5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 24 Maret 2020

Morning Briefing 24 Maret 2020
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Tidak henti-henti dan bosannya untuk saling mengingatkan: mari mencuci tangan, melakukan social distancing sambil menjaga kesehatan fisik dan mental. Dan percayalah, semua ini akan berlalu. Selamat menikmati hari ini dan berikut lima berita baru yang terangkum dalam Morning Briefing 24 Maret 2020.

Pemerintah akan membayarkan biaya pelayanan dan perawatan pasien COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan biaya akan dibayarkan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Effendy juga menyatakan akan mempercepat penyaluran dana untuk biaya perawatan pasien kepada rumah sakit. Dia pun memastikan dana ini bukan dari iuran jaminan sosial, melainkan merupakan tambahan baru dari pemerintah yang disalurkan lewat BPJS Kesehatan. Per Senin (23/3), kasus positif COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 579 orang, dengan kasus meninggal berjumlah 49 orang dan pasien yang sembuh menjadi total 30 orang. Baca berita lengkapnya di Medcom.

Indonesia resmi ajukan pengunduran jadwal Indonesian Open 2020.

Turnamen badminton ini sedianya dijadwalkan berlangsung 16-21 Juni mendatang, tapi pandemik COVID-19 membuat panitia memutuskan untuk mengajukan pengunduran jadwal kepada Badminton World Federation (BWF). Rencananya, acara ini akan diundur ke September. Bila BWF merestui, tanggal yang akan dipakai oleh Indonesia Open Super 1000 adalah tanggal milik Indonesia Masters Super 100 yang diselenggarakan pada 29 September-4 Oktober. Tidak hanya ini, Piala Thomas-Uber yang dijadwalkan berlangsung akhir Mei pun diundurkan ke Agustus. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengaku bahwa Tokyo 2020 bisa ditunda.

Hal yang sama diakui oleh Presiden Tokyo Olimpiade yang mengorganisir perhelatan internasional ini. Pada pidatonya di depan parlemen kemarin (23/3), untuk pertama kali Abe menyatakan bahwa Tokyo 2020 bisa ditunda, jika tidak bisa diadakan sesuai dengan “formasi lengkap” karena COVID-19. Pesta olahraga dunia yang menurut jadwal akan diselenggarakan pada 24 Juli sampai 9 Agustus ini sudah menghabiskan $13,4 miliar dengan $277 juta untuk Olympic Stadium di Tokyo. Sementara itu, Kanada dan Australia sudah mengumumkan tidak akan mengirim atlet mereka ke Olimpiade tahun ini. Deadline keputusan apakah acara ini digelar atau tidak, akan diambil dalam waktu empat minggu. Baca berita lengkapnya di Newsweek.

Update COVID-19 dunia: Zimbabwe memiliki kasus kematian pertama dan angka infeksi di Jerman mulai menurun. 

Sementara itu, Denmark memperpanjang nationwide lockdown sampai 13 April. Dan Irlandia mengalami dilema apakah akan menggunakan pajak sebesar €14 juta yang dibayarkan oleh Apple. Uang tersebut bisa digunakan untuk dana gawat darurat, tetapi pemerintah Irlandia masih ragu. Sementara di Singapura, jumlah kasus bertambah menjadi total 509 kasus, dan sejauh ini 152 orang sudah sembuh. Dari benua Afrika dilaporkan Ethopia telah menutup perbatasannya untuk semua pendatang dan melarang acara besar. Menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University, jumlah kasus positif COVID-19 di dunia telah mencapai 350.536, dengan 15.328 telah meninggal dan 100.182 orang telah sembuh. Negara di luar China (81.496) dengan kasus terbanyak adalah Italia (59.138), Amerika Serikat (35.225), Spanyol (33.089) dan Jerman (26.220). Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Saint Laurent dan Balenciaga mulai memproduksi masker wajah untuk coronavirus.

Kedua label high-end tersebut akan mulai membuat masker wajah untuk membantu kekurangannya selama krisis COVID-19. Kering, pemilik dua label ini, mengatakan bahwa akan memberikan 3 juta masker operasi kepada servis kesehatan Prancis yang rencananya akan dibeli dan diimpor dari China. Sementara itu, Gucci juga akan memproduksi 1,1 juta masker wajah dan 55.000 jubah medis kepada Italia. Tidak ketinggalan, LVMH dan L’oreal juga akan menggunakan sejumlah pabrik parfumnya untuk membuat hand sanitizer. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Tidak hanya Morning Briefing 24 Maret 2020 yang wajib kamu baca, trik tentang bagaimana agar tidak panik dan stres saat investasi saham anjlok ini, juga harus kamu resapi baik-baik.