfeksi COVID-19 dengan memperlihatkan gejala-gejala moderat. Di sisi lain, Spanyol melaporkan angka kematian tertinggi harian sehingga total korban meninggal akibat coronavirus baru ini adalah 3.434 yang artinya melampaui China. Sementara pembuat kebijakan di Amerika Serikat sepakat menggelontorkan paket stimulus ekonomi senilai lebih dari $1,8 triliun untuk meringankan beban ekonomi negara akibat COVID-19. Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menunda pemungutan suara untuk mengubah konstitusional yang memungkinkannya tetap menjadi presiden untuk dua periode lagi. Baca berita lengkapnya di BBC.

Dua orang sekutu pangeran mahkota Saudi Arabia menjadi terdakwa kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Jaksa penuntut Turki resmi mendakwa 20 orang warga Saudi atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang terjadi di konsulat Istanbul pada 2018, dua antaranya adalah orang dekat pangeran mahkota, Mohammed bin Salman. Dua orang ini adalah Saud al-Qahtani, mantan penasihat kerajaan, dan Ahmed al-Asiri, mantan wakil direktur intelejen. Dua puluh orang ini didakwa atas “menginstigasi sebuah pembunuhan berencana dengan intensi menyiksa menggunakan metode sangat jahat.” Perintah penahanan telah dikeluarkan tapi karena tidak ada seorang pun dari terdakwa berada di Turki, sidang in absensia akan dibuka pada waktu yang belum ditetapkan. Turki menuntut hukuman penjara seumur hidup untuk semua terdakwa. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

China merilis ulang film-film Avengers dan Avatar untuk menambah pengunjung bioskop.

Dengan epidemik COVID-19 sudah mulai terkendali di negara tersebut, sekitar 700 bioskop akan kembali dibuka dan berbagai cara dilakukan untuk membuat orang datang ke bioskop. Salah satunya dengan merilis ulang empat film Avengers, dan Avatar, Inception serta Interstellar. Setelah membatasi ruang gerak ratusan juta orang, Hubei akhirnya memperbolehkan 60 juta residennya untuk melakukan perjalanan. Tidak hanya bioskop, dalam satu minggu belakangan sejumlah bisnis publik mulai dibuka termasuk restoran dan pusat perbelanjaan. Baca berita lengkapnya di The Hollywood Reporter.

Setelah selesai membaca Morning Briefing 26 Maret 2020, pilih 10 track pants ini agar bekerja dari rumah lebih nyaman dan tetap produktif.