5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 25 September 2020

Morning Briefing 25 September 2020
Foto: www.unsplash.com

TGIF! Itu saja salam hari ini, plus jangan lupa pakai masker, jaga jarak saat berada di ruang publik dan cuci tanganmu dengan benar. Selamat menikmati akhir pekan, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 25 September 2020.

Kemenkes putuskan 3 jenis masker yang efektif.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menyatakan bahwa terdapat tiga jenis masker yang dianjurkan yakni mask N95, masker bedah, dan masker kain. Selain ketiga bahan di atas, menurut Yuri, masker dengan bahan lain tidak akan efektif untuk mencegah penularan COVID19, karena bahannya yang dianggap tidak cukup kecil untuk menahan droplet yang dikeluarkan oleh mulut ataupun hidung. Masyarakat sebaiknya menggunakan masker kain dengan setidaknya dua lapis dan menghindari masker tipis seperti scuba. Yuri juga menambahkan bahwa masker kain maksimal hanya dapat dipakai selama tiga jam, setelah itu harus diganti dengan masker bersih. (Liputan6)

Perpanjangan PSBB Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperketat hingga 11 Oktober 2020. Menurutnya, perpanjangan ini dilakukan karena angka kasus positif COVID-19 berpotensi meningkat kembali jika PSBB dilonggarkan. Seperti diketahui, PSBB pengetatan awalnya diberlakukan selama dua pekan mulai 14 hingga 27 September 2020. Pengetatan ini dilakukan setelah mempertimbangkan sejumlah faktor, di antaranya ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan tren kasus aktif yang kembali meningkat selama bulan September. (Kompas)

Joshua Wong ditangkap.

Polisi Hong Kong menangkap aktivis demokrasi terkenal Joshua Wong (23) kemarin karena berpartisipasi dalam sebuah pertemuan ilegal pada Oktober 2019 dan melanggar peraturan anti-masker. Hal ini dijelaskan dalam sebuah unggahan di akun resmi milknya. Penangkapan Wong ini terjadi enam minggu setelah pengusaha media, Jimmy Lai, ditahan atas kecurigaan berkolusi dengan negara asing. Sebagai informasi, Wong membubarkan grup pro-demokrasi yang didirikannya, Demosisto, di bulan Juni, beberapa jam setelah China mengesahkan Undang-Undang Keamanan baru. (Reuters)

Update COVID-19 global: Kasus di Eropa terus meningkat, dan penggunaan robot di Singapura.

Kasus coronavirus terus meningkat di sebagian negara Eropa. Di Prancis, lebih dari 1.000 orang berada di fasilitas intensive care untuk pertama kalinya sejak Juni. Negara ini juga melaporkan lebih dari 13.000 kasus harian beberapa kali dalam seminggu belakangan. Sementara itu, di Swedia, terdapat lebih dari 530 kasus kemarin—tertinggi sejak Juli. Dan di Inggris, diperkirakan 10.000 orang terinfeksi virus ini setiap hari, dengan 6.178 kasus baru terjadi kemarin, angka tertinggi sejak Mei.

Dari Singapura dilaporkan para robot akan segera ditempatkan di rumah sakit, untuk mengukur suhu badan, dan bahkan melarang pengunjung masuk jika gagal melakukan protokol kesehatan seperti jaga jarak atau menggunakan masker. Dan Uni Emirat Arab mengumumkan bahwa mulai kemarin akan menerbitkan ijin masuk untuk semua visitor, termasuk turis. Sementara Dubai sudah melakukannya sejak tiga bulan yang lalu. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 31.944.038, dengan 977.881 kematian, dan 22.015.638 kesembuhan (Washington Post)

Aplikasi Interactive Social Game BTS dirilis.

Permainan yang diberi nama “BTS Universe Story” resmi live kemarin dan bisa diunduh di iOS Store dan Google Play Store. Aplikasi cerita interaktif ini menghadirkan 3D avatar dari setiap anggota BTS. Di dalam gim ini, para pengguna bisa mengeksplor cerita penggemar lain dan berinteraksi dengan pemain lain. Peluncuran gim ini merupakan satu bagian dari kesibukan grup asal Korea ini. Hari ini (25/9), video “Dynamite” dengan koreografi baru akan tayang pertama kali di Epic Games “Fortnite“. Minggu depan, grup ini akan tampil di acara “The Tonight Show Starring Jimmy Fallon” selama seminggu dengan penampilan berbeda setiap malam. (Variety)

Selanjutnya: Setelah mengetahui berita terbaru hari ini dalam Morning Briefing 25 September 2020, jangan lupa membaca tentang bagaimana cara mengatasi jerawat batu.

podcast button