5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 26 Februari 2020

Morning Briefing 26 November 2020
Foto: www.canva.com

Hi, selamat pagi! LIMONE baru saja menonton Babies, serial terbaru Netflix—dan hidup tidak sama lagi. Kamu pasti akan mengerti setelah menontonnya. Sementara itu, hujan masih rajin mengguyur berbagai daerah di Indonesia, jadi tetap jaga keselamatan dan kesehatan, ya. Nikmati hari ini dan lima berita berikut yang terangkum dalam Morning Briefing 26 Februari 2020.

Pemerintah memberikan diskon tiket pesawat untuk memberikan insentif pada sektor pariwisata yang mengalami penurunan karena coronavirus.

Hal tersebut disampaikan oleh pihak DIrjen Perhubungan Udara Menteri Perhubungan yang menyatakan ada tiga jenis diskon yang diberikan. Pertama, diskon sebesar 45% untuk harga tiket penerbangan pada maskapai servis penuh. Kedua, diskon sebesar 48% untuk tiket pesawat kelas menengah, dan ketiga, sebesar 50% akan diberikan untuk tiket maskapai low cost carrier. Diskon ini bisa dinikmati tiga bulan mulai Maret dan dijatahkan untuk 25% penumpang pesawat. Diskon diberikan untuk penerbangan menuju 10 destinasi, yakni Denpasar, Malang, Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, Batam, Tanjung Pinang, Silangit-Danau Toba, Tanjang Pandang, Manado. Baca berita lengkapnya di Detik.

BMKG: kenaikan gas rumah kaca menjadi salah satu penyebab cuaca ekstrem di Indonesia.

Meski emisi gas rumah kaca di Indonesia lebih rendah dibanding dunia, tetapi emisi gas berbahaya dari asap kendaraan dan industri pabrik yang semakin meningkat. Sementara itu, jumlah penghijauan sebagai penyerap zat tersebut terus mengalami penurunan. Menurut BMKG, dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, suhu di Indonesia naik hingga kurang lebih 1 derajat Celcius setiap tahunnya. Oleh karena ini adalah isu yang sangat serius, BMKG menghimbau agar segera dilakukan penanganan khusus agar kejadian ini tidak terulang setiap tahun. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Hosni Mubarak meninggal dunia di usia 91 tahun.

Mantan presiden otokratik Mesir, yang menjabat selama 30 tahun dan diberhentikan pada 2011 meninggal di rumah sakit setelah melakukan sebuah operasi. Tidak ada detail jelas tentang operasi apa yang dijalaninya. Tahun-tahun terakhir hidupnya dihabiskan di Maadi Military Hospital di selatan Kairo dengan pengawasan ketat dari penjaga. Mubarak digulingkan setelah terjadi pemberontakan sipil yang memprotes kemiskinan, korupsi, dan represif polisi yang berlangsung selama puluhan tahun. Peristiwa ini dikenal sebagai Arab Spring. Setelah digulingkan, Mubarak menghadapi berbagai dakwaan korupsi dan konspirasi pembunuhan. Akan tetapi dia membantah semua tuduhan tersebut, dan akhirnya dibebaskan pada 24 Maret 2017. Baca berita lengkapnya di The New York Times.

Jepang memutuskan untuk menggunakan obat anti-flu bernama Avigan, produk dari Fujifilm, untuk mengobati orang yang terinfeksi coronavirus.

Akibatnya, saham Fujifilm Holdings Corp melonjak sebanyak 8,8% setelah pengumuman tersebut dikeluarkan oleh pemerintah Jepang. Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil karena setelah uji coba, obat itu efektif mengobati kasus ringan dan sedang di dua institusi medis pada akhir pekan lalu. Dikabarkan pemerintah China juga sedang menganalisa apakah Avigan bisa dipakai menangani coronavirus di negara tersebut. Menurut data per Selasa, terdapat 160 kasus coronavirus di Jepang, dengan 22 orang dinyatakan sembuh serta satu orang meninggal. Secara global, coronavirus telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang dan menyebabkan 2.700 kematian. Hampir 28.000 orang dinyatakan sembuh dari penyakit yang dinamakan Covid-19 itu. Baca berita lengkapnya di Fortune.

Netflix meluncurkan fitur Top 10 di halaman utamanya.

Tujuannya? Agar pengguna servis ini bisa mengetahui apa yang sedang ditonton oleh orang lain di negara yang sama. Dalam sebuah pengumuman di blog resminya, Netflix menerangkan bahwa daftar top 10 ini diperbaharui setiap harinya yang berisikan judul-judul tayangan terpopuler yang susunannya akan berubah sesuai dengan interes pemilik akun. Baik film dan acara televisi berlisensi dan seri orisinal Netflix akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk masuk ke dalam daftar top 10 ini. Selain itu, para pengguna Netflix bisa mengklik setiap film atau acara televisi untuk mengetahui daftar top 10 dari setiap kategori. Baca berita lengkapnya The Verge.

Jika usai membaca Morning Briefing 26 Februari 2020 ini kamu mendadak teringat dengan bosmu yang menyebalkan, baca tips ini untuk menghadapinya.

podcast button